Informasi penting
Jerman: Pendaftaran Universitas

MEMILIH KOTA DESTINASI KULIAH DI JERMAN BERDASARKAN JURUSAN

3616

MEMILIH KOTA DESTINASI KULIAH DI JERMAN BERDASARKAN JURUSAN

 

Jerman terkenal akan mutu pendidikan tinggi yang sangat bagus dan juga biaya kuliah yang sangat terjangkau bahkan gratis. Sehingga tidak heran Jerman menjadi destinasi populer bagi mahasiswa internasional. Apalagi sudah banyak universitas Jerman yang menawarkan program kuliah dalam bahasa Inggris. Jika kamu sudah yakin memilih Jerman sebagai negara destinasi kuliahmu, pertanyaan selanjutnya adalah kuliah di kota mana di Jerman? Beberapa kota ini memiliki universitas yang unggul dalam jurusan tertentu. Coba lihat mana yang cocok untukmu yuk…

 

 

Aachen: Pilihan tepat untuk kuliah jurusan Life Sciences & STEM (Science, Technology, Engineering & Mathematics)

 

 

Walaupun kecil, kota ini adalah salah satu yang terdepan di Jerman dalam hal inovasi. Kota Aachen memiliki dua universitas yang unggul dalam bidang teknologi: RWTH Aachen University dan FH Aachen.

 

 

 

Kota kecil yang menawan ini dulunya adalah tempat permandian Roma, dan merupakan salah satu tempat favorit dari Kaisar Charlemagne. Kononnya kaisar tersebut sangat menyukai tempat ini hingga meminta untuk dikuburkan di Aachen Cathedral, salah satu katedral paling kuno di Eropa.

 

Jika kamu tertarik untuk kuliah teknik mekanik, otomotif dan teknologi manufaktur, atau teknologi medis, Aachen adalah kota yang ideal. Terlebih lagi, Aachen memiliki salah satu fasilitas medis terbesar di Eropa -- Klinikum Aachen – yaitu rumah sakit akademis dan penelitian yang menjadi bagian dari RWTH Aachen. Selain itu Aachen juga dekat dengan kota Eindhoven yang merupakan pusat teknologi Belanda, yang merupakan tempat lahirnya perusahaan elektronik ternama, Philips.

 

FH Aachen University of Applied Sciences adalah universitas ilmu terapan nomor satu di Jerman, yang sangat terkenal untuk bidang studi elektrik dan teknik mekanikal.

 

 

 

Berlin: Kota metropolitan yang kaya akan budaya dan sejarah politik

 

 

Berlin adalah kota terbesar di Jerman yang memiliki populasi 3.5 juta jiwa. Kota ini juga memiliki paling banyak universitas dan institusi penelitian. Dua universitas dengan peringkat teratas adalah Humboldt-Universität zu Berlin, dan Freie Universität Berlin.

 

Selain mempelajari pengetahuan akademis, kamu juga akan belajar sejarah dunia secara tidak langsung. Ada banyak museum terkenal di sini, misalnya Neues Museum, Bauhaus Archives, Topography of Terror, Jewish Museum, East Side Gallery, DDR Museum, Allied Museum, dan tentunya Berlin Wall Memorial. Kota yang sangat sempurna untuk mempelajari sejarah jaman perang dunia ke-2.

 

Dari segi hiburan, kehidupan malam di Berlin sangatlah legendaris. Panorama Bar di Berlin dikenal sebagai salah satu night club terbaik di dunia. Atau, jika kamu tidak menyukai keramaian, kamu bisa menikmati waktu santai di Tiergarten, taman umum yang seluas 210 hektar.  

 

 

 

Frankfurt: tempat untuk calon ahli perbankan

 

 

Sebagai ibukota keuangan di Eropa dan sekaligus markas dari European Central Bank, Frankfurt adalah salah satu bursa saham terbesar di dunia. Frankfurt am Main menawarkan pengalaman unik untuk mahasiswa jurusan bisnis yang suatu hari akan bekerja di lingkungan ekonomi global.

 

Bangunan-bangunan pencakar langit futuristic di kawasan finansial, pusat perbelanjaan di Zeil, lagu-lagu jazz yang dimainkan dan suasana dari kota kecil membentuk kualitas hidup yang tinggi di Frankfurt. Mercer’s Annual Quality of Living Survey 2017 menobatkan Frankfurt sebagai kota metropolis No. 2 paling nyaman untuk ditempati di dunia.

 

Beberapa universitas terkenal di Frankfurt adalah Johann Wolfgang Goethe University, University of Applied Sciences Frankfurt, University of Music and Performing Arts, Frankfurt School of Finance and Management.

 

 

 

 

Freiburg: dekat dengan alam

 

 

Freiburg im Breisgau adalah kota pelajar yang indah di sebelah barat daya kawasan Black Forest di Jerman. Terkenal akan cuaca yang hangat dan bersahabat, kota medieval yang ramai dikunjungi turis ini adalah kota paling cerah di Jerman. Kota ini dihiasi banyak kanal dan dikelilingi oleh dataran tinggi, sehingga menjadi surga bagi para penggemar hiking.

 

Kota ini dinamakan sebagai ‘eco-city’. Mungkin karena warga di sini sangat suka bersepeda dan mendaur ulang. Jika kamu tertarik untuk kuliah jurusan perencanaan kota, keberlanjutan, energi solar atau ilmu lingkungan, kota ini adalah tempat yang ideal.

 

Salah satu universitas di kota ini adalah Albert Ludwig Universit of Freiburg

 

 

 

Hamburg: Ideal untuk kuliah Tata Kota, Teknik & Arsitektur

 

 

Hamburg adalah kota pelabuhan utama di utara Jerman. Ada ratusan kanal dan banyak taman di kota ini. Salah satu universitas yang terkenal akan jurusan arsitektur dan pengembangan metropolitan adalah HafenCity University. Selain itu juga terdapat universitas lainnya seperti Hamburg University, University of Music and Theatre, Hamburg University of Applied Sciences, dan Hamburg University of Technology.

 

 

 

Marburg: kota pelajar di dekat kastil

 

 

Kota Marburg bisa ditempuh dengan perjalanan satu jam mengemudi dari Frankfurt. Kota ini adalah lokasi dari Philipps University of Marburg, institusi Protestan tertua di dunia. University of Marburg telah menerima mahasiswa selama lebih dari 500 tahun dan merupakan sumber kehidupan dari kota. Terdapat 25,700 mahasiswa di kota berpopulasi 81,000 jiwa ini. 12% di antaranya adalah mahasiswa internasional.

 

Marburg adalah kota klasik di Jerman yang didirikan di atas bukit kastil Landgrafenschloss, dan gereja St. Elizabeth abad ke-13. Berjalan di kota ini akan membuatmu merasa seperti masuk ke buku dongeng. Walau dikenal sebagai kota klasik, kehidupan malam di sini sangat ramai.

Emil von Behring, pemenang pertama dari Penghargaan Nobel dan ahli kimia Robert Bunsen (yang menciptakan Bunsen burner) berkata bahwa kota lain memiliki universitas, tetapi Marburg sendiri adalah sebuah universitas. ”

 

 

 

Munich: Nikmati arsitektur Barok, bir Jerman dan budaya Alpin di luar kelas

 

 

Selain terkenal akan Oktoberfest, Munich yang terletak di pusat Bavaria juga terkenal sebagai ‘beer capital of the world.’ Technical University of Munich adalah universitas ternama di Munich yang menawarkan program-program kewirausahaan, dan banyak program kuliahnya disampaikan dalam bahasa Inggris.

 

 

 

Selain itu juga terdapat Ludwig Maximilian University of Munich.

 

 

 

 

Mencari jurusan

Jerman
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS