Informasi penting
Study abroad: Essentials

6 TIPS BELAJAR DARI RUMAH SAAT MENGHADAPI VIRUS CORONA

share image

Dampak sosial dari semua penghuni dunia, efek dan gema muncul di semua lapisan masyarakat, dan dunia menjadi dalam keadaan panik dan gelisah bercampur dengan kurangnya pemahaman dan terburu-buru untuk mengikuti instruksi, tetapi apakah ini berarti berhentinya kegiatan studi, pekerjaan, dan kehidupan?

 

Tentu saja banyak perusahaan, serta siswa sekolah dan universitas telah terpengaruh, tapi ada banyak cara efektif yang dapat kamu gunakan jika kamu adalah seorang pelajar atau karyawan. Kamu dapat mengikuti pekerjaan kamu dan menyelesaikan studi di rumah dengan cara-cara berikut:

 

Buat tempat yang tenang dan nyaman di rumah 

 

Langkah pertama adalah mempersiapkan dengan baik untuk tempat yang dapat memotivasi kamu untuk belajar dan bekerja dalam waktu yang lama, dan jangan lupa untuk mensterilkan tempat dan alat-alat yang kamu gunakan, terlebih lagi pastikan semua alat kamu ada di sekitar mu termasuk kertas dan pena sehingga kamu tidak perlu banyak bergerak dan terganggu dari pekerjaan atau belajar kamu.

 


Pilih waktu ideal untuk belajar

 

Lakukanlah kegiatan seolah-olah kamu benar-benar akan bekerja atau kuliah. Pada waktu tertentu kamu harus bangun dan mulai bekerja, dan pada waktu tertentu kamu harus menyelesaikan tugas juga, jangan biarkan kekacauan memasuki hari mu dan hidup mu, karena hal itu akan meningkatkan ketegangan, kecemasan dan kepanikan di sekitar mu.

 

 

Terhubung dengan teman sekelas dan belajar dari jarak jauh


Baru-baru ini, ada permintaan tinggi untuk program komunikasi jarak jauh dan berbagai aplikasi, karena ini merupakan sarana komunikasi yang baik dengan orang-orang yang saat ini sedang menghindari perkumpulan & kontak langsung yang dapat menyebabkan penyebaran virus Corona. Aplikasi penting yang dapat kamu gunakan untuk membantumu belajar dengan temanmu dari jarak jauh adalah :

  • Zoom

  • Slack

  • WebEx

  • G-Suite

  • Microsoft Team

 

 

Olahraga teratur dan menerapkan pola hidup sehat

 

Yang tak kalah pentingnya dari mencuci tangan, mensterilkan tempat umum dan menerapkan etika bersin & batuk adalah berolahraga & makan makanan sehat. Tidak diragukanan lagi bahwa berolahraga teratur dan kebiasaan makan sehat adalah cara hidup yang seimbang, akan memperkuat kekebalan tubuh. Dengan imunitas yang lemah, tubuh akan lebih rentan terhadap berbagai penyakit.

 

 

Jadi, perhatikan baik-baik apa yang kamu makan dan minum, dan jangan biarkan pekerjaan dan belajar menyibukkan mu sampai kamu lupa berolahraga atau lupa makan. Pastikan untuk bergerak dan berolahraga di rumah, sisihkan waktu pagi untuk berbagai latihan di rumah & jadikan itu bagian dari rutinitas harian mu. 

 

 

Istirahat yang teratur


Sifat dari pikiran manusia membutuhkan waktu konsentrasi tertentu, diikuti oleh waktu istirahat. Pikiran seperti sebuah mesin yang jika diputar terlalu lama tidak akan bekerja dengan baik, sehingga kamu harus memperbarui aktivitas mu dan menyegarkan pikiran mu dengan jeda yang cuku antara belajar. Tubuh dan pikiran membutuhkan waktu untuk bersantai dan bermeditasi, kamu butuh untuk membaca lagi buku favoritmu, mendengarkan musik, atau bermain game.

