Informasi penting
KULIAH DI LUAR NEGERI : Keuangan - Wajib dibaca

Cara Efektif Mencari Info Beasiswa Luar Negeri

19394

Meneruskan pendidikan ke jenjang lebih tinggi adalah mimpi sebagian orang. Alasan utamanya bisa karena ingin menambah ilmu atau untuk meningkatkan karir. Sayangnya, pendidikan membutuhkan biaya yang tidak sedikit, apalagi bila ingin melanjutkan di luar negeri. Salah satu cara untuk mensiasatinya adalah dengan mendapatkan beasiswa luar negeri. Banyak lembaga dan institusi pendidikan di luar negeri yang memberikan beasiswa kepada mahasiswa Indonesia setiap tahunnya.

Beberapa cara untuk mencari informasi mengenai beasiswa adalah:

Bertanya pada orang terdekat

Orang-orang terdekat adalah sumber informasi yang paling mudah didapat dan bisa dipercaya. Tanyakan informasi dari teman, saudara, rekan kerja atau kenalan yang pernah kuliah di luar negeri lewat jalur beasiswa. Banyak mahasiswa S2 asal Indonesia mendapatkan informasi dari teman satu almamater, bahkan hingga membentuk perkumpulan sendiri. Info beasiswa dari sumber ini akan sangat memudahkan karena biasanya info yang didapat cukup detil. Misalnya, Anda akan diberikan info tentang kampus hingga biaya hidup dan tempat tinggal di negara pemberi beasiswa. Lebih menguntungkan lagi kalau pemberi info pernah mendapatkan beasiswa yang sama dengan beasiswa yang Anda harapkan. Kalaupun tidak, Anda sudah mendapatkan gambaran prosedur apa saja yang harus dipenuhi untuk mendapat beasiswa yang diinginkan.

Kunjungi situs universitas

Umumnya universitas di luar negeri memiliki situs yang berisi informasi lengkap, termasuk informasi mengenai beasiswa yang mereka sediakan. Hampir seluruh universitas di luar negeri memberikan bantuan beasiswa. Informasi mengenai beasiswa biasanya ditaruh pada bagian admission (pendaftaran) atau pada bagian khusus beasiswa.

Kunjungi situs lembaga pemberi beasiswa

Cara yang satu ini bisa digunakan kalau Anda sudah tahu lembaga apa saja yang memberikan beasiswa atau jenis beasiswa yang Anda incar, misalnya beasiswa Fullbright, Erasmus Mundus atau beasiswa dari pemerintah negara asing.

Mencari profesor/pembimbing

Meski sebuah universitas tidak memberikan beasiswa tapi bila ada fasilitas laboratorium di universitas tersebut maka kemungkinan besar Anda bisa mengajukan beasiswa pascasarjana jenjang S2 atau S3. Universitas di luar negeri umumnya independen dan memiliki dana sendiri untuk keperluan riset dan penelitian. Coba cari informasi mengenai profesor yang sesuai dengan bidang atau minat Anda. Info ini bisa didapat melalui situs universitas, cari alamat email professor yang bidangnya sesuai dengan yang Anda cari dan lakukan kontak melalui email.

Mencari info mengenai beasiswa sebenarnya tidak sulit asalkan mau bertanya kanan kiri dan rajin mencari info, terutama menggunakan media internet.

Klik link berikut ini untuk melihat daftar beasiswa S1 dan beasiswa S2 luar negeri di situs Hotcourses Indonesia.

Selamat mencari!

 

 

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

Wajib dibaca

BEASISWA, DERMASISWA DAN BANTUAN FINANSIAL LAINNYA

Terdapat banyak jenis bantuan keuangan bagi mahasiswa internasional yang ingin kuliah ke luar negeri. Salah satu yang paling umum adalah beasiswa. Selain itu juga terdapat banyak jenis bantuan keuangan lainnya yang akan dibahas di bawah ini...   Beasiswa Akademis Beasiswa bisa menanggung hanya sebagian biaya kuliah atau bahkan seluruh biaya kuliah. Banyak basis yang digunakan untuk memberikan beasiswa, misalnya yang paling umum adalah prestasi

20548

6 Biaya penunjang kuliah diluar biaya kuliah

Kuliah memang memerlukan banyak biaya, selain biaya kuliah dan biaya hidup, ternyata masih ada biaya penunjang kuliah yang kadang lupa dianggarkan, atau ternyata melebihi perkiraan kita. Apa sajakah biaya penunjang kuliah itu? Mari kita simak lebih lanjut... Buku Pelajaran Setiap mata kuliah bisa saja memerlukan lebih dari satu buku pelajaran. Tertutama jika mata kuliah seperti sastra, mungkin Anda perlu membeli banyak novel. Tergantung negara dimana

19085

Tips menghemat pengeluaran dan mencari penghasilan tambahan sewaktu kuliah

Biaya hidup semasa kuliah tidaklah kecil. Banyak sekali pengeluaran yang tidak bisa dihindari. Misalnya biaya transportasi, berbelanja keperluan sehari-hari di supermarket, hiburan dan lain-lain. Akan tetapi Anda bisa menghemat pengeluaran Anda dengan mengatur anggaran Anda sebaik mungkin. Ikuti tips-tips yang kami berikan di bawah ini...   Milikilah kartu transportasi mahasiswa   Kartu diskon untuk transportasi bisa membantu

8394

BERHEMAT SEWAKTU KULIAH DI LUAR NEGERI

Kuliah di luar negeri sudah pasti banyak manfaatnya. Selain mendapatkan pengalaman internasional, menambah wawasan, juga mempelajari banyak ilmu dan keahlian. Akan tetapi semua yang baik pasti perlu pengorbanan. Salah satunya adalah biaya yang cukup tinggi, apalagi jika dirupiahkan. Walau demikian, jangan jadikan faktor finansial menghalangi mimpi Anda untuk ke luar negeri. Berikut ini Hotcourses menuliskan beberapa tips untuk berhemat di luar negeri:  

3724