Informasi penting
Jerman: Keuangan

CARA MEMBUAT BLOCKED ACCOUNT UNTUK KULIAH DI JERMAN

share image

Jerman menjadi salah satu tujuan studi yang populer bagi pelajar internasional karena kualitas pendidikannya yang tinggi dan pembebasan biaya kuliah di sebagian besar universitasnya. Namun walau biaya kuliah ditiadakan, mahasiswa internasional tetap harus menyediakan bukti bahwa mereka memiliki dana untuk biaya hidup mereka selama setahun di Jerman. 

 

Mulai 1 Januari 2020 lalu, Pemerintah Jerman mengharuskan mahasiswa internasional non-beasiswa/non-sponsor untuk memiliki dana sebesar 10.236 EUR sebagai syarat permohonan visa. Dana ini harus disetor ke rekening yang dibekukan (blocked account sperrkonto) di bank-bank Jerman dan tidak bisa diakses sampai mahasiswa pembuka rekening tiba di Jerman. Saat mahasiswa internasional tiba di Jerman, mereka diperbolehkan mengambil uang hingga 853 EUR dari rekening ini tiap bulannya.

 

Menurut Kedutaan Besar Jerman Jakarta, saat ini ada 4 bank yang memenuhi syarat untuk pengajuan visa bagi mahasiswa internasional asal Indonesia: Deutsche Bank, Fintiba, Expatrio dan Coracle. Kalau kamu perlu informasi tentang cara membuat blocked account di bank-bank ini, coba baca penjelasan tim Hotcourses di bawah ini.
 


Deutsche Bank

 

Khusus untuk Deutsche Bank, pembukaan blocked account hanya diperuntukkan bagi mahasiswa dan peserta kursus bahasa saja.

 

  • Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengunduh formulir pembukaan blocked account di tautan ini. Pastikan kamu mengunduh formulir untuk pelajar internasional berumur 18 tahun atau lebih (Nama formulirnya adalah 'Opening a bank account/blocked account for international students => 18 years'). Formulir ini tersedia dalam format PDF, jadi komputermu harus memiliki aplikasi yang bisa membuka file PDF.

  • Bacalah petunjuk pengisian dengan seksama, karena pembukaan rekening ini dapat ditolak kalau kamu salah mengisinya. Formulir harus diisi menggunakan komputer (tidak boleh dicetak dan diisi menggunakan pulpen/pensil). Saat selesai mengisi formulir, jangan bubuhkan tanda tanganmu karena kolom tanda tangan hanya boleh diisi di depan petugas kedutaan. Kalau kamu menemukan kolom yang meminta nomor wajib pajak, bisa dikosongkan bila kamu belum memiliki NPWP.

  • Cetak formulir ini 2 kali dan simpan salah satunya untuk dokumen pribadimu.

  • Buatlah janji dengan Kedutaan Besar Jerman Jakarta untuk melegalisir formulir tersebut. Untuk proses legalisir ini, kamu perlu membawa beberapa berkas tambahan: paspor asli dan fotokopinya; bukti bahwa kamu memiliki dana yang mencukupi (contoh: rekening koran); dan fotokopi surat penerimaan dari universitas atau tanda bukti kursus dari sekolah bahasa. 

  • Tanda tanganmu pada formulir permohonan pembukaan rekening dan fotokopi paspormu akan disahkan oleh pihak Kedutaan Besar Jerman Jakarta. Untuk pengesahan ini, kamu akan dikenakan biaya sebesar 30 EUR (harus dibayarkan dalam IDR)

  • Berkas-berkas tersebut kemudian akan dikirimkan oleh Kedutaan Besar Jerman Jakarta kepada Deutsche Bank. Untuk jasa pengiriman ini, kamu perlu membayar biaya sebesar Rp450.000. 

  • Setelah pembukaan rekening disetujui dalam waktu 3-4 minggu, Deutsche Bank akan mengirimkan nomor rekening lewat email. Kamu bisa langsung mentransfer dana ke rekening tersebut. Jangan lupa bahwa kamu akan dikenai biaya 150 EUR untuk pembukaan rekening baru dan 70,8 EUR untuk biaya administrasi bulanan selama 12 bulan.  Jadi jumlah minimal dana yang harus kamu transfer adalah 10.236 + 150 + 70,8 EUR.

  • Setelah transfermu diterima, Deutsche Bank akan mengirimkan konfirmasi bahwa rekeningmu sudah terisi uang. Cetak surat konfirmasi ini sebagai salah satu berkas untuk mengajukan visa pelajar Jerman.

