Informasi penting
Australia: Before you leave

10 UNIVERSITAS AUSTRALIA TERBAIK UNTUK KESIAPAN KERJA LULUSAN

10 Universitas Australia Terbaik Untuk Kesiapan Kerja Lulusan

Mau berkarir di Australia? Kamu bisa mewujudkan cita-cita ini dengan berkuliah di sana. Namun tentunya kamu tidak bisa sembarangan memilih tempat kuliah. Menurut penelitian yang dilaksanakan situs rekrutmen Milkround, lulusan universitas dengan reputasi baik seringkali lebih cepat mendapatkan pekerjaan dibanding lulusan universitas-universitas lainnya. Hal ini disebabkan karena beberapa perusahaan atau pemberi kerja ternyata memiliki bias dalam proses rekrutmennya, sehingga lamaran kerja para lulusan universitas dengan reputasi buruk tidak dipertimbangkan.

 

Nah, untuk membantumu mencari tempat kuliah di Australia, tim Hotcourses Indonesia akan membahas 10 universitas Australia teratas dalam daftar Global University Employability Ranking 2020 dari situs Times Higher Education (THE). Semua universitas di daftar ini memiliki reputasi sebagai institusi yang menghasilkan lulusan siap kerja dengan kualitas terbaik. 

 

1. Australian National University (ANU)

 

Untuk mempersiapkan mahasiswanya memasuki dunia kerja, ANU menawarkan layanan konsultasi karir yang bisa diakses para mahasiswa hingga 3 kali dalam seminggu. Sesi konsultasi ini bisa memberi bimbingan mengenai jalur dan prospek karir tiap mahasiswa sesuai dengan jurusan yang diambil. Selain itu, para mahasiswa akan dipandu untuk memahami jenis karir yang ingin mereka jalani. Hal ini akan membantu mereka membuat keputusan studi dan karir yang lebih konkrit. 

 

Universitas ini juga menjalankan ANU CareerHub – sebuah perangkat online yang membantu mengembangkan kesiapan kerja dan prospek karir para mahasiswa. Sumber daya yang bisa diakses melalui perangkat ini antara lain adalah direktori magang, forum lowongan kerja dan alat untuk latihan wawancara kerja. ANU juga sering mengadakan Career Fair (Bursa Karir) agar para mahasiswa bisa bertemu dengan perusahaan/para pemberi kerja di bidang yang mereka minati.

 

Kamu bisa menyaksikan penjelasan mengenai semua layanan karir ANU di video berikut:

 

 

2. University of Melbourne (UoM)

 

Para mahasiswa UoM bisa menikmati berbagai layanan pengembangan karir dan kesiapan kerja dalam bentuk bimbingan tatap muka, modul pembelajaran, lokakarya dan masih banyak lagi. Tiap fakultas di universitas ini juga menyediakan berbagai sumber daya untuk membimbing para mahasiswa ke jalur dan prospek karir yang sesuai dengan gaya hidup, bidang studi dan keterampilan mereka.

 

Salah satu layanan yang tersedia adalah program Ask Alumni yang mencocokkan para mahasiswa dengan para alumni yang bisa menjadi mentor mereka dalam perencanaan karir. Selain itu, UoM menyediakan layanan online SMART Resume yang membantu mahasiswa menyempurnakan resume/CV mereka. Uniknya, layanan ini bisa menilai kecocokan para mahasiswa dengan karir atau industri yang mereka tuju. Fitur lain yang juga disertakan dalam SMART Resume adalah layanan untuk mengoptimalkan profil LinkedIn dan keterampilan wawancara.

 

Saksikan video berikut untuk memahami cara SMART Resume membantu para mahasiswa UoM mencari karir yang cocok untuk mereka .

 

 

3. University of Sydney (USYD)

 

USYD secara rutin mengadakan Career Fair dan beberapa di antaranya adalah bursa karir spesifik untuk bidang studi tertentu, seperti hukum, TI dan perbankan. Universitas ini juga mengadakan Start-up Career Fair untuk para mahasiswa yang ingin menjalankan bisnis sendiri setelah kelulusan.

 

Mahasiswa internasional bisa mendapatkan bimbingan khusus yang akan membantu mereka dalam memulai karir di Australia. Jika ada mahasiswa yang ingin mencari kerja di luar Australia, maka mahasiswa tersebut bisa mendapatkan dukungan dan panduan dari mitra-mitra USYD. 

