Informasi penting
Belanda: Pendaftaran Universitas

PERSIAPAN KULIAH KE BELANDA

1204

Kuliah di kampus yang indah dengan mutu pendidikan bertaraf internasional. Pasti ngebayanginnya asyik banget kan? Well, ternyata kenyataan tidak seindah itu. Tapi, itu jika pergi tanpa persiapan. Jika persiapan kamu mantap, tidak perlu khawatir, semuanya akan seindah yang kamu bayangkan.

 

 

 

PERBEDAAN KULIAH DI BELANDA DAN DI INDONESIA

 

1. Bahasa Pengantar

Bahasa pengantar adalah bahasa Inggris, jadi pastikan tingkat kelancaran berbahasa Inggris kamu cukup bagus supaya tidak ada kendala dalam mengikuti perkuliahan. Masalah yang sering dihadapi adalah, walau nilai TOEFL atau IELTS telah memenuhi syarat, tetapi begitu di kelas kuliah tetap saja kagok. Sebenarnya bukan karena tidak bisa, tetapi karena tidak biasa. Selama di Indonesia, walau sudah kursus di tempat yang bagus, lingkungan yang menggunakan bahasa Inggris secara penuh sangatlah terbatas, sehingga wajar jika di minggu-minggu pertama siswa merasa sulit mengikuti pelajaran dan akhirnya panik.

 

 

"Saat pertama kali di kelas kuliah akuntasi, saya tak mengerti sama sekali, semuanya dalam bahasa Inggris. Terus teman-teman sekelas juga pada bukan dari Indo, jadi percuma juga tanya ke mereka. Karena harus bertanya dalam bahasa Inggris." ungkap Nadia Rachma Pratiwi yang saat ini sedang menyelesaikan pendidikan sarjana di Saxion University of Applied Sciences kepada Kompas.com, Rabu (12/10/2016).

 

 

2. Budaya Akademik

Jika sebelumnya kamu di sekolah hanya mendengarkan guru menjelaskan di depan, kemudian mengerjakan latihan dan pulang, kamu pasti akan tidak terbiasa jika kuliah di Belanda. Perkuliahan di sana sangat interaktif. Mahasiswa dituntut untuk mengutarakan pendapat secara terbuka di kelas. Presentasi dan kerja kelompok adalah hal lumrah sewaktu kuliah di Belanda. Jadi bagi yang tidak biasa, pas giliran ditanya mungkin bengong, tidak harus menjawab apa, ditambah lagi keterbatasan dalam bahasa Inggris.

 

"Perkuliahan di Belanda lebih interaktif, berbeda dengan sistem yang biasa ditemui mahasiswa Indonesia. Diskusi dan partisipasi aktif mahasiswa di kelas merupakan hal biasa di Belanda," ucap Reeves, Manajer Penerimaan Mahasiswa di Holland Internasional Study Centre saat dihubungi Kompas.com via e-mail, Selasa (1/11/2016).

 

 

SIAP MENGHADAPI PERKULIAHAN DI BELANDA

 

Perkuliahan di Belanda memang tidak segampang di tanah air, tetapi kerja kerasmu tidak akan berujung sia-sia. Dengan gelar dari universitas di Belanda, prospek kerjamu tentunya lebih terjamin. Selain itu selama kuliah kamu akan terbiasa untuk sigap, disiplin, berpikir kritis, bertanggung jawab dan mempelajari keahlian lainnya. Banyak kelebihan yang bisa kamu peroleh dari pengalaman kuliah di luar negeri.

 

Supaya terhindar dari pengalaman yang tidak menyenangkan sewaktu kuliah di Belanda, kamu bisa mengikuti program foundation. Di program yang berdurasi 9 bulan tersebut, kamu akan dilatih untuk mengikuti perkuliahan di Belanda dengan baik, supaya dapat lulus dengan nilai yang memuaskan dalam waktu yang ditentukan. Kamu juga akan mempelajari ilmu-ilmu dasar sesuai dengan jurusan yang ingin kamu ambil sewaktu kuliah nantinya, dilatih untuk presentasi, mengutarakan pendapat dan menulis laporan dalam bahasa Inggris, belajar tentang kebudayaan Belanda, mulai dari yang umum hingga yang mendetil, seperti berbelanja di supermarket.

 

Dengan program foundation, kamu secara tidak langsung dapat menyesuaikan diri dengan perkuliahan di Belanda, dengan cara yang menyenangkan.

 

Setelah lulus dari program foundation, kamu bisa melanjutkan ke universitas-universitas ternama di Belanda. Beberapa di antaranya adalah:

 

Universitas yang berlokasi di Amsterdam:

 

 

Vrije Universiteit Amsterdam

University of Twente

Hague University of Applied Sciences

Tilburg University

Wittenborg University

Erasmus University Rotterdam 

 

Universitas yang berlokasi di Groningen:

 

 

University of Groningen

Hanze University of Applied Science

 

 

TERSEDIA 2 JENIS PROGRAM FOUNDATION

 

1. International Foundation Year:

·         Business & Management (info lengkap)

·         Science & Engineering (info lengkap)

 

 

2. University of Applied Sciences International Foundation Year:

·         Business & Management (info lengkap)

·         English Language Preparation (info lengkap)

 

 

 

PERSYARATAN MENDAFTAR

 

1. International Foundation Year (untuk melanjutkan ke research university):

Bahasa Inggris: IELTS 5.0 (minimal skor 5 dalam bagian writing, dan tidak ada ada sub-skor di bawah 4.5)

Akademik: Ijazah SMA/SMU 3 dengan nilai minimal 6.5

Telah berumur di atas 17 tahun

 

2. University of Applied Sciences International Foundation Year (untuk melanjutkan ke university of applied sciences):

Bahasa Inggris: IELTS 5.5 (minimal skor 5.5 dalam bagian writing, dan tidak ada ada sub-skor di bawah 5)**

Akademik: Ijazah SMA/SMU

Telah berumur di atas 17 tahun

 

**Pendaftar dengan nilai IELTS 5.0 (minimal skor 5 dalam bagian writing, dan tidak ada ada sub-skor di bawah 4.5), dapat mengikuti kelas English Language Preparation selama satu semester terlebih dahulu. Kelas dimulai di bulan September. Program foundation dimulai di bulan Januari.

 

Info biaya program foundation dan akomodasi bisa dilihat disini.

Pendaftaran dapat dilakukan secara online disini.

 

Catatan:

*95% warga Belanda fasih dalam berbahasa Inggris. Jadi tidak perlu untuk menguasai bahasa Belanda.

*Student Hotel menyediakan fasilitas sepeda gratis.

 

 

*Pastikan kamu telah memesan akomodasi dan membeli asuransi kesehatan sebelum tiba di Belanda. Universitas akan menyediakan info mengenai akomodasi dan asuransi kesehatan.

 

Tertarik untuk kuliah ke Belanda? Supaya kamu bisa memilih program foundation yang tepat, cari dulu program kuliah yang cocok untukmu disini.

 

 

Sumber:

 

 

 

Mencari jurusan

Belanda
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS