Informasi penting
Australia: Keuangan - Wajib dibaca

KEHIDUPAN PELAJAR INTERNASIONAL DI AUSTRALIA

22.7K
Kehidupan Pelajar Internasional di Australia

Sedang bersiap untuk berangkat kuliah ke Australia? Mungkin kamu kini sedang memendam kekhawatiran tersendiri mengenai kehidupan yang akan kamu jalani di Negeri Kanguru ini.

 

Perasaan seperti ini wajar banget, karena menjalani kuliah di negara asing berarti kamu harus melakukan banyak penyesuaian, baik dari sisi akademis, finansial, dan juga gaya hidup.

 

Tapi kamu tidak perlu takut, karena tim Hotcourses Indonesia akan memberikan kisi-kisi tentang kehidupan pelajar internasional di Australia - mulai dari biaya hidupnya, hingga ke cara mencari pekerjaan.

 

Dengan info ini, kamu pasti lebih siap menyambut kehidupanmu sebagai pelajar internasional di Australia.

 

Biaya Hidup

Biaya Hidup Pelajar Internasional di Australia - Hotcourses Indonesia

Menurut peraturan terkini, para pelajar internasional harus bisa membuktikan bahwa mereka memiliki dana yang cukup untuk biaya hidup di Australia.

 

Pelajar internasional di negara ini memang diperbolehkan untuk bekerja, namun syarat bukti kemampuan finansial ini bertujuan untuk memastikan para pelajar internasional tidak bergantung 100% pada pekerjaan yang mereka jalani di Australia untuk menutupi segala pengeluaran mereka. Dengan begitu, para pelajar internasional punya lebih banyak waktu untuk berfokus pada kesuksesan studi mereka.

 

Pada tahun 2021, seorang pelajar internasional yang mengajukan visa pelajar Australia wajib memiliki dana minimal AUD62.222. Informasi lebih lanjut mengenai syarat finansial ini bisa kamu baca di situs web Otoritas Imigrasi Australia.

 

Agar kamu punya bayangan mengenai biaya untuk belanja rumah tangga dan barang-barang esensial lainnya, berikut adalah perkiraan harganya:

 

Barang

Harga (AUD)

Roti tawar

2,81

Beras putih (1kg)

2,73

Telur (selusin)

4,77

Daging ayam has dalam (1kg)

10,88

Pisang (1kg)

3,53

Selada (1 bonggol)

2,69

Sampo (400ml)

6

Deodoran (50ml)

4,56

Pasta gigi

3,65


Untuk tips dan bimbingan tentang penyusunan anggaran selama tinggal di Australia, kamu bisa mengakses situs MoneySmart.gov.au.

 

Hiburan Hemat

Hiburan Hemat Untuk Pelajar Internasional di Australia - Hotcourses Indonesia

Australia memiliki banyak opsi hiburan untuk kamu yang budget-nya ketat. Dengan tinggal di Australia, kamu sudah mendapatkan keindahan alam yang mengagumkan, iklim yang nyaman sepanjang tahun, dan banyak taman-taman nasional dan pantai untuk beraktivitas. Jadi kamu tidak perlu mengeluarkan uang banyak untuk mendapatkan hiburan.
 

Beberapa jenis tempat hiburan gratis lainnya yang bisa kamu temukan di Australia adalah: pasar-pasar akhir pekan yang fantastis dan semarak, serta galeri dan museum gratis yang membahas seni dan sejarah Australia.

 

Setiap negara bagian Australia juga rutin mengadakan festival-festival yang berlangsung di kota dan pantai. Setiap tahunnya, keluarga-keluarga di Australia berkumpul bersama di luar rumah untuk mengikuti festival makanan, anggur dan musik gratis. Pada musim panas, salah satu tontonan yang ramai dikunjungi adalah kompetisi berselancar.


Masyarakat Australia memang sangat suka beraktivitas di luar rumah, sehingga pasti selalu ada aktivitas hiburan gratis yang dapat kamu ikuti. Periksalah koran lokal untuk melihat acara apa saja yang sedang berlangsung di areamu.

 

Unduh brosur universitas favoritmu di Australasia

 

Membuka Rekening di Bank

Membuka Rekening Bank Untuk Pelajar Internasional di Australia - Hotcourses Indonesia

Membuka akun bank untuk pelajar internasional di Australia cukup mudah, lhoKamu hanya perlu membawa paspor, surat penerimaan dari universitasmu, dan bukti alamat permanen.