 

Mahasiswa di USYD tak hanya mendapatkan berbagai layanan pengembangan karir dan kesiapan kerja, namun juga kesempatan untuk mengikuti berbagai program magang dan penempatan kerja - seperti program WIL (Work Integrated Learning / Pembelajaran Berbasis Kerja).  Dalam video berikut, kamu bisa menyaksikan testimonial dari beberapa mahasiswa jurusan bisnis di USYD yang mengikuti program WIL.

 

 

4. University of Queensland (UQ)

 

Pendekatan UQ terhadap pengembangan kesiapan kerja para mahasiswanya didasarkan pada pembelajaran berbasis pengalaman. Pendekatan ini dibagi dalam 4 tahap yaitu Awareness (Kesadaran dan pemahaman mengenai kesiapan kerja), Experience (Partisipasi dalam berbagai jenis pengalaman yang membantu mengembangkan kesiapan kerja), Learning (Menerjemahkan pengalaman yang telah mereka dapatkan sebagai sebuah pembelajaran) dan Transfer (Penggunaan semua ilmu yang dimiliki untuk membuat sumbangan positif di dunia kerja & memperlihatkan potensi diri ke para pemberi kerja).

 

Salah satu program kesiapan kerja yang menarik di universitas ini adalah Employability Award. Program ini adalah program terstruktur yang mengenali pentingnya semua kegiatan mahasiswa di luar lingkup akademis untuk perkembangan pribadi dan profesional mereka. Untuk bisa mendapatkan penghargaan ini, mahasiswa diwajibkan mengikuti berbagai kegiatan dan acara yang akan membantu memperkaya pengalaman dan menambah kesiapan kerja mereka.

 

Dengarkan cerita Yunan Ye mengenai Employability Award di UQ dalam video ini:

 

 

Unduh brosur universitas favoritmu di Australasia

 

5. UNSW Sydney

 

UNSW adalah salah satu universitas Australia yang memiliki hubungan erat dengan dunia kerja melalui program-program pengembangan profesional, penelitian dan magang. Beberapa layanan karir untuk mahasiswa internasional di universitas ini adalah webinar dan acara networking yang ditujukan untuk menambah kesiapan kerja di berbagai negara dan memperluas jejaring.

 

Universitas ini juga memiliki berbagai inisiatif EDI (Equity, Diversity and Inclusion / Kesetaraan, Keragaman dan Inklusi) yang berhubungan dengan pengembangan karir. Contohnya adalah sesi sharing di mana para alumni dengan latar belakang sosial dan budaya yang beragam bisa bercerita tentang semua tantangan dan kesempatan yang mereka temui saat memasuki dunia kerja. Tersedia juga informasi mengenai berbagai pemberi kerja/perusahaan yang sukses menjalankan program EDI mereka.

 

Tonton testimonial berikut dari Reuben, seorang mahasiswa internasional, tentang bagaimana kuliah di UNSW telah membantunya untuk bersiap menjalani karir global.

 

 

6. Monash University

 

Dalam visi Monash, mahasiswa yang siap kerja memiliki 9 keterampilan: komunikasi; kreativitas dan inovasi; inisiatif dan keberanian berusaha; profesionalisme; perencanaan dan pengorganisasian; pengenalan masalah dan penciptaan solusi; kerja tim; kompetensi antarbudaya; dan penggunaan perangkat dan teknologi. Karena itu, Monash menyediakan berbagai layanan serta program akademis dan non-akademis untuk membantu para mahasiswanya mengembangkan semua keterampilan tersebut - seperti program magang, pertukaran pelajar dan kegiatan ekstrakurikuler.

 

Alumni universitas ini juga bisa mengakses layanan Coaching (pelatihan) yang membantu perencanaan karir dan memberi panduan mengenai cara-cara menghadapi tantangan di dunia kerja. Layanan ini bisa dilakukan dalam kelompok kecil atau secara individual.

 

Kamu bisa menyaksikan cerita beberapa alumni mengenai pengalaman mereka menggunakan layanan karir dari Monash di video berikut:

 

 

7. University of Technology Sydney (UTS)

 
UTS bekerjasama dengan Abintegro untuk menyediakan tes bakat dan berbagai jenis asesmen karir yang membantu para mahasiswa memahami motivasi, cara kerja dan nilai-nilai pribadi mereka, serta membimbing mereka untuk membuat keputusan mengenai karir. Para mahasiswa juga bisa mengikuti berbagai acara, lokakarya dan kompetisi yang dirancang untuk mengembangkan keterampilan dan kesiapan kerja mereka.

