Informasi penting
Study abroad: Berita Terbaru

KESEMPATAN BELAJAR ONLINE GRATIS DARI COURSERA

Kesempatan Belajar Online Gratis Dari Coursera

Tahun 2020 memang merupakan tahun yang penuh peristiwa tak terduga. Kehidupan kita berubah secara radikal dan kita harus berusaha untuk membiasakan diri dengan cara-cara baru untuk belajar dan beraktivitas sehari-hari. Walaupun harus menghadapi penyesuaian rencana untuk bepergian ke luar negeri dan perpindahan perkuliahan ke ranah online, sebagian besar pelajar internasional tetap positif menjalani tahun ajaran ini serta berkomitmen agar rencana studi dan pengengembangan diri mereka tetap berjalan semestinya. Peluang-peluang baru juga mulai bermunculan di tengah semua tantangan yang diakibatkan pandemi global virus corona (Covid-19), terutama di bidang virtual, dengan munculnya layanan untuk mengambil kursus serta program bersertifikasi dan program bergelar secara online.

 

Bagaimana Reaksi Pelajar Internasional Mengenai Pembelajaran Secara Online?
 

Pandemi yang kita alami saat ini telah mengakibatkan pembatasan perjalanan dan penutupan kampus-kampus universitas internasional. Hal ini berarti banyak pelajar kini tak bisa menghadiri perkuliahan di kampus dan mengambil program magang atau kursus untuk mengembangkan sisi akademik dan keterampilan mereka. Karena itu, prospek belajar dan mengikuti kursus secara online kini semakin menarik karena bisa dilakukan di rumah. Dalam penelitian terbaru yang dilakukan oleh QS, lebih dari 60 persen pelajar internasional menunjukkan minat untuk belajar online dan / atau memulai perkuliahan mereka secara online dan berpindah ke kampus ketika situasi lebih memungkinkan. Bahkan 73 persen pelajar internasional menunjukkan bahwa mereka tidak bermasalah jika harus memulai studi mereka secara online pada tahun 2020.

 


Apa Yang Dimaksud Dengan Coursera?
 

Dengan banyaknya permintaan akan ketersediaan layanan pembelajaran online, berbagai universitas dan platform pembelajaran online telah mengambil kesempatan untuk mengadakan layanan tersebut. Salah satu platform tersebut adalah Coursera, yang menawarkan berbagai kursus online, program bersertifikat, program bergelar dan program spesialisasi bidang studi. Staf pengajar kursus dan program studi di Coursera adalah para kaum profesional dengan kualifikasi tinggi yang berasal dari institusi terkenal, seperti Yale University dan Duke University. Dengan lebih dari satu juta pelajar yang telah mendaftar ke Coursera dan pengalaman lebih dari delapan tahun sebagai penyedia layanan khusus, situs ini telah menjadi tempat tujuan utama para pelajar yang ingin lebih mendalami minat akademis mereka.

 

 

Beberapa tawaran program bersertifikat dari Coursera

Beberapa tawaran program bersertifikat dari Coursera

 


Apakah Coursera Punya Penawaran Khusus Untuk Saat Ini?

 

Coursera telah mengumumkan bahwa mulai dari 2 Juni 2020 lalu, kamu bisa mengikuti kursus/program bersertifikat di situs ini secara gratis. Kamu bisa mendaftar untuk menggunakan tawaran ini hingga 31 Juli 2020 dan kamu akan diberikan waktu hingga 30 September 2020 untuk menyelesaikan kursus/program pilihanmu.

 

Penawaran ini berlaku untuk mahasiswa tingkat sarjana dan pascasarjana serta para fresh graduate. Satu-satunya persyaratan adalah kamu harus mendaftar dengan alamat email resmi yang diberikan pihak universitasmu untuk tiap mahasiswa (contoh: namamahasiswa@students.itb.ac.id atau nama_mahasiswa@hms.harvard.ed)
 

Program Apa Saja Yang tersedia?


Pada saat ini Coursera menyediakan

  • 3.800 program

  • 150 proyek terbimbing

  • 400 program spesialisasi

  • 11 program sertifikasi profesional (termasuk dari Google dan SAS)

Khusus untuk proyek terbimbing, tawaran bebas biayanya masih akan tersedia setelah 30 September  2020. Kamu bisa mempelajari berbagai keterampilan seperti analisis data, pengembangan aplikasi dan pemasaran media sosial di bawah bimbingan para ahli di bidang-bidang tersebut.

 

Coursera telah menyatakan bahwa mereka  berkomitmen untuk membantu dan memfasilitasi pelajar selama masa-masa sulit seperti saat ini. Dengan menawarkan akses gratis, situs ini bertujuan memberikan kesempatan bagi para pelajar untuk terus mengembangkan diri dan belajar walaupun tengah mehghadapi situasi tak pasti.

 

Coba saksikan testimoni 4 pelajar berikut mengenai bagaimana Coursera membantu mereka mendapatkan ilmu yang relevan untuk perjalanan karir mereka:

 

 

Mau mendaftar di universitas-universitas terbaik di luar negeri yang menawarkan program perkuliahan secara online? Langsung saja daftar untuk konsultasi GRATIS dengan konselor IDP Education yang selalu siap membantumu di segala macam situasi.