 

Bank kemudian akan membuka rekeningmu dan mengirim kartu ATM dalam beberapa minggu. Namun proses pembukaan rekening ini sebaiknya kamu lakukan dalam rentang waktu 6 minggu setelah kamu tiba. Jika lebih dari itu, kamu mungkin akan diminta menyediakan dokumen tambahan.

 

Kamu juga bisa membuka rekening secara online minimal 3 bulan sebelum keberangkatan ke Australia. Kamu cukup mengisi formulir online dari bank pilihanmu dan mengirimkan uang ke rekening barumu. Setelah tiba, kamu harus mengunjungi bank tersebut dengan membawa paspor dan bukti alamat permanen.

 

Serunya lagi, beberapa bank tidak mengenakan biaya bulanan apapun untuk rekening milik pelajar internasional. Bila kamu butuh referensi tambahan mengenai pembukaan rekening bank untuk pelajar internasional, kamu bisa mengunjungi situs web 4 bank terbesar di Australia: Westpac, Commbank, NAB, dan ANZ.

 

Makan di Luar

Makan di Luar saat kuliah di Australia - Hotcourses Indonesia

Masyarakat Australia memang suka dengan aktivitas olah raga, tapi mereka juga sangat mencintai aktivitas makan-makan. Negara ini memiliki sejumlah restoran pemenang penghargaan dan merupakan tempat tinggal berbagai koki terbaik dunia.

 

Berkat pengaruh budaya internasional di Australia, kamu dapat mencicipi makanan dari berbagai budaya - seperti produk kuliner Vietnam, Maroko Meksiko, Turki, Jepang, dan masih banyak lagi. Kamu dijamin bisa menemukan banyak tempat di negara ini yang menyajikan makanan enak. 


Makan di luar adalah cara hidup normal bagi masyarakat Australia dan pada umumnya makan di restoran adalah hal yang cukup biasa. Biaya makan untuk 2 orang di restoran yang terjangkau adalah sekitar AUD20, sementara biaya makan untuk 2 orang di restoran mid-range bisa mencapai AUD94.

 

Banyak restoran di Australia menganut sistem BYO (Bring Your Own / Bawa Sendiri). Dalam sistem ini, kamu diperbolehkan membawa minuman beralkohol sendiri. Ini berarti kamu bisa menghemat biaya untuk minuman saat makan di luar.

 

Makan di Rumah

Makan di Rumah adalah salah satu aktivitas favorit warga Australia - Hotcourses Indonesia

Makan di rumah juga merupakan sumber kebahagiaan tersendiri bagi warga Australia, khususnya di musim panas ketika mereka mengadakan acara barbecue. Pada akhir pekan, masyarakat Australia sangat gemar berpesta barbecue di rumah untuk bersosialisasi dengan teman-teman mereka. Acara ini cukup populer karena bisa dilangsungkan dengan biaya yang cukup terjangkau.

 

Bahan makanan di Australia dapat dibeli dengan harga relatif murah di supermarket lokal, pasar petani, atau pasar makanan. Untuk tempat pembelian makanan sehari-hari, ada dua supermarket utama di Australia: Woolworths dan Coles. Keduanya mudah diakses karena memiliki cabang di berbagai sudut kota di Australia.

 

Supermarket lain yang bisa kamu kunjungi adalah IGA, sebuah supermarket independen yang menawarkan harga hemat. Banyak warga Australia juga suka belanja di supermarket ALDI karena harga barang-barangnya yang murah.

 

Bekerja Paruh Waktu di Australia

Info kerja paruh waktu untuk pelajar internasional di Australia - Hotcourses Indonesia

Saat ini, pelajar internasional di Australia bisa bekerja hingga 20 jam per minggu selama kuliah di Australia. Kebanyakan pelajar internasional mengambil pekerjaan paruh waktu bergaji tinggi di Australia untuk mendapatkan penghasilan tambahan agar mereka dapat bepergian atau menabung. Namun ada juga yang bekerja untuk memperoleh pengalaman, bertemu warga setempat dan berteman.

