Informasi penting
Malaysia: Info Negara Tujuan

Pemerintah Malaysia menyambut kedatangan pelajar internasional

828
Pendidikan adalah bagian terpenting dari pengembangan sumber daya manusia. Pemerintah Malaysia sangat memandang penting kualitas sumber daya manusia demi kemajuan negaranya. Oleh karena itu setiap tahun Pemerintah Malaysia menyisihkan 20% dari anggaran nasional untuk memajukan kualitas pendidikan dan sumber daya manusia.
 
Selain itu, Pemerintah Malaysia sangat menyambut kedatangan pelajar internasional di negaranya. Para pelajar internasional dan keluarga mereka bisa menikmati lingkungan yang aman dan nyaman dengan berbagai fasilitas terkini di abad ke-21, termasuk institusi-institusi pendidikan yang unggul, fasilitas medis dan perawatan kesehatan, fasilitas rekreasi dan olahraga dan masih banyak lainnya. Semua ini bisa dinikmati dengan harga yang terjangkau. Jadi, sambil menikmati pendidikan berkualitas tinggi di Malaysia, para pelajar internasional juga bisa menikmati hidup mereka sewaktu kuliah di Malaysia.
 
Pemerintah Malaysia senantiasa berusaha menjadikan Malaysia sebagai tempat yang aman bagi para palajar internasional. Usaha-usaha Pemerintah Malaysia cukup berhasil. Hal ini dibuktikan dengan Malaysia meraih nilai yang tinggi di Indeks Pembangunan Manusia PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa), yaitu 0.829. Pada tahun 2009, Indeks Pembangunan Manusia PBB Malaysia menempati peringkat ke-66 dari 182 negara, peringkat yang setara dengan negara-negara maju lainnya. Adapun faktor-faktor yang dinilai oleh Indeks Pembangunan Manusia PBB adalah: taraf hidup, tingkat  melek huruf orang dewasa, rasio pendaftaran siswa dan pendapatan per kapita nasional. Berdasarkan indeks tersebut, Malaysia dikategorikan sebagai negara dengan pembangunan manusia yang tinggi.
 
Selain itu, Pemerintah Malaysia terus mengembangkan infrastruktur dan fasilitas yang menjadikan pendidikan internasional Malaysia berkembang pesat sejak sepuluh tahun terakhir dan telah menjadi pusat pendidikan yang unggul di Asia. Hingga saat ini, terdapat lebih dari 80,000 orang pelajar internasional dari 100 manca negara yang mengemban pendidikan di Malaysia. Selama ini Malaysia cukup populer sebagai negara tujuan kuliah karena kualitas pendidikannya yang baik dan biaya yang terjangkau. Selain itu Malaysia merupakan negara multikultur, sangat cocok bagi pelajar internasional dari negara manapun. Perkembangan ekonomi Malaysia yang teratur dan kestabilan politik menjadikan negara Malaysia sebagai negara yang aman untuk ditempati.
 
Hingga saat ini, pendidikan tinggi di Malaysia disalurkan oleh 27 politeknik , 20 universitas negeri, 43 universitas swasta dan universitas kolese, 42 kolese, 400 kolese swasta dan berbagai institusi pendidikan luar negeri cabang dari Inggris, Amerika, Australia, Kanada, Prancis, Jerman dan Selandia Baru. Institusi pendidikan tingi cabang luar negeri ini menyediakan program twinning dan program gelar melalui hubungan kerjasama dengan berbagai kolese dan universitas di Malaysia.
 
Pendidikan pre-universitas diselenggarakan oleh 52 sekolah internasional (dari Amerika, Australia, Kanada dan Inggris) dan 15 sekolah ekspatriat (dari Prancis, Jerman, Jepang dan Taiwan). Walaupun merupakan sekolah internasional, biaya program pre-universitas di Malaysia sangat terjangkau bila dibandingkan dengan negara lain.

 

Mencari jurusan

Malaysia
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

Gratis

eBook 'Kuliah di Malaysia'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Malaysia dalam satu buku digital praktis.