Informasi penting
Belanda: Pendaftaran Universitas

HAL - HAL YANG SEBAIKNYA KAMU TAHU SEBELUM MENDAFTAS DI LEIDEN UNIVERSITY

share image
308

Leiden University adalah universitas yang didirikan pada tahun 1575 dan merupakan salah satu universitas riset internasional terkemuka di Eropa. Universitas ini memiliki tujuh fakultas di bidang seni, humaniora dan ilmu pengetahuan, yang tersebar di Leiden dan Den Haag. Universitas ini memiliki lebih dari 6.700 anggota staf dan 29.520 mahasiswa. Moto Universitas ini adalah 'Praesidium Libertatis' - Bastion of Freedom.

 


Biaya kuliah

 

Jumlah biaya kuliah yang harus kamu bayar tergantung pada sejumlah faktor yaitu faktor kewarganegaraan kamu, program studi kamu dan apakah kamu telah memperoleh diploma pendidikan tinggi Belanda.  Kebangsaan mu, program studi dan kualifikasi pendidikan tinggi Belanda kamu sebelumnya menentukan jumlah biaya kuliah yang harus kamu bayar.

 

Ada 2 kategori biaya kuliah:

 

  • Biaya kuliah wajib
  • Biaya kuliah institusional untuk siswa yang bukan warga negara dari negara EEA, Suriname atau Swiss

 

 

 

 

Biaya kuliah wajib

 

Biaya kuliah wajib berlaku jika kamu akan mengikuti program studi yang disubsidi pemerintah, yang bukan merupakan program gelar kedua, dan kamu adalah warga negara dari: Austria, Belgia, Bulgaria, Kroasia, Siprus, Republik Ceko, Denmark, Estonia , Finlandia, Prancis, Jerman, Yunani, Hongaria, Islandia, Irlandia, Italia, Latvia, Liechtenstein, Lithuania, Luksemburg, Malta, Belanda, Norwegia, Polandia, Portugal, Rumania, Slovakia, Slovenia, Spanyol, Suriname, Swedia, Swiss atau Kerajaan Inggris  Biaya kuliah wajib berlaku jika kamu akan belajar penuh waktu atau paruh waktu. Biaya kuliah wajib adalah € 2,083 atau sekitar Rp. 33,501,369 (tahun akademik 2019-2020). Siswa yang mengikuti program Seni dan Sains Liberal di Leiden University College The Hague (LUC) membayar biaya kuliah tambahan institusional sebesar  € 2.335 atau sekitar Rp. 37,558,325 (tahun akademik 2019-2020)

 

 

 

 

 

Biaya kuliah untuk siswa yang bukan warga negara dari negara EEA, Suriname atau Swiss.

 

Fakultas

Biaya Kuliah Tahun 2019-2020

Fakultas Arkeologi

Rp. 173,678,307

Fakultas Sastra

 

Rp. 173,678,307

Fakultas Pemerintahan & Urusan Global

- Biaya kuliah tambahan Leiden University College

 

Rp. 173,678,307
Rp. 37,547,902

Fakultas Hukum

Rp. 173,678,307

Fakultas Ilmu Sosial dan Perilaku

 

Rp. 173,678,307

Fakultas Sains

Rp. 241,207,084

 


Fakultas Kedokteran / Pusat Medis Universitas Leiden - Ilmu Biomedis - Obat-obatan

 



Rp. 241,207,084
Rp. 281,445,561

 

 

Beasiswa

 

Leiden University bekerja sama dengan penyedia beasiswa Indonesia dan Belanda untuk memperluas kesempatan bagi siswa Indonesia untuk belajar di Leiden.

 

 

Visa dan izin tinggal

Kantor Penerimaan Leiden University akan mengajukan permohonan visa (MVV) dan izin tinggal kamu setelah kamu menerima surat penerimaan dari Leiden University. Setelah visa kamu disetujui, kamu dapat mengambil visa di Kedutaan Besar Belanda di Jakarta. Adapun untuk izin tinggal kamu dapat mengurusnya di Departemen Imigrasi setelah kamu tiba di Belanda. Staf dari Program Internasional Leiden University akan memberikan panduan langkah-demi-langkah untuk prosedur aplikasi visa dan izin tinggal.

 

Asuransi

Kamu harus memastikan bahwa kamu terlindungi dengan baik selama kamu tinggal di Belanda.

Menurut peraturan, kamu harus memiliki asuransi kesehatan. Namun, kamu juga dianjurkan untuk memiliki asuransi pertanggungjawaban.

 

Akomodasi

Ketika kamu mengisi aplikasi online ke Leiden University, kamu dapat mendaftar untuk memesan tempat tinggal / apartemen sewaan. Leiden University mengalokasikan akomodasi berdasarkan 'first come first serve'. Semakin awal kamu memesan untuk menyewa tempat tinggal, semakin besar peluang kamu untuk ditawari kamar yang sesuai dengan preferensi kamu. Batas waktu untuk pemesanan tempat tinggal adalah 1 Juni untuk program yang dimulai pada bulan September dan 15 November untuk program yang dimulai pada bulan Februari.

 

 

 

 

Beasiswa Indonesia

 

  • LPDP - untuk mahasiswa Magister dan PhD.

Leiden University bekerja sama dengan LPDP untuk memberikan kesempatan kepada penerima beasiswa LPDP Indonesia untuk belajar di Leiden untuk mendapatkan gelar Magister PhD. Calon mahasiswa pascasarjana harus mengikuti prosedur aplikasi reguler dan menyebutkan bahwa mereka diberikan beasiswa LPDP (atau dalam proses mengajukan permohonan beasiswa LPDP.)

  • Kementerian Agama Indonesia (KEMENAG) - sarjana dari universitas Islam dan Institut Pendidikan Tinggi Islam dapat melamar posisi PhD di Leiden University.
  • Kementerian RISTEKDIKTI menawarkan beasiswa dalam kerja sama erat dengan Leiden University. Pengumuman tentang prosedur untuk 2019 akan dibuat segera oleh Kementrian RISTEKDIKTI.

 

Beasiswa dari pemerintah Belanda / Leiden University

 

  • StuNed - program beasiswa untuk mahasiswa Indonesia yang baru saja lulus & merupakan  profesional muda, yang ingin mengambil bagian dalam program Magister atau kursus singkat di Leiden University atau Universitas Belanda lainnya.

 

  • Beasiswa LExS - adalah program beasiswa dari Leiden University. Nilai beasiswa dalam bentuk keringanan biaya kuliah yang dapat diperoleh tergantung pada penilaian seleksi, serta ketersediaan dana di masing-masing fakultas.

 

  • Beasiswa Leiden Science Indonesia - Fakultas Sains menawarkan beasiswa untuk siswa Indonesia yang memiliki gelar sarjana yang relevan dari salah satu universitas mitra sains Indonesia.

 

  • Beasiswa Erasmus International Credit Mobility selama satu semester di Leiden University Medical Center.

 

 

Baca juga:

PERSIAPAN KULIAH KE BELANDA

DAFTAR LENGKAP JURUSAN KULIAH DI BELANDA

 

 

Sumber:

https://www.universiteitleiden.nl/en/about-us

https://www.universiteitleiden.nl/en/education/admission-and-application/bachelors/tuition-fee

https://www.universiteitleiden.nl/leiden-indonesia/education/scholarships

 

Mencari jurusan

Belanda
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

author image