Informasi penting
Republik Irlandia: Info Jurusan

DAFTAR UNIVERSITAS IRLANDIA DENGAN JURUSAN KEDOKTERAN

Daftar Universitas Irlandia Dengan Jurusan Kedokteran

Jika kamu berencana untuk mengambil kuliah kedokteran di luar negeri, jangan lupa untuk mempertimbangkan belajar di Irlandia. Banyak mahasiswa internasional memutuskan untuk masuk jurusan kedokteran di negara ini karena gelar kedokteran dari universitas Irlandia diakui secara global dan dianggap setara dengan gelar dari universitas Inggris.

 

Lingkungan di Irlandia juga menawarkan banyak area menarik untuk dijelajahi para mahasiswa internasional - seperti pemandangan alam yang rindang dan kota-kota dengan arsitektur klasik. Selain itu, peraturan di Irlandia memperbolehkan mahasiswa internasional untuk bekerja 20 jam selama semester berlangsung dan 40 jam selama liburan. Jadi kamu bisa bekerja untuk mendapatkan uang tambahan dan sekaligus pengalaman kerja yang berharga.

 

Pada saat ini, hanya ada 6 universitas di Irlandia yang memiliki fakultas kedokteran dan Hotcourses Indonesia akan membahas beberapa fakta tentang 6 universitas tersebut untuk membantumu memilih destinasi studi terbaik.

 

Trinity College Dublin, the University of Dublin

 

 

  • Trinity College menduduki posisi pertama dalam daftar universitas terbaik di Irlandia dan posisi 101 dalam daftar peringkat universitas global versi QS tahun 2020. 

  • Fakultas kedokteran Trinity College adalah fakultas kedokteran tertua di Irlandia. Selain itu, Trinity College juga memiliki perpustakaan penelitian (research library) terbesar di Irlandia dengan jumlah koleksi yang mencapai 3 juta volume.

  • Kurikulum fakultas kedokteran institusi ini menggunakan model spiral, di mana pembelajaran mahasiswa bersifat progresif dan bertambah kompleks di tiap fase kurikulum.

  • Mahasiswa kedokteran berkesempatan untuk mengambil mata kuliah pilihan selama 12 minggu di RS, klinik atau laboratorium penelitian di luar Irlandia yang bekerjasama dengan Trinity College.

Informasi lebih lanjut mengenai syarat dan biaya kuliah kedokteran di Trinity College bisa kamu baca di sini.

 

University College Dublin

 

 

  • University College Dublin (UCD) adalah universitas terbesar di Irlandia dan kini menempati posisi 177 di QS World University Rankings 2021. Universitas ini juga menduduki peringkat 75 dalam daftar QS Graduate Employability Rankings 2020 yang mengukur kesiapan kerja lulusan berbagai universitas internasional. 

  • Program studi kedokteran UCD menjalankan pendidikan melalui kombinasi kuliah, seminar, studi kasus, sesi pendidikan pasien, simulasi dan pembelajaran kerja nyata. Universitas ini juga memiliki sistem UCD Horizons yang memungkinkan mahasiswa untuk mengambil beberapa mata kuliah pilihan dari bidang studi lain yang ingin mereka dalami.

  • UCD memiliki kampus di Penang, Malaysia dan menyediakan program di mana mahasiswa bisa berkuliah di Irlandia selama 2,5 tahun dan kemudian menuntaskan studinya di kampus Penang.

  • Salah satu syarat masuk jurusan kedokteran UCD untuk pelajar asal Indonesia adalah memiliki diploma 1 tahun dari universitas yang diakui.

 

Mau tahu syarat dan biaya kuliah kedokteran di universitas ini? Langsung saja baca di sini.

 

Unduh brosur universitas favoritmu di Eropa

 

National University of Ireland, Galway

 

 

  • NUI Galway menduduki posisi 238 di QS Global World Ranking 2021. Sementara itu, fakultas kedokterannya menempati posisi 251-300 di daftar QS World University Rankings by Subject 2020: Medicine.

  • Mahasiswa yang mengambil jurusan kedokteran di universitas ini akan menjalani kuliah selama 5 tahun. Tersedia juga program kuliah 6 tahun yang memungkinkan mahasiswa internasional untuk mengikuti program Foundation Year sebelum memulai kuliah kedokteran. 

  • Fakultas kedokteran adalah fakultas terpopuler untuk mahasiswa internasional di NUI Galway. 

  • NUI Galway memiliki badan penelitian yang khusus mendalami bidang pengobatan regeneratif: Regenerative Medicine Institute (REMEDI)

 

Biaya dan syarat kuliah kedokteran di NUI Galway tersedia untuk kamu baca di sini.