  • Untuk bisa mengakses dana di blocked account-mu setelah tiba di Jerman, kamu harus memiliki registration certificate (bukti alamat tinggal yang diberikan kepada semua orang yang tinggal di Jerman, baik WNA ataupun warga negara Jerman). Kemudian kamu harus mengunduh formulir 'Activation of account for international students = >18 years' di sini, lalu mengisinya di komputermu. Setelah itu, kamu bisa mencetak dan menandatangani formulir tersebut. Kirimkan formulir ini beserta registration certificate ke alamat berikut:

DB Privat- und Firmenkundenbank AG

Alter Wall 53
20457 Hamburg

Germany

  • Setelah formulir ini diproses, kamu akan menerima kartu ATM dari Deutsche Bank dan nomor PIN.

 

(Baca juga: WAJIB: MEMILIKI ASURANSI KESEHATAN JIKA INGIN KULIAH KE JERMAN)

 


Fintiba

 

Fintiba bekerjasama dengan Sutor Bank untuk pembuatan blocked account. Rekening di Fintiba diperuntukkan bagi mahasiswa, calon mahasiswa, peserta kursus bahasa, Au-Pair, peserta program magang dan pencari kerja.

 

  • Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah memindai paspormu. Hasil scan ini akan diminta oleh Fintiba untuk verifikasi identitasmu.

  • Setelah menyiapkan hasil scan, kamu bisa mengakses situs Fintiba di sini. Situs ini menyediakan informasi terperinci tentang pembukaan blocked account dan mereka juga menawarkan konsultasi gratis kalau kamu punya pertanyaan lebih lanjut. 

  • Untuk membuat blocked account, pilihlah opsi 'Fintiba Basic'. Setelah memilih opsi ini, kamu akan diarahkan ke formulir pendaftaran online. Kamu perlu mengisi detail pribadi dan dan memverifikasi identitasmu dengan menggunakan hasil scan paspormu.

  • Setelah proses verifikasi selesai, sperrkonto-mu sudah resmi dibuka. Proses pendaftaran sampai verfikasi ini akan memakan waktu paling lama 10 menit.

  • Kamu bisa menyetor dana ke blocked account-mu di Fintiba lewat transfer bank atau aplikasi transfer seperti TransferWise. Kamu akan dikenai biaya 89 EUR untuk pembukaan rekening baru dan 58,8 EUR untuk biaya administrasi bulanan selama 12 bulan. Jadi jumlah minimal dana yang harus kamu transfer adalah 10.236 + 89 + 58,8 EUR. Setelah dana ditransfer, Fintiba akan mengirim email konfirmasi bahwa setoran diterima. Ini berarti bahwa blocked account-mu telah diaktifkan.

  • Cetak email konfirmasi setoran ini untuk dijadikan berkas pendukung pengurusan visa pelajar Jerman.

 

Perlu diingat bahwa blocked account di Fintiba bukanlah jenis rekening yang bisa digunakan untuk keperluan finansial sehari-hari. Untuk bisa mengakses dana yang tersimpan di Fintiba, kamu harus membuka rekening di bank pilihanmu saat kamu tiba di Jerman. Fintiba kemudian akan mengirimkan uang dari blocked account-mu ke rekening tersebut tiap bulannya. Untuk mengurus proses ini, kamu harus mempersiapkan informasi berupa alamat dan nomor teleponmu di Jerman serta hasil scan visa pelajarmu.

 

 

 

Expatrio 

 

Pembuatan blocked account di Expatrio diperuntukkan bagi mahasiswa, calon mahasiswa, peserta kursus bahasa, Au-Pair, peserta program magang, pencari kerja dan turis. Expatrio bekerja sama dengan Mangopay untuk menyediakan layanan ini. Sama seperti Fintiba, proses pembukaan blocked account di Expatrio dilakukan seluruhnya secara online.

 

  • Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengakses situs Expatrio di sini. Untuk membuat blocked account, kamu tinggal memilih opsi 'Blocked Account'

  • Setelah memilih opsi 'Blocked Account', kamu akan diminta untuk mengisi kuesioner yang akan menentukan jenis layanan yang paling tepat untukmu.

  • Setelah selesai mengisi kuesioner, Expatrio akan meminta informasi mengenai jumlah dana yang kamu perlukan di blocked account-mu. Kamu juga perlu menyediakan informasi berapa lama durasi kuliahmu di Jerman, jumlah uang bulanan yang wajib kamu miliki di daerah tempat kuliahmu, dan apakah ada biaya tambahan lain yang kamu perlukan sebagai persyaratan visa. Jumlah dana yang perlu kamu transfer akan tersedia setelah kamu selesai mengisi semua informasi yang diminta.

