Informasi penting
Malaysia: Info Negara Tujuan

8 TIPS UNTUK BERBAUR DENGAN WARLOK (WARGA LOKAL) DI MALAYSIA

share image

Terletak di dekat garis khatulistiwa membuat  negara ini memiliki iklim tropis yang hangat. Untuk memastikan kamu berbaur dengan penduduk setempat & menemui berbagai keanekaragaman saat menjalani studi kamu di Malaysia, kami telah merangkum 8 tips berguna untuk kamu coba agar bisa hidup seperti warga setempat disana.

 


Pahami Berbagai Ras di Malaysia

 

Hal pertama yang perlu kamu ketahui ketika datang ke Malaysia adalah bahwa kamu akan menghadapi tiga kelompok etnis yang ada disana, yaitu Melayu, Cina, dan India. 

 

 


Pelajari Beberapa Bahasa Secara Bersamaan 

 

Rata-rata orang Malaysia berbicara tiga bahasa sekaligus dan jika memungkinkan mereka akan menggabungkan ketiga bahasa tersebut dalam satu percakapan atau kalimat. Berteman dengan orang Malaysia akan membuatmu dapat mengetahui berbagai campuran bahasa seperti bahasa Kanton, Melayu, & Hindi dengan satu atau dua dialek.

 

Mempelajari beberapa bahasa di Malaysia dapat memudahkan kamu dalam memesan makanan seperti warga setempat di Malaysia, bonus jika kamu dapat membeli makanan dengan harga yang lebih murah!


 

Jelajahi Berbagai Makanan Di Malaysia

 

Makanan adalah topik besar di Malaysia. Seperti yang kamu tahu, negara ini adalah campuran warna-warni dari berbagai kelompok etnis yang semuanya membawa hidangan mereka sendiri ke Malaysia. Kamu bisa menjelajahi serta mencoba beragam makanan lezat yang ada disana.

 

 

Jika kamu ingin mengalami kehidupan lokal di Malaysia, berpetualanglah dan cobalah masakan terkenal di Malaysia seperti Nasi Lemak, Chow Kuey Teow, dan Asam Laksa. Makanan lokal lainnya yang juga harus kamu coba adalah Roti Canai dan Tosai.


 

Pelajari Cara Memasak Makanan Malaysia

 

Hal yang lebih baik dari hanya sekedar menikmati masakan Malaysia yang terkenal lezat adalah belajar bagaimana cara membuatnya kembali untuk keluarga dan teman-teman kamu di rumah. Banyak cooking class di Malaysia akan memandu kamu membeli bahan-bahan di pasar loh! Pelajari cara memasak masakan mulai dari hidangan klasik seperti Nasi Lemak dan Chow Kuey Teow, hingga makanan penutup favorit keluarga Malaysia seperti Kue Koci.



 

 

Cobalah Buah-buahan Lokal 

 

Durian yang paling terkenal di Malaysia adalah durian tandan. Sama seperti di Indonesia, buah-buahan lokal lainnya adalah manggis ungu yang kadang-kadang disebut juga sebagai Queen of Fruits. Ada juga  rambutan, mangga, belimbing dan jambu biji. Tidak berhenti di situ, ada apel madu, ciku, pomelo, duku langsat, leci, sirsak, salak, dan masih banyak lagi. 

 


Jelajahi Masjid-masjid dengan Arsitektur Luar Biasa

 

Karena sejarahnya yang penuh warna, bangunan-bangunan di Malaysia cenderung menggunakan  gaya yang dipengaruhi oleh budaya yang berbeda. Hal ini terutama terlihat di masjid-masjid yang ada disana. Misalnya saja, Masjid Nasional di Kuala Lumpur, dijuluki sebagai masjid yang paling indah di negara ini karena memiliki atap biru cerah yang terlihat seperti payung. Ada juga Masjid Tanquerah di Malaka, masjid ini adalah satu-satunya di negara ini yang tidak memiliki menara dan menampilkan interior dengan pengaruh Cina & Melayu. Selain itu ada juga Masjid Kerajaan Ubudiah di Perak yang dapat dilihat dari kejauhan karena kubah emas dan menaranya mencerminkan gaya Neo-Mughal.

 

 

Menginap di Sebuah Longhouse

 

Longhouse adalah domisili tradisional suku setempat di Sarawak, seperti Iban dan Bidayuh. Longhouse ini berbentuk persegi panjang dengan atap senada dan dibangun di atas panggung agar dapat terhindar dari air banjir. Habiskan waktu di longhouse ini dan amati tradisi dan kehidupan suku pemburu yang masih bergantung pada hutan dalam mencari makanan dan obat-obatan. Longhouse ini hanya memiliki satu kamar, yang dimaksudkan untuk menampung beberapa keluarga.

 

 

"Boss! Uncle! Auntie!"

 

Kiat lain yang membantu jika kamu ingin berbaur dengan orang-orang Malaysia adalah mulailah  memanggil orang dengan kata Boss, Uncle atau Auntie. Panggilan Boss biasanya digunakan untuk menyapa orang-orang di toko, misalnya pemilik kedai, pelayan, tenaga penjualan, dan sebagainya. Jangan ragu untuk menggunakan "uncle" dan "auntie" jika kamu ingin memanggil orang yang lebih tua dari kamu.

 

 

Study in Malaysia

Gratis

eBook 'Kuliah di Malaysia'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Malaysia dalam satu buku digital praktis.

Download

Mencari jurusan

Malaysia
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

author image

Wajib dibaca

7 Alasan Mengapa Malaysia populer sebagai negara destinasi kuliah

Dengan pengalaman dalam bidang pendidikan internasional yang melebihi 30 tahun, struktur pendidikan tinggi Malaysia memberikan Anda kesempatan untuk mengejar gelar internasional dengan biaya terjangkau . Anda bisa memilih kualifikasi akademis baik dari Inggris, Amerika Serikat, Australia dan nega lainnya di institusi-institusi pendidikan di Malaysia.   Pada permulaan tahun 2010, Malaysia telah memiliki lebih dari 80,000 orang mahasiswa

17276

MENGAPA KULIAH DI MALAYSIA?

Semua orang tahu bahwa melanjutkan kuliah ke universitas bukanlah sekadar untuk meraih sebuah kualifikasi. Melainkan juga pengalaman yang diperoleh, ikatan persahabatan yang terjalin selama perjalanan kuliah, serta yang terutama adalah bagaimana keseluruhan pengalaman itu membentuk jati diri kita. Selain biaya pendidikan yang terjangkau, biaya hidup yang rendah, serta kekayaan budaya dan bangsa, Malaysia adalah tempat sempurna untuk mendapatkan semua itu. Malaysia

10827