 

University College Cork

 

 

  • University College Cork (UCC) kini menempati posisi 286 di QS World University Rankings 2021. Universitas ini juga menempati posisi 9 di 2020 UI GreenMetric World University Rankings - sebuah daftar peringkat universitas global yang disusun oleh Universitas Indonesia dengan mengukur komitmen dan tindakan tiap universitas terhadap penghijauan dan keberlanjutan lingkungan.

  • Kurikulum jurusan kedokteran UCC menekankan integrasi ilmu pengetahuan dan praktik klinis dari awal kuliah. Saat memasuki 3 tahun terakhir kuliah, sebagian besar waktu mahasiswa akan difokuskan untuk menjalani penempatan klinis.

  • Fakultas kedokteran UCC terafiliasi dengan College Cork Teaching Hospital yang merupakan pusat medis terbesar di Irlandia. Rumah sakit ini juga dikenal sebagai Trauma Center Level 1 satu-satunya di negara tersebut.

  • Para pelajar asal Indonesia harus terlebih dahulu mengikuti perkuliahan S1 selama setahun di bidang studi yang relevan sebelum bisa diterima di program studi kedokteran UCC.

 

Tertarik kuliah di UCC? Baca biaya dan syarat masuk untuk kuliah kedokteran di sini.

 

Royal College of Surgeons in Ireland

 

 

  • Royal College of Surgeons in Ireland (RSCI) awalnya didirikan sebagai badan pelatihan spesialisasi bedah, namun kemudian badan ini berkembang dan menjadi universitas swasta pertama di Irlandia. Fakultas kedokteran RCSI adalah fakultas kedokteran terbesar di Irlandia, dengan 3.000 mahasiswa dari 60 negara. Fakultas ini juga merupakan satu-satunya fakultas kedokteran independen yang bersifat nirlaba di Irlandia.

  • Universitas ini menduduki peringkat pertama dalam The Times Higher Education Impact Rankings 2020: Good health and Well-being, yaitu daftar yang mengukur dampak yang dihasilkan sebuah universitas melalui penelitiannya mengenai berbagai penyakit dan kondisi kesehatan. Daftar ini juga mengukur dukungan universitas tersebut untuk profesi tenaga kesehatan serta kesehatan mahasiswa dan stafnya.

  • RCSI menempati posisi 251-300 di daftar QS World University Rankings by Subject 2020: Medicine.

  • Universitas ini juga bekerjasama dengan beberapa institusi di Malaysia untuk menyediakan program studi kedokteran. Dalam program ini, mahasiswa bisa menjalani kuliah di Irlandia selama 2,5 tahun dan kemudian melanjutkan studinya di Malaysia selama 2,5 tahun.

Info mengenai program studi kedokteran RSCI yang memadukan studi di Irlandia dan Malaysia bisa kamu temukan di sini.

 

University of Limerick

 

 

  • Universitas yang menempati posisi 511-520 di QS World University Rankings 2021 ini mengadopsi beberapa elemen dari sistem universitas AS. Salah satunya adalah program co-op, yaitu program penempatan kerja selama 8 bulan yang bisa digunakan untuk memenuhi persyaratan kelulusan.

  • Jurusan kedokteran di universitas ini terbuka untuk mahasiswa yang telah memiliki gelar S1 dari bidang apapun (tidak menerima lulusan SMA atau institusi setara). Masa perkuliahannya hanya 4 tahun saja - lebih pendek dibanding universitas-universitas lain di atas.

  • Fakultas kedokteran UL adalah satu-satunya fakultas kedokteran di Irlandia yang menggunakan metode pembelajaran berbasis masalah.

  • Universitas ini merupakan pemenang Best Student Campus Award di ajang Irish Education Awards 2020.

 

Kalau kamu berminat kuliah di universitas ini, silahkan baca biaya dan syarat masuknya di sini.

 

Selain membaca daftar di atas, kamu juga bisa membaca berbagai panduan kuliah di Irlandia yang telah kami susun untuk membantumu merencanakan studi di negara ini. Selain itu, kamu bisa menggunakan alat Pencari Jurusan kami untuk menemukan jurusan kedokteran yang sesuai dengan kriteria dan kualifikasi yang kamu miliki.

 

Sudah yakin mau kuliah kedokteran di salah satu universitas di atas? Langsung saja daftar untuk konsultasi GRATIS dengan konselor IDP Education yang selalu siap membantumu mendaftar dan kuliah di universitas Irlandia pilihanmu.

 

Daftar sekarang untuk konsultasi GRATIS!

 

BACA JUGA: 

 

Sumber:

wikipedia.org

topuniversities.com

iumcireland.com

timeshighereducation.com