Informasi penting
Australia: Keuangan

BIAYA KULIAH DI AUSTRALIA

Biaya Kuliah Di Australia

Menurut survei biaya hidup yang dijalankan situs web Numbeo, Australia adalah negara termahal ke-11 di dunia pada tahun 2021. Walaupun begitu, Numbeo juga menempatkan Negeri Kangguru ini di posisi ke-6 dalam daftar negara-negara dengan kualitas hidup yang tinggi.

 

Biaya kuliah di Australia dihitung per mata kuliah, yang berarti biaya totalnya akan tergantung pada jumlah mata kuliah yang kamu ambil. Sebagian besar universitas di Australia mencantumkan tabel biaya indikatif di situs web mereka untuk memberi gambaran tentang jumlah uang mungkin harus dibayarkan oleh para mahasiswa internasional.

 

Biaya kuliah untuk mahasiswa internasional di Australia wajib dibayar di muka pada awal tiap tahun akademik. Namun kamu tak perlu merasa hal ini akan menjadi halangan untukmu. Saat ini ada berbagai program beasiswa dan bantuan pendanaan yang bisa membantumu merealisasikan cita-citamu untuk kuliah di luar negeri.

 

Undergraduate (S1)

 

Biaya kuliah untuk tingkat S1 akan berbeda-beda tergantung pada bidang studi yang diambil dan institusi yang dituju, tapi umumnya biaya kuliah rata-rata per tahun adalah adalah AUD30.000. Jurusan-jurusan yang dianggap masuk kategori elit, seperti Kedokteran Hewan dan Kedokteran, akan memiliki biaya kuliah yang lebih tinggi dari nominal di atas.

 

Postgraduate (Pascasarjana)

 

Sama seperti biaya untuk program sarjana, tiap institusi pendidikan tinggi di Australia memiliki kebebasan dalam menetapkan biaya kuliah untuk program studi pascasarjana. Rata-rata mahasiswa internasional akan membayar sekitar AUD20.000 - 37.000 per tahun untuk biaya kuliah tingkat magister (kecuali untuk jurusan yang membutuhkan peralatan spesialis seperti Kedokteran Gigi atau Kedokteran). Mahasiswa PhD akan membayar sekitar AUD14.000 - 37.000 per tahun.

 

Saat ini mahasiswa internasional di tingkat pascasarjana bisa mengakses sejumlah beasiswa, program pendanaan dan hibah penelitian yang ditawarkan pihak universitas dan badan pemerintah di Australia. Namun  persaingan untuk mendapatkan bantuan ini cukup sengit, sehingga para mahasiswa internasional disarankan untuk meneliti pilihan mereka secara menyeluruh dan mengajukan permohonan bantuan keuangan sedini mungkin.

 

Biaya yang tercantum di bawah ini adalah perkiraan umum; tim Hotcourses Indonesia menganjurkan agar kamu menghubungi institusi yang bersangkutan atau berkonsultasi dengan konselor IDP untuk mendapatkan informasi terbaru mengenai biaya jurusan kuliah yang kamu inginkan.

 

 

 

Informasi terbaru mengenai biaya jurusan kuliah yang kamu inginkan tersedia di situs kami dan di prospektus / brosur universitas yang bisa kamu unduh secara gratis. Dengan mendaftar di situs kami, kamu juga bisa langsung menghubungi institusi pilihanmu dan mendapatkan konsultasi gratis dengan konselor IDP yang siap membantumu menemukan rincian biaya kuliah di Australia.

 

Daftar sekarang untuk konsultasi gratis!

 

BACA JUGA:

 

Sumber:

Numbeo.com 

Study in Australia

GRATIS

Ebook 'Kuliah di Australia'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Australia dalam satu buku digital praktis

DOWNLOAD