Informasi penting
Study abroad: Berita Terbaru

50 UNIVERSITAS TERATAS DALAM QS WORLD UNIVERSITY RANKINGS 2021

50 Universitas Teratas Dalam QS World University Rankings 2021

QS World University Rankings baru-baru ini telah mengumumkan daftar peringkatnya untuk tahun 2021. Daftar ini disusun dengan cara mengevaluasi lebih dari 5.000 universitas internasional dan kemudian mengurutkan 1.000 universitas yang menduduki posisi teratas. Dalam artikel ini, Hotcourses Indonesia akan membahas lebih dalam mengenai pergerakan peringkat beberapa universitas, institusi apa saja yang layak kamu pertimbangkan dan juga kinerja berbagai wilayah di dunia. Kami juga akan memberi sedikit gambaran tentang bagaimana peringkat ini disusun dan bagaimana semua universitas dalam daftar peringkat ini dinilai.

 

Peringkat pertama untuk tahun ini diduduki oleh Massachusetts Institute for Technology  (MIT). Ini merupakan kesepuluh kalinya MIT menempati posisi tersebut secara berturut-turut. Hal ini dapat dimaklumi, karena pada umumnya memang saat ini universitas-universitas di AS dan Inggris terus mendominasi posisi teratas dalam berbagai daftar peringkat universitas. Walaupun begitu, institusi-institusi pendidikan tinggi AS secara keseluruhan mengalami penurunan peringkat dalam daftar kali ini, dengan hanya 34 dari 153 universitas yang menunjukkan peningkatan peringkat. Sementara itu, dua perkembangan menarik lain yang bisa kita amati adalah pergerakan 26 universitas di Asia ke peringkat 100 teratas dan penurunan peringkat salah satu universitas terkemuka di Inggris.

 

Universitas Mana Saja Yang Masuk Peringkat 10 Besar?
10 Universitas Teratas Dalam QS World University Rankings 2021

Sepuluh universitas teratas di dunia dalam QS World University Rankings 2021 adalah:

 

1. Massachusetts Institute of Technology (AS)

2. Stanford University (AS)

3. Harvard University (AS)

4. California Institute of Technology (AS) - Naik 1 peringkat

5. University of Oxford (Inggris) - Turun 1 peringkat

6. ETH Zurich (Swiss)

7. University of Cambridge (Inggris)

8. Imperial College London (Inggris) - Naik 1 peringkat

9. University of Chicago (AS) - Naik 1 peringkat

10. UCL  (Inggris) - Turun 2 peringkat

 

Peringkat sepuluh universitas terbaik mengungkapkan bahwa tiga institusi teratas tetap mempertahankan posisi yang mereka duduki di tahun sebelumnya. Kalau kita tilik lagi, universitas-universitas AS ini sebenarnya telah secara konsisten memegang posisi teratas sejak 2018.

 
Di bawah posisi tiga besar, ada beberapa perubahan peringkat. Sebagai contoh, University of Oxford telah jatuh dari peringkat 4 ke peringkat 5 dan kini posisi lamanya diduduki oleh California Institute of Technology. Perbedaan lainnya yang patut dicatat adalah peringkat UCL turun dari posisi 8 ke 10, dan University of Chicago naik satu peringkat ke posisi 9.

 

Kita juga bisa melihat bagaimana ETH Zurich di Swiss perlahan-lahan meningkatkan peringkatnya. Institusi ini menempati peringkat 10 di 2018, peringkat 7 di 2019 dan akhirnya mencapai peringkat 6 dalam daftar peringkat tahun 2020 dan 2021.

 

 

Bagaimana Dengan Universitas-Universitas Dalam Peringkat 25 Teratas?
25 Universitas Teratas Dalam QS World University Rankings 2021

Sementara posisi sepuluh besar didominasi universitas-universitas dari Amerika Serikat dan Inggris, daftar 25 besar menampilkan lebih banyak variasi dengan hadirnya universitas dari China, Singapura, Hong Kong dan Jepang. Universitas yang menempati peringkat 11 hingga 25 adalah:

 

11. National University of Singapore (Singapura)

12. Princeton University (AS)

13. Nanyang Technological University (Singapura)

14. EPFL (Swiss)

15. Tsinghua University (China)

16. University of Pennsylvania (AS)

17. Yale University (AS)

18. Cornell University (AS)

19. Columbia University (AS)

20. The University of Edinburgh (Inggris)

21. University of Michigan- Ann Arbor (AS)

22. The University of Hong Kong (Hong Kong SAR)

23. Peking University (China)

24. The University of Tokyo (Jepang)

25. Johns Hopkins University (AS)

 

 

EPFL telah melompat dari posisi 18 ke 14, sehingga kini ada dua universitas Swiss dalam posisi 15 besar. Dua universitas China juga berhasil mempertahankan posisinya di 25 besar - salah satunya adalah Tsinghua University yang naik ke posisi 15.

 

 

Unduh brosur universitas favoritmu di seluruh dunia

 

Bagaimana Cara QS World University Rankings Mengevaluasi Sebuah Universitas?
 