 

 

Jaga kesehatan mental 

 

Agar tidak menjadi stress, takut, dan cemas yang dapat mengganggu mu dari pekerjaan dan belajar, berhati-hatilah dengan media sosial, dan jaga energi serta integritas psikologis mu melalui langkah-langkah ini:

 

  • Batasi berita & berhati-hatilah dengan apa yang kamu baca

 

Berita berlipat ganda setiap saat. Berita dari berbagai negara memberi informasi yang tidak meyakinkan, dan kamu tidak akan bisa menangani semua berita negatif ini, jadi kurangi berita, dan jangan biarkan orang menyebarkan kesan dan ketakutan mereka kepada mu.

 

 

  • Pilih sumber kredibel

 

Kamu dapat mengikuti berita dari sumber yang terdokumentasi dan otentik seperti Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan coronavirus.app atau https://www.covid19.go.id/. Jangan hiraukan desas-desus & carilah  kebenarannya dari sumbernya.

 

  • Abaikan "tren" Twitter


Jika kamu mengikuti banyak status yang tersebar di Twitter, kamu mungkin menemukan sebagian kecil dari itu yang benar-benar terhubung dengan topik, dan itu bukan indikasi hal ilmiah yang valid. Jadi jangan buang waktu mu untuk melacak kata-kata di Twitter, dan abaikan akun yang menerbitkan banyak berita hoax. Abaikan grup WhatsApp dan sembunyikan postingan hoax di Facebook yang menyebabkan kamu khawatir tanpa kembali ke sumber yang dapat dipercaya.

 

 

 

  • Hindari kelelahan mental

 

Kelelahan, ketakutan, dan kegelisahan sangat memengaruhi kesehatan mental dan kekebalan fisik, jadi hindari kelelahan dan teruslah bekerja dan belajar, menghirup angin pagi, atau berjalan-jalan di alam bebas yang akan merangsang sistem kekebalan tubuh mu dan memperbarui aktivitas psikologis mu.

 

  • Kendalikan kecemasan dan kepanikan-mu

 

Tentu saja, tidak ada jalan keluar dari kecemasan di tengah-tengah semua berita ini, tetapi kamu harus menghadapinya dengan benar sehingga kecemasan mu tidak berubah menjadi gangguan obsesif-kompulsif. Berikut adalah cara sederhana untuk melakukan ini:

 

Pengakuan: Keadaan gelisah adalah bentuk pelarian mu dari perasaan yang kamu simpan di alam bawah sadar, jadi akui saja apa yang kamu rasakan.

 

Bernapas: Bernapas dengan tepat membantu mu mengeluarkan perasaan negatif dari napas, jadi praktikkan pernapasan yang benar.

 

Analisis: Analisis segala berita yang kamu baca & kamu akan menemukan bahwa ada banyak perasaan yang lahir dalam diri kamu karena ide-ide yang salah, & dari sumber yang tidak berdokumen.

 

Tinggalkan: Tinggalkan perasaan negatif, itu akan berlalu, kamu tidak harus merespons segala hal. Kamu dapat membayangkan mereka mengambang dalam gelembung atau awan.

 

Rasakan: Rasakan momen saat ini, karena pada saat ini semuanya baik-baik saja, perhatikan pernapasan mu, perhatikan tanah di bawah mu, perhatikan sekeliling, perhatikan apa yang kamu lihat dan apa yang kamu dengar, perhatikan apa yang dapat kamu sentuh dan kemudian alihkan fokus mu ke hal lain yang kamu butuhkan. Lakukanlah segala hal dengan kesadaran penuh.

 

Pada akhirnya, kemampuan mu untuk melawan dan mengubah kebiasaan hidup akan sesuai dengan keadaan saat ini. Kondisi saat ini dapat menjadi salah satu sarana mu untuk memperoleh keterampilan yang akan membantu untuk mengubah gaya hidup mu dan mendapatkan kebiasaan yang lebih aman untuk mu.