Informasi penting
Kanada: Info Jurusan

JURUSAN-JURUSAN DENGAN PROSPEK KERJA TERBAIK DI KANADA

Jurusan-Jurusan Dengan Prospek Kerja Terbaik DI Kanada

Kuliah di luar negeri memiliki arti yang berbeda-beda bagi tiap mahasiswa internasional. Ada yang menganggapnya sebagai pembekalan diri untuk meraih karir impian di negara asalnya dan ada juga yang melihat kuliah di negara lain sebagai pembuka jalan untuk tinggal dan bekerja di luar negeri.

 

Kalau kamu termasuk golongan yang ingin kuliah di luar negeri untuk bisa tinggal dan bekerja di sana, Kanada patut kamu pertimbangkan sebagai negara tujuan. Pertama-tama, Kanada merupakan negara yang memiliki sistem pendidikan kelas dunia. Buktinya, Kanada berhasil menempati posisi pertama di daftar negara paling terdidik di dunia versi OECD (Organisation for Economic Co-operation and Development). Selain itu, Kanada adalah negara yang sangat terbuka menerima kaum imigran beserta keragaman budaya yang mereka bawa. Kanada juga memiliki banyak kebijakan untuk memastikan kesejahteraan karyawan, seperti asuransi kesehatan gratis dan cuti wajib.

 

Tapi tentunya memutuskan untuk kuliah dan bekerja di Kanada memerlukan riset yang matang. Hal utama yang harus kamu pikirkan adalah jurusan apa saja yang lulusannya memiliki prospek kerja terbaik di negara tersebut. Ini akan memastikan bahwa kamu memiliki pengetahuan dan keahlian yang dibutuhkan untuk memulai karir di sana.

 

Menurut Canadian Occupational Projection System (COPS), berikut adalah 10 profesi yang dibutuhkan di Kanada pada periode 2019-2024:

  1. Apoteker

  2. Insinyur dan desainer perangkat lunak

  3. Insinyur penerbangan

  4. Psikolog

  5. Perawat

  6. Tenaga pengajar universitas dan sekolah kejuruan

  7. Konsultan Manajemen Bisnis

  8. Ahli optik

  9. Ahli terapi okupasi dan fisioterapi

  10. Asisten dokter hewan

 

Nah, jurusan apa yang harus kamu ambil untuk bisa menjalani salah satu profesi di atas? 

 

Jurusan Farmasi

 

Untuk menjadi apoteker di Kanada, kamu bisa mengambil jurusan farmasi yang tersedia di berbagai universitas di Kanada. Setelah itu, kamu harus mengambil ujian yang diselenggarakan oleh Pharmacy Examining Board of Canada (PEBC) dan menjalani program magang. Kamu juga akan diminta memberikan bukti bahwa kamu menguasai bahasa Inggris atau Perancis. 

 

 

Jurusan Ilmu Komputer, Rekayasa Perangkat Lunak Dan Teknologi Informatika

 

Profesi insinyur dan desainer perangkat lunak biasanya bisa dijalani lulusan S1 jurusan Ilmu Komputer, Rekayasa Perangkat Lunak atau Teknologi Informatika. Untuk beberapa posisi tertentu, lembaga pemberi kerja bisa juga mencari kandidat yang memiliki gelar S2. Selain itu, industri teknologi informasi Kanada diramalkan akan berkembang pesat, sehingga lulusan ketiga jurusan ini punya banyak pilihan profesi lain yang bisa dipilih.

 

 

Jurusan Teknik Penerbangan

 

Industri penerbangan di Kanada berkembang sangat cepat. Bidang ini diprediksi akan memerlukan sekitar 3.900 insinyur penerbangan hingga tahun 2026. Karena kebutuhan yang tinggi ini, maka pemerintah Kanada memasukkan insinyur penerbangan ke dalam daftar profesi yang sangat dibutuhkan. Jadi WNA dengan profesi ini akan diberi kemudahan saat mengurus visa kerja di Kanada. Lowongan untuk profesi ini biasanya banyak ditemukan di daerah Quebec, Nova Scotia, British Columbia dan Ontario (Toronto).

 

 

 

 

Jurusan Psikologi
 

Dengan semakin bertambahnya kesadaran masyarakat mengenai kesehatan mental serta berbagai masalah pembelajaran yang bisa ditangani oleh psikolog, maka lowongan pekerjaan untuk profesi ini semakin meningkat. Kanada diperkirakan akan membutuhkan sekitar 16.500 psikolog sampai tahun 2026.

 

 

Jurusan Ilmu Keperawatan
 

Saat ini, sebagian besar populasi Kanada sedang menuju usia lanjut. Karena itu, perawat akan semakin dibutuhkan untuk merawat para lansia. Program studi ilmu keperawatan di universitas-universitas Kanada cukup beragam, mulai dari program 1 tahun sampai ke gelar S1. Setelah lulus, para calon perawat perlu mengambil ujian untuk mendapat izin kerja di daerah yang mereka tuju.

 

 

Jurusan Pembelajaran Pendidikan
 

Seperti yang telah disebutkan di atas, sebagian besar populasi Kanada sedang menuju usia lanjut. Hal ini memiliki efek ke Industri pendidikan di Kanada karena sebagian besar tenaga pengajar di universitas dan sekolah kejuruan sudah mendekati usia pensiun. Selain itu, banyak pekerja di Kanada memutuskan untuk kembali mengenyam bangku pendidikan untuk menambah keahlian dan pengetahuan mereka. Jadi lowongan untuk tenaga pengajar dengan kualifikasi sarjana atau lebih tinggi akan semakin meningkat.

 

 

Jurusan Bisnis Dan Manajemen


Selain untuk individu yang ingin menjalankan bisnisnya sendiri, bidang ilmu ini juga bisa dipelajari oleh orang-orang yang ingin menjadi konsultan bisnis. Namun harus diingat bahwa beberapa lembaga pemberi kerja di Kanada hanya akan membuka lowongan bidang ini bagi lulusan program S2 atau MBA yang diakui ikatan konsultan bisnis setempat.

 

 

Jurusan Optik


Dengan banyaknya penduduk Kanada yang memasuki usia lanjut, maka kebutuhan kacamata untuk lansia akan semakin meningkat. Karena itu, dibutuhkan banyak ahli optik untuk memenuhi tuntutan pasar. Kanada diramalkan akan membutuhkan sekitar 5.700 ahli optik sampai tahun 2026.

 

 

Jurusan Terapi Okupasi Dan Fisioterapi


Meningkatnya jumlah lansia juga berefek pada meningkatnya permintaan untuk profesi ahli terapi okupasi dan fisioterapi. Layanan kedua profesi ini dibutuhkan untuk membantu kaum lansia menjalani kehidupan secara mandiri dan meringankan berbagai gejala penyakit yang mereka derita.

 

 

Jurusan Ilmu Hewan


Dengan meningkatnya jumlah populasi di Kanada, maka jumlah pemilik binatang peliharaan diprediksi akan turut meningkat. Selain itu, aturan pengawasan kualitas hewan ternak juga semakin ketat. Jadi tak bisa disangkal kalau keahlian dan pengetahuan tenaga kesehatan hewan sangat dibutuhkan di Kanada.

 

 


Sudah tahu jurusan dengan prospek kerja terbaik untukmu? Kamu bisa langsung mendaftar untuk konsultasi GRATIS dengan konselor IDP mengenai langkah apa saja yang harus kamu lakukan untuk bisa mendaftar dan kuliah di universitas-universitas terbaik di Kanada.

 

 

Sumber:

PivotalSolutions.com

JobBank.gc.ca

Randstad.ca