Sejak tahun 2015, QS World University Rankings menggunakan 6 metrik utama untuk melakukan evaluasi. Tujuannya adalah untuk memastikan objektivitas evaluasi universitas, sehingga penilaian bersifat adil dan tidak ada yang pihak yang dirugikan. Bidang-bidang yang dinilai dari sebuah universitas adalah:

 

  • Reputasi akademis (40%)

  • Rasio pelajar dengan staf pengajar (20%)

  • Reputasi universitas di mata pemberi kerja (10%)

  • Seberapa banyaknya hasil penelitian universitas dikutip dalam periode 5 tahun (20%)

  • Rasio staf internasional (5%)

  • Rasio pelajar internasional (5%)

Komponen paling penting dalam penilaian ini adalah reputasi akademis yang sangat baik. Pihak QS World University Rankings mensurvei lebih dari 100.000 orang di bidang pendidikan tinggi untuk menilai pengajaran dan pembelajaran di tiap universitas yang dievaluasi serta kualitas penelitian yang dihasilkan di universitas tersebut.

 

Aspek yang terkait erat dengan kualitas pengajaran adalah rasio perbandingan pelajar dengan staf pengajar - rasio yang lebih rendah memfasilitasi proses pembelajaran yang lebih personal dan memungkinkan interaksi yang lebih signifikan antar para pelajar dan staf pengajar. Metrik ini digunakan untuk mengevaluasi seberapa banyak interaksi bermakna dan paparan terhadap penelitian yang akan didapatkan para pelajar di tiap universitas. Peringkat tiap institusi juga bergantung pada bagaimana cara mereka mewujudkan visi global yang memfasilitasi keberagaman di lingkungan universitas. Ini berarti universitas yang memiliki banyak staf dan mahasiswa dari berbagai belahan dunia akan mendapatkan nilai lebih tinggi.

 

 

Universitas Mana Saja Yang Masuk Peringkat 50 Besar?
50 Universitas Teratas Dalam QS World University Rankings 2021

Dalam peringkat 50 besar, kamu akan bisa melihat kemunculan 3 universitas Kanada dan 5 universitas Australia. Berikut adalah semua institusi yang berhasil menduduki posisi 25 hingga 50 di daftar peringkat ini:

 

=25. University of Toronto (Kanada)

27. The Hong Kong University of Science and Technology (Hong Kong SAR)

=27. The University of Manchester (Inggris)

29. Northwestern University (AS)

30. University of California, Berkeley (AS)

=31. The Australian National University (Australia)

=31. Kings College London (Inggris)

=31. McGill University (Kanada)

34. Fudan University (China)

35. New York University (AS)

36. University of California, Los Angeles (AS)

37. Seoul National University (Korea Selatan)

38. Kyoto University (Jepang)

39. KAIST (Korea Selatan)

40. The University of Sydney (Australia)

41. The University of Melbourne (Australia)

42. Duke University (AS)

43. The Chinese University of Hong Kong (Hong Kong SAR)

44. The University of New South Wales (Australia)

45. University of British Colombia (Kanada)

46. The University of Queensland (Australia)

47. Shanghai Jiao Tong University (China)

48. City University of Hong Kong (Hong Kong SAR)

49. London School of Economics (Inggris)

50. Technical University of Munich (Jerman)

 

Dari sini terlihat bahwa peringkat 50 besar memiliki lebih banyak variasi negara, seperti Jepang dan Korea Selatan. Namun peringkat kedua universitas Jepang dalam daftar ini telah menurun dibanding tahun lalu. Sebagai contoh, Kyoto University telah jatuh dari posisi ke 33 ke 38. Demikian pula Duke University di AS yang jatuh dari posisi 25 ke 42 - sebuah penurunan yang cukup besar. Sebaliknya, lonjakan Fudan University dari posisi 40 ke posisi 34 semakin menunjukkan daya saing universitas-universitas China di daftar peringkat universitas global.

 

Kalau kamu sudah menemukan universitas yang kamu minati dari daftar ini, coba telusuri jurusan-jurusan yang cocok untukmu di universitas tersebut dengan menggunakan alat Pencari Jurusan kami.

 

Penting untuk diingat bahwa daftar peringkat ini adalah panduan untuk universitas di seluruh dunia secara umum, jadi jangan terlalu khawatir kalau universitas yang kamu minati berpindah posisi atau peringkatnya tidak sesuai harapanmu. Walaupun peringkat internasional adalah sumber informasi yang bermanfaat, ada banyak faktor lain yang perlu kamu pertimbangkan. Kami berharap daftar peringkat ini akan memberimu pemahaman yang lebih jelas tentang universitas mana saja yang berperingkat tinggi dan memiliki reputasi baik di tingkat internasional. Selain itu, kami juga berharap artikel ini menjelaskan dengan baik tentang bagaimana semua universitas dalam daftar ini dievaluasi dan bagaimana daftar ini dapat membantumu mengambil keputusan dalam perencanaan studi.

 

 

Masih butuh informasi tambahan untuk perencanaan kuliah di luar negeri? Langsung saja daftar untuk konsultasi GRATIS dengan konselor IDP Education yang siap membantumu mendaftar dan kuliah di berbagai universitas terbaik di mancanegara.

 

Daftar sekarang untuk konsultasi gratis!