  • Untuk melanjutkan proses pendaftaran, kamu perlu mengisi formulir informasi pribadi (pastikan informasi yang kamu tuliskan sesuai dengan paspormu). Setelah itu, kamu juga akan diminta menyediakan informasi alamatmu di Jerman (kalau belum ada, kamu bisa mengisi dengan alamatmu di Indonesia) serta informasi mengenai universitas tujuanmu. Saat mengisi informasi universitas, kamu perlu mencantumkan perkiraan tanggal kedatanganmu di Jerman dan tanggal perkuliahanmu dimulai. 

  • Selanjutnya, kamu harus menginformasikan jumlah semester perkuliahan yang telah kamu jalani sebelumnya di negara manapun (termasuk MBA, PhD, dan sebagainya). Kamu juga harus menjawab apakah kamu telah memiliki anak.

  • Pada langkah selanjutnya, kamu perlu mengunggah hasil scan paspormu. Pastikan hasil scan jelas terbaca dan tidak dalam format hitam putih.

  • Kemudian kamu akan diperlihatkan rangkuman semua informasi yang telah kamu tuliskan dalam formulir. Pastikan semuanya sudah tepat dan klik 'Apply'.

  • Langkah terakhir adalah bagian 'Terms & Conditions'. Bacalah bagian syarat dan ketentuan ini dengan seksama dan tandai kotak-kotak di sisi kiri untuk menyetujui dan melanjutkan ke tahap berikutnya. Setelah kamu menekan tombol 'Confirm and Submit', kamu akan menerima email konfirmasi aplikasi.

  • Jika proses identifikasi dan verifikasi dianggap sukses, maka kamu bisa mengunduh dokumen konfirmasi pembukaan blocked account dari Expatrio User Portal setelah 24 jam.

  • Setelah kamu mentransfer dana sesuai dengan jumlah yang diminta Expatrio, kamu bisa menggunakan email konfirmasi setoran sebagai berkas untuk mengurus visa pelajar.

 

Sama seperti Fintaba, kamu perlu membuka rekening di bank pilihanmu setelah tiba di Jerman untuk bisa mengakses dana di blocked account-mu.

 


Coracle

 

Perbedaan utama bank ini dengan bank-bank di atas adalah Coracle tidak memiliki biaya administrasi bulanan. Untuk membuka blocked account di Coracle, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Akses situs Coracle di sini.

  • Pilih opsi 'Blocked Account', lalu klik tombol 'Open Now'

  • Kamu akan diarahkan ke formulir permohonan pembuatan blocked account. Isilah formulir ini dengan sebaik mungkin dan pastikan informasi yang kamu sediakan sesuai dengan paspormu.

  • Coracle akan meminta informasi sebagai berikut: alasanmu datang ke Jerman, nama lengkapmu, tanggal lahir dan tempat kelahiranmu, kebangsaan, nomor kontak, alamat email, jumlah dana yang wajib kamu miliki, universitas tujuanmu, dan nomor paspor. Kamu juga akan diminta untuk mengunggah hasil scan paspormu.

  • Tandai semua kotak di bagian 'Agreements' lalu klik tombol 'Apply'. Pastikan kamu telah mengisi kode captcha untuk bisa melanjutkan proses pembukaan rekening ini.

  • Setelah 24-48 jam, kamu akan menerima email konfirmasi dari Coracle bahwa blocked account-mu telah dibuka. Coracle bekerjasama dengan DKB (Deutsche Kreditbank), jadi danamu akan tersimpan di bank ini. 

  • Setor dana ke blocked account-mu lewat transfer bank. Kamu akan dikenai biaya 99 EUR untuk pembukaan rekening baru di Coracle dan 80 EUR untuk buffer (tambahan dana untuk menutupi biaya forex). Jadi jumlah minimal dana yang harus kamu transfer adalah 10.236 + 99 + 80 EUR. Setelah 1-5 hari, kamu akan mendapat email konfirmasi bahwa dana yang kamu kirimkan telah masuk dalam blocked account-mu. Cetak surat konfirmasi ini untuk berkas pengurusan visa pelajarmu.

 

Seperti Fintaba dan Expatrio, kamu perlu membuka rekening di bank pilihanmu setelah tiba di Jerman untuk bisa menarik uang dari rekeningmu di Coracle.

 

Simak juga tips berikut mengenai blocked account dari YouTuber Bintang Natalia:

 

 

Butuh informasi lengkap mengenai berkas-berkas permohonan visa pelajar agar kamu bisa kuliah di luar negeri? Langsung saja daftar untuk konsultasi GRATIS dengan konselor IDP Education yang siap membantumu mengurus visa pelajar.

 

*semua biaya yang tercantum di halaman ini adalah biaya per Maret 2020

**Dana yang harus ditransfer ke bank Jerman akan tergantung pada kurs mata uang dan biaya tambahan dari bank

 

Sumber:

Jakarta.diplo.de

Studying-in-germany.org

Germany-visa.org