 

Para pelajar internasional dapat memilih untuk bekerja di bar, restoran, dan kafe. Mereka juga bisa melakukan kerja paruh waktu di industri yang terkait dengan bidang kuliah mereka. Kesempatan kerja paruh waktu dapat ditemukan di koran lokal dan di internet, seperti di situs web Seek.com.au atau CareerOne.com.au

 

Jika kamu ingin bekerja di Australia, kamu memerlukan Tax File Number (Nomor Berkas Pajak) yang bisa kamu dapatkan dengan mudah melalui pendaftaran di situs web Kantor Pajak Australia. Kamu hanya perlu mengikuti instruksi pengisian formulir dengan baik. Pendaftaranmu akan diproses dalam waktu 2-3 minggu.

 

Kerja Sukarela 

Pelajar internasional di Australia bisa mengikuti kegiatan kerja sukarela untuk menambah pengalaman - Hotcourses Indonesia

Menjadi volunteer atau pekerja sukarela adalah cara yang ideal untuk berteman dan bertemu orang-orang baru di komunitas Australia. Selain itu, banyak pelajar internasional menjadi volunteer agar mereka dapat memperoleh keterampilan ekstra kurikuler atau memperluas cakrawala budaya mereka.


Jangan berpikir bahwa kerja sukarela terbatas pada bekerja dengan organisasi nirlaba atau komunitas. Kamu juga bisa bekerja untuk badan usaha yang terkait dengan bidang studimu.

 

Jenis-jenis kerja sukarela yang bisa kamu lakukan cukup beragam, seperti menanam pohon, membersihkan pantai, bekerja di acara olahraga / musik, atau membantu komunitas lansia.

 

Dengan mengikuti kegiatan ini selama beberapa jam dalam seminggu, kamu bisa membuat CV-mu lebih menonjol. Para lulusan universitas dengan keterampilan dan pengalaman tambahan sering dipandang positif oleh calon pemberi kerja.


Jika kamu ingin mengikuti aktivitas kerja sukarela, mulailah mencari info dari layanan karir di tempat kuliahmu. Kamu juga bisa membaca info tambahan di GoVolunteer.com.au

 

Menjaga Kesehatan di Australia

Menjaga Kesehatan di Australia - Hotcourses Indonesia

Australia memiliki sistem asuransi kesehatan yang secara spesifik melindungi pelajar internasional: Overseas Student Health Cover (OSHC). Semua pelajar internasional diwajibkan membeli polis OSHC sebelum datang ke Australia agar kesehatan mereka terlindungi mulai dari kedatangan hingga saat pulang ke negara asal.

 

OSHC akan membantumu membayar perawatan medis atau rumah sakit apa pun yang mungkin kamu perlukan selama kuliah di Australia. OSHC juga bisa menutupi biaya sebagian besar resep obat-obatan dan layanan darurat yang kamu butuhkan.


Saat ini ada 6 penyedia OSHC di Australia. Lihat tautan-tautan di bawah untuk mendapatkan informasi lebih lengkap tentang masing-masing penyedia:


OSHC tidak mencakup perawatan gigi, mata atau fisioterapi. Jika kamu ingin terlindungi untuk perawatan-perawatan tersebut, kamu perlu membeli tambahan asuransi kesehatan pribadi.

 

Layanan Darurat

Layanan Gawat Darurat di Australia - Hotcourses Indonesia

Jika kamu sedang dalam keadaan darurat di Australia dan membutuhkan bantuan polisi, pemadam kebakaran, atau ambulans, kamu bisa menghubungi nomor 000 atau 112 (khusus ponsel).

 

***

 

Kalau kamu butuh info-info lain mengenai kuliah di Australia, jangan lupa bahwa Hotcourses Indonesia memiliki panduan lengkap tentang kuliah di Australia untuk membantu perjalanan studimu di negara ini.

 

Untuk kamu yang sedang memikirkan untuk kuliah di Australia, cobalah alat Pencari Jurusan kami yang bisa menemukan jurusan kuliah dan universitas terbaik di Australia yang sesuai dengan kriteria pribadimu.

 

 

Pastikan juga kamu follow semua kanal media sosial Hotcourses Indonesia untuk mendapatkan berita pendidikan internasional terbaru dan informasi terkini dari berbagai universitas di Australia.  

 

Mau tanya-tanya soal kuliah di Australia? Langsung saja daftar untuk konsultasi GRATIS dengan konselor IDP yang selalu siap membantumu mendaftar dan kuliah di berbagai universitas terbaik di Negeri Kanguru ini.

 

Daftar sekarang untuk konsultasi GRATIS!

 

BACA JUGA:

 

Study in Australia

GRATIS

Ebook 'Kuliah di Australia'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Australia dalam satu buku digital praktis

DOWNLOAD