Informasi penting
Cina: Info Jurusan

6 UNIVERSITAS TERBAIK DI CHINA UNTUK JURUSAN SASTRA CHINA

share image
Menurut lembaga audit dan konsultan ekonomi professional PricewaterhouseCoopers (PWC), perekonomian China akan menduduki peringkat pertama di dunia pada tahun 2050. Hal ini berarti keahlian bahasa Mandarin akan menjadi salah satu keterampilan yang sangat diperlukan di masa mendatang. Tenaga kerja yang fasih berbahasa Mandarin nantinya bisa menjalani berbagai profesi, seperti staff instansi pemerintahan, pengajar bahasa untuk keperluan bisnis dan penerjemah.
 
Kalau kamu tertarik mempelajari bahasa satu ini di luar negeri, tentunya China wajib menjadi negara tujuanmu. Dengan kuliah di negara asal bahasa tersebut, kamu akan memiliki lebih banyak kesempatan untuk mengasah ilmu bahasa yang kamu dapatkan saat berinteraksi dengan lingkungan sekitar. Kamu juga akan bisa lebih mengerti budaya masyarakat China sehingga kamu bisa membantu menemukan solusi untuk masalah perbedaan budaya di lingkungan kerja yang multinasional.
 
Nah, kamu tidak perlu bingung mencari universitas-universitas China mana yang memiliki jurusan Sastra China terbaik, karena Hotcourses Indonesia akan memberikan rekomendasi berdasarkan Times Higher Education World University Rankings 2020 untuk bidang studi Bahasa, Sastra dan Linguistik.
 
 
 

1.Tsinghua University

(Peringkat 23)

  • Tsinghua University adalah universitas penelitian terkemuka di Beijing yang juga merupakan anggota C9 League (Ivy League versi China)

  • Universitas ini adalah salah satu universitas China pertama yang menerima mahasiswa internasional. Selain itu, Tsinghua juga dipandang sebagai universitas yang mempelopori studi karya sastra China modern dan kontemporer serta studi linguistik bahasa China modern. 

  • Mahasiswa internasional untuk program studi S1 Bahasa dan Sastra China akan dilatih untuk mendapatkan pengetahuan mengenai bahasa, sastra dan budaya China secara sistematis dan menyeluruh.

 
 

2. Peking University

(Peringkat 24)

  • Peking University adalah universitas yang dikenal sebagai salah satu pusat pergerakan intelektual dalam sejarah China. Institusi ini adalah salah satu universitas penelitian terpandang di China dan sekaligus merupakan anggota C9 League.

  • Universitas yang terletak di Beijing ini juga dikenal sebagai salah satu universitas dengan sumbangan besar pada bidang sastra dan seni di China. Salah satunya adalah penerbitan buku inovatif A History of Contemporary Chinese Literature karangan Hong Zicheng, seorang profesor di Peking University.

  • Dua penulis sastra China modern ternama, Lu Xun dan Lin Yutang, adalah alumni universitas ini.

 

 

 

 

3. Zhejiang University

(Peringkat 107)

  • Universitas ini berlokasi di Hangzhou, Zhejiang dan dikenal sebagai salah satu universitas tertua dan bergengsi di China. Zhejiang University juga merupakan salah satu anggota C9 League.

  • Zhejiang University memiliki 5 perpustakaan dengan lebih dari 7,7 juta buku dalam koleksinya. Ini adalah salah satu koleksi akademis terbesar di China.

  • Sekitar 53% pelajar di Zhejiang University adalah mahasiswa pascasarjana dan lebih dari 30% staf pengajarnya telah menyandang gelar profesor.

 

4. Fudan University

(Peringkat 109)

  • Universitas anggota C9 League ini dikenal sebagai universitas pertama yang didirikan secara independen oleh masyarakat China. Selain itu, universitas ini juga dianggap sebagai salah satu pusat akademis yang penting untuk ilmu budaya di China.

  • Mahasiswa internasional yang mempelajari bahasa Mandarin di universitas ini akan mendapatkan kesempatan untuk berpartisipasi dalam program-program yang membantu mengasah kemampuan bahasa mereka, seperti program home stay dan kunjungan ke pabrik-pabrik serta tempat-tempat bersejarah.

  • Universitas yang terletak di Shanghai ini telah menghasilkan 3 orang pemenang Penghargaan Sastra Mao Dun: Wang Anyi, Wang Huo dan Liang Xiaosheng.

 

(Baca juga: Tips Dan Informasi Beasiswa di China)

 

 

5. Nanjing University

(Peringkat 144)

  • Nanjing University adalah universitas pertama yang mendirikan fakultas sastra di China. Selain itu, universitas yang berlokasi di Nanjing, Jiangsu ini juga merupakan universitas pertama yang memberikan gelar PhD untuk bidang Bahasa dan Sastra China.

  • New Chinese Literature Research Center di Nanjing University adalah salah satu institusi riset pertama yang dinominasikan oleh Kementerian Pendidikan Pemerintah China sebagai Basis Riset Utama Ilmu Budaya dan Sosial.

  • Universitas yang masuk dalam C9 League ini digelari universitas paling selektif oleh media nasional China.

 

6. Shanghai Jiao Tong University

(Peringkat 157)

  • Universitas yang merupakan anggota C9 league ini adalah salah satu universitas tertua di China yang memiliki misi untuk melestarikan warisan budaya.

  • Shanghai Jiao Tong University dikenal sebagai universitas penelitian utama dengan jumlah makalah penelitian dan konferensi internasional tertinggi di China.

  • Pengajaran bahasa dan sastra China di universitas yang terletak di Shanghai ini dilakukan dengan kelas-kelas kecil dan sistem tutorial yang menekankan pada pengalaman budaya China yang otentik.

 

Kalau kamu ingin tahu seluk beluk berkuliah di China, coba tonton video berikut dari Perhimpunan Pelajar Indonesia di China:

 

 

Sudah menemukan inspirasi untuk kuliah di luar negeri setelah membaca daftar rekomendasi di atas? Langsung saja daftar untuk konsultasi GRATIS dengan konselor IDP Education mengenai jurusan Sastra China di luar negeri yang terbaik untukmu.

 

 

Sumber:

PWC.com

TimesHigherEducation.com

Wikipedia.org

TENTANG PENULIS

author image