 

Universitas ini memiliki program magang internal yang unik untuk mahasiswa S1: CODEx. Dalam program ini, para mahasiswa akan dikelompokkan dengan mahasiswa dari bidang studi yang berbeda untuk menjalankan proyek bisnis di sebuah organisasi fiktif. Tiap kelompok juga harus bekerjasama dengan kelompok-kelompok lainnya untuk mencapai target akhir yang ditentukan. Hal ini dimaksudkan untuk menciptakan simulasi lingkungan kerja yang bisa memberikan pengalaman kerja nyata.


Saksikan penjelasan singkat mengenai program magang CODEx di video ini:

 

 

8. Macquarie University

 

Macquarie telah merumuskan 4 langkah dalam perencanaan karir mahasiswa: Pemahaman tentang diri sendiri; Riset mengenai opsi karir; Mengumpulkan pengalaman kerja dan membangun jejaring; dan Perumusan target karir pribadi. Universitas ini juga telah menyediakan situs CareerHub dan CareerWISE yang memiliki semua sumber daya yang diperlukan para mahasiswa untuk menjalankan 4 langkah di atas.

 

Semua mahasiswa S1 di Macquarie diwajibkan untuk mengikuti program PACE (Professional and Community Engagement / Pelibatan Profesional dan Komunitas) yang memberikan mereka pengalaman kerja praktik yang relevan di berbagai organisasi di Australia dan di belahan dunia lainnya. Para mahasiswa akan berkesempatan untuk menilik semua tantangan ekonomi, sosial dan etika yang dihadapi tempat kerja mereka. 

 

Dengarkan pengalaman para mahasiswa Macquarie yang mengikuti program PACE di Taman Pintar, Yogyakarta di video berikut:

 

 

9. University of Canberra (UC)

 

Semua mahasiswa di universitas ini bisa mendapatkan dukungan karir di Careers UC. Selain mendapatkan panduan serta informasi lowongan kerja di kampus dan luar kampus, mereka bisa mendapatkan bantuan untuk mengikuti program magang dan penempatan kerja. Mahasiswa UC juga akan mendapatkan prioritas untuk semua lowongan pekerjaan lepas atau posisi jangka pendek yang tersedia di kampus. Dukungan lain yang tersedia berupa lokakarya, acara, sesi konsultasi dan sumber daya online yang membantu mahasiswa mengembangkan kesiapan dan keterampilan kerja serta kepercayaan diri.

 

Salah satu program magang yang bisa diikuti mahasiswa universitas ini adalah program magang berbayar di PricewaterhouseCoopers (PWC). Saksikan penjelasannya di bawah ini:

 

 

10. Queensland University of Technology (QUT)

 

QUT menyediakan berbagai dukungan untuk mempersiapkan mahasiswa memasuki dunia kerja. Contohnya adalah Employ Your Ability - serangkaian modul online gratis yang mengajarkan berbagai metode manajemen karir; membangun identitas dan jejaring profesional; serta cara beradaptasi dan berinovasi di dunia kerja yang terus berubah.

 

Dukungan juga tetap tersedia bagi para alumni dan mereka bisa berkonsultasi dengan para edukator karir di QUT dalam periode 6 bulan setelah kelulusan. Selain itu, para alumni mendapatkan diskon untuk mengikuti berbagai program pengembangan profesional dan eksekutif yang ditawarkan oleh QUTex.

 

Dalam video berikut, kamu bisa mendengarkan cerita Keith Palanna, mahasiswa internasional dari Bahrain, tentang bagaimana program magang QUT telah membuka jalur ke karir impiannya.

 

 

Masih ingin mendalami serba-serbi universitas di Australia? Baca saja panduan lengkap kami mengenai kuliah di Australia atau unduh brosur resmi dari berbagai universitas Australia di sini. Jangan lupa juga untuk mencoba alat Pencari Jurusan kami yang bisa menemukan jurusan kuliah dan universitas terbaik berdasarkan kriteria pribadimu.

 

Mau tanya-tanya soal kuliah di Australia? Langsung saja daftar untuk konsultasi GRATIS dengan konselor IDP Education yang siap membantu mewujudkan impianmu berkuliah di Negeri Kangguru ini.

 

Daftar sekarang untuk konsultasi GRATIS!

 

BACA JUGA:

 

Sumber:

TimesHigherEducation.com

Study in Australia

GRATIS

Ebook 'Kuliah di Australia'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Australia dalam satu buku digital praktis

DOWNLOAD