Informasi penting
Jerman: Info Negara Tujuan

KULIAH KE JERMAN TANPA HARUS BISA BAHASA JERMAN

3917

Bahasa Jerman bukan termasuk bahasa asing yang umum dipelajari di Indonesia. Tetapi Jerman menawarkan segudang keunggulan yang membuat banyak pelajar internasional tertarik untuk kuliah ke sana. Baik itu mutu pendidikan terbaik di dunia, prospek kerja yang lebih cerah, atau hanya ingin mengunjungi banyak kastil yang menawan dan menikmati pemandangan indah. Kabar baiknya tidak mutlak harus bisa berbahasa Jerman baru bisa berkuliah kesana. Tidak percaya? Baca yuk pengalaman Mel Hattie, pelajar Kanada yang kuliah ke Jerman tanpa bisa bahasa Jerman...

 

Saya pertama kali pergi ke Jerman saat berusia tujuh belas tahun. Saat itu saya mengikuti pertukaran pelajar. Terus terang bahasa Jermanku sangat parah, bahkan boleh bilang tidak bisa. Saya hanya bisa kalimat sederhana seperti, “Hi, namaku Mel”, “Saya lapar”, “Rumahmu bagus”. Tetapi tetap saja saya bisa survive di Jerman, berteman, dan have fun! Saya sarankan teman-teman mengikuti kelas bahasa Jerman sewaktu kuliah di sana, tetapi sebelum itu, kalian tetap bisa kok berteman dan bersenang-senang tanpa harus bisa bahasa Jerman.

 

 

Jerman adalah negara yang ramah. Jika kamu bisa bahasa Inggris, hidup di Jerman tidak akan menjadi masalah. Kamu tetap bisa berbaur dengan berbagai kebudayaan di sana, baik di Rhineland, Bavaria, dan masih banyak lagi.

 

Banyak layanan yang tersedia dalam bahasa Inggris di Jerman. Menurut hasil survei, 50% warga Jerman bisa berbahasa Inggris dengan baik. Jika menurut pengalaman saya, hampir semua yang saya temui bisa berbahasa Inggris. Mungkin karena saya bergaul di kalangan pelajar dan anak muda. Tetapi memang kalangan tersebutlah yang paling banyak akan kita temui pada saat kita berkuliah bukan?

 

Selain itu, banyak juga program-program kuliah yang disampaikan dalam bahasa Inggris. Cek program kuliah S1 & S2 dalam bahasa Inggris di Jerman.

 

Sewaktu kuliah, kebanyakan waktu kita lalui di kampus, atau di luar kampus. Jadi, supaya kamu bisa hidup dengan nyaman di sana, memilih akomodasi yang sesuai sangatlah penting.

 

Jika kamu tidak fasih berbahasa Jerman, dan memang tidak bertujuan untuk menguasai bahasa Jerman, sebaiknya kamu tidak memilih homestay. Homestay lebih cocok untuk mahasiswa internasional yang ingin berbaur dengan budaya setempat dan ingin mengasah kemampuan berbahasa Jerman mereka.

 

Jika kamu ingin menggunakan bahasa Inggris untuk kehidupan sehari-hari, kamu bisa memilih asrama, apartemen atau menyewa rumah.

 

Untungnya, cukup mudah untuk menemukan akomodasi bagi mahasiswa internasional yang tidak bisa berbahasa Jerman. Banyak universitas Jerman yang menyediakan informasi akomodasi dalam bahasa Inggris. Bahkan, mahasiswa internasional bisa memilih, mau tinggal dengan mahasiswa lokal, mahasiswa asal Amerika, atau mahasiswa internasional lainnya. Jika kamu menginginkan pengalaman kuliah yang lebih beragam dan multibudaya, tentunya pilihan untuk tinggal dengan mahasiswa internasional lebih ideal.

 

Tinggal di asrama di Jerman cukup menyenangkan, jika kamu ingin bertemu dengan mahasiswa-mahasiswa lokal yang sebaya dan ingin merasakan pengalaman kampus internasional. Semua klub dan perkumpulan universitas bisa kamu temukan dengan mudah.

 

Jika kamu ingin tinggal di apartemen, kamu bisa memilih flat swasta, atau disebut Wohngemeinschaften dalam bahasa Jerman, atau biasanya disingkat menjadi WG. WG adalah flat yang terdiri dari dapur, kamar mandi, dan beberapa kamar tidur.

 

 

Beberapa situs ini menyediakan informasi akomodasi dalam bahasa Inggris:

 

Sebelum mencari sendiri, kamu bisa menghubungi universitas tempat kamu mendaftar terlebih dahulu. Karena ada juga universitas yang menyediakan layanan yang membantu mahasiswa internasional mencari akomodasi.

 

Ternyata tidak bisa bahasa Jerman bukan menjadi halangan untuk berkuliah ke sana bukan? Jadi, tunggu apalagi? Mulai cari program kuliah yang kamu minati di Jerman sekarang juga.

 

 

 

Sumber:

How to Study Abroad in Germany If You Don't Speak German

 

 

 

Mencari jurusan

Jerman
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS