Informasi penting
Republik Irlandia: Before you leave

10 MAKANAN YANG WAJIB KAMU COBA SAAT STUDI DI IRLANDIA

10 MAKANAN YANG WAJIB KAMU COBA SAAT STUDI DI IRLANDIA

Meskipun Irlandia secara tradisional tidak memiliki reputasi yang sama untuk masakan seperti beberapa negara Eropa lainnya, namun warga Irlandia banyak melakukan hal-hal menarik dengan bahan-bahan asli sederhana. Berikut ini sepuluh hidangan tradisional yang perlu kamu coba selama studi di Irlandia

 

 

Soda bread

 

Setiap keluarga di Irlandia memiliki resep roti soda sendiri, yang ditulis tangan di atas kertas catatan yang dilapisi tepung dan terselip di antara buku-buku masakan. Ada yang suka manis dengan sesendok madu, gula atau buah kering. Beberapa resep lain menawarkan biji yang ditaburkan, dedak dan gandum untuk meningkatkan kesehatan, atau treacle dan Guinness untuk efek sebaliknya. Namun, bahan dasarnya tidak berubah (bikarbonat dari soda dan buttermilk, yang dicampur dengan tepung). Cara memakannya juga bebas, bisa dimakan langsung atau dioles dengan selai coklat dan mentega. Salah satu makanan penyelamat ketika siswa lagi ingin menghemat uang. 

 

 

 

Tiram

 

Jika kamu mengambil studi di IRlandia, kesempatan untuk menikmati musim dingin akan terbuka lebar. Walaupun dingin, siisi positifnya, kamu dapat menikmati tiram asli pesisir barat yang gemuk (Ostrea edulis). Selama di Irlandia kamu bisa mengunjungi Festival Tiram Galway (28-30 September). Tiram berbagau ukuran berlimpah dalam masakan Irlandia, mulai dari tiram di Connemara hingga tiram Molly Malone yang terkenal.

 

 

 

Sup khas Irlandia

 

Istilah ‘makan tengah’ sangat cocok untuk masakan yang satu ini. Masakan ini secara tradisional dibuat dengan daging kambing, bawang, dan kentang. Untuk menghindari rebusan menjadi encer, beberapa resep merekomendasikan menambahkan jelai mutiara, sesendok roux atau irisan kentang, sementara yang lain mengurangi cairan dengan membiarkan rebusan mendidih. Saat ini, lebih mudah menemukan sup Irlandia yang dibuat dari daging domba (karena daging kambing yang lebih beraroma lebih sulit didapat), dengan kaldu dan rempah-rempah - seperti timi, peterseli, dan daun salam - menambah rasa yang dalam.

 

 

 

Colcannon and champ

 

Kentang mengubah pola makan orang Irlandia ketika diperkenalkan dari Dunia Baru pada akhir abad ke-16. Kentang masih menjadi makanan pokok di sebagian besar warga Irlandia. Colcannon adalah adonan kentang, kubis (atau kangkung) dan mentega (atau krim) klasik yang menenangkan, dibumbui dengan daun bawang. Champ adalah favorit kentang tumbuk serupa, dibumbui dengan daun bawang, susu dan mentega.

 

 

 

Boxty

 

Pangsit kentang, panekuk kentang, dan roti kentang adalah deskripsi untuk boxty; beberapa orang mengatakan bahwa nama tersebut berasal dari frase Irlandia arán bocht tí, yang berarti 'roti rumahan'. Resepnya menggunakan kentang mentah parut untuk dicampur dengan kentang tumbuk dan kemudian dicampur dengan tepung dan garam dan direbus sebelum diiris dan digoreng dengan mentega ('pangsit kotak'); ditambahkan ke adonan seperti pancake sebelum digoreng (‘berbentuk kotak di atas wajan’); atau ditambahkan ke adonan seperti pancake sebelum dipanggang dalam loyang roti dan kemudian diiris dan digoreng (‘boxty in the oven’). Apa pun cara yang Anda pilih, boxty Anda dapat dipadukan dengan apa saja. Menu favoritnya adalah ditambahkan bacon dan telur atau salmon asap dan crème fraîche.

 

 

 

 

Daging rebus dan kubis

 

Bacon rebus, kol rebus, dan kentang rebus sesuai dengan namanya merupakan bahan utama sajian ini. Secara tradisional, babi asin - potongan dari bahu atau punggung babi - direndam semalaman sebelum direbus, dengan kubis ditambahkan ke dalam panci masak dalam 10 menit terakhir. Saus peterseli sutra adalah pelengkap utama, walaupu bisa juga menggunakan sambal botol.

 

 

 

Salmon asap

 

Salmon asap adalah hal lain yang harus dicoba - salmon asap kayu ek dari Burren Smokehouse, salmon asap kayu beech dari Connemara Smokehouse, dan salmon asap rumput yang tidak biasa dari The Haven Smokehouse semuanya patut untuk dicoba.

 

 

 

Black and white pudding

 

Puding hitam merupakan campuran daging babi, lemak, dan darah yang dicampur dengan barley, suet, dan oatmeal dalam sosis. Puding putih (serupa, tetapi tanpa darah.) Menu ini selalu menjadi andalan sarapan lengkap ala Irlandia. Selain sarapan, puding hitam kemungkinan besar akan muncul di menu restoran Irlandia, disajikan dengan tumis kerang, kroket, telur rebus, salad dan risotto, dan sebagai hiasan untuk sup.

 

 

 

Coddle

 

Coddle adalah hidangan Irlandia yang sering dibuat menggunakan sisa makanan, dan karenanya tanpa resep khusus. Namun, umumnya terdiri dari lapisan sosis yang diiris kasar dan kentang tebal, irisan bawang bombay, garam, merica, dan rempah-rempah. Makanan murah meriah namun kaya protein dan karibihodrat.

 

 

 

Barmbrack

 

Barmbrack, juga sering disingkat menjadi brack, adalah roti cepat saji dengan tambahan sultana dan kismis. Roti ini merupakan makanan khas saat perataan Halloween di Irlandia.

 

 

 

 

 

Baca juga:

PANDUAN SELAMA TINGGAL DI DUBLIN IRLANDIA

BIAYA KULIAH DI IRLANDIA

DAFTAR UNIVERSITAS IRLANDIA DENGAN JURUSAN KEDOKTERAN