Informasi penting
Study abroad: Prospek Karir

10 ALASAN MENGAPA SEMUA PELAJAR PERLU KULIAH DI LUAR NEGERI

10 Alasan Mengapa Semua Pelajar Perlu Kuliah di Luar Negeri

Tahun 2020 lalu memang telah membawa banyak perubahan drastis. Berhubung kita harus banyak berdiam di rumah untuk mencegah penyebaran virus corona, wajar saja jika banyak orang merasa berbagai aspek hidup mereka telah menjadi stagnan. Kalau kamu merasa pandemi Covid-19 telah membuat perjalanan studimu seperti jalan di tempat, ada baiknya kamu mulai mengambil langkah maju dengan merencanakan studi di luar negeri.

 

Pandemi yang kita alami memang membuat perjalan ke luar negeri lebih sulit, namun sebenarnya masih ada banyak alasan untuk merencanakan kuliah ke luar negeri. Belum percaya? Coba baca dulu 10 alasan berikut dari tim Hotcourses Indonesia tentang mengapa kamu perlu sekolah / kuliah di mancanegara.

 

1. Mempersiapkan Diri Untuk Jenis Pekerjaan Baru Di Masa Depan

Alasan kuliah di luar negeri: Mempersiapkan diri untuk pekerjaan baru di masa depan - Hotcourses Indonesia

Tidak bisa disangkal bahwa pandemi saat ini telah mempengaruhi perekonomian dunia. Karena itu, banyak perusahaan kini berlomba-lomba untuk menemukan berbagai solusi agar bisnis mereka bisa kembali berjalan dengan lancar. Pihak pemerintah di berbagai negara juga tengah bergerak untuk menghentikan laju pandemi ini dan memastikan kesiapan untuk menghadapi situasi serupa di masa depan. Hal ini pasti akan memancing timbulnya berbagai inovasi baik dari aspek teknologi atau aspek lainnya.

 

Dengan munculnya inovasi-inovasi baru ini, tentunya akan muncul jenis-jenis pekerjaan baru yang belum pernah ada sebelumnya. Bila kamu kuliah di luar negeri, kamu bisa lebih mendekatkan diri dengan pusat-pusat inovasi dunia dan mempelajari semua keterampilan yang akan dibutuhkan untuk menjalani beragam jenis pekerjaan baru ini di masa mendatang.

 

2. Mendapatkan Pendidikan Berkualitas Tinggi

Alasan kuliah di luar negeri: Mendapatkan pendidikan berkualitas tinggi - Hotcourses Indonesia

Saat merencanakan studi, tujuan utamamu pasti untuk mendapatkan kualitas dan fasilitas pendidikan terbaik. Seringkali pilihan jurusan dan universitas terbaik yang sesuai dengan kriteria ini akan ada di luar negeriContohnya, Inggris, AS dan Australia memiliki sistem pendidikan tinggi yang dikagumi dunia dan sebagian besar universitas-universitas internasional berperingkat tinggi ada di 3 negara ini. Negara-negara tersebut juga memiliki berbagai universitas yang berpengalaman dalam masalah perkuliahan online, jadi kamu tak perlu khawatir jika belum bisa bepergian ke luar negeri untuk mengikuti perkuliahan di kampus.

 

3. Mempelajari Berbagai Perspektif Baru

Alasan kuliah di luar negeri: Mempelajari berbagai perspektif baru - Hotcourses Indonesia

Tiap budaya memiliki caranya tersendiri untuk berinteraksi dengan dunia luas. Jadi belajar di luar negeri bisa memberikanmu kesempatan unik untuk mempelajari berbagai hal melalui perspektif budaya negara tujuanmu. Kamu juga bisa berinteraksi dengan mahasiswa internasional dari negara-negara lain yang pasti memiliki sudut pandang baru yang belum pernah kamu dengar sebelumnya. Semua perspektif baru ini bisa membantumu melakukan evaluasi mandiri mengenai pola pikirmu selama ini dan mengasahnya menjadi lebih baik.

 

4. Memperluas Jejaring Internasional

Alasan kuliah di luar negeri: Memperluas jejaring internasional - Hotcourses Indonesia

Dengan kuliah di luar negeri, kamu secara otomatis menjadi bagian dari komunitas mahasiswa internasional di universitas pilihanmu. Kamu tak perlu khawatir tidak akan memiliki teman, karena ada banyak acara-acara sosial yang bertujuan membantu mahasiswa internasional menjalin pertemanan dan jejaring baru.

 

Walaupun kebanyakan mahasiswa internasional akan kembali ke negara asalnya setelah lulus, mereka biasanya tetap berhubungan dengan teman-teman kuliah untuk seterusnya. Ini berarti kamu bisa mendapatkan berbagai berita terbaru dan peluang karir internasional dari teman-teman kuliahmu di luar negeri.

 

Unduh brosur universitas favoritmu di seluruh dunia

 

5. Menemukan Hobi Baru

Alasan kuliah di luar negeri: Menemukan hobi baru - Hotcourses Indonesia

Kalau kamu masih ragu kuliah di luar negeri, kamu harus tahu bahwa belajar di negara lain bisa juga membantumu menemukan aktivitas atau hobi baru yang mungkin tidak ada di Indonesia. Bisa jadi kamu sebenarnya punya bakat terpendam di aktivitas snowboarding, quidditch, atau jenis-jenis olahraga lainnya yang belum bisa dilakukan di Indonesia. 

 

6. Mengembangkan Penguasaan Bahasa Asing

Alasan kuliah di luar negeri: Mengembangkan penguasaan bahasa asing - Hotcourses Indonesia

Penguasaan bahasa asing adalah salah satu keterampilan yang banyak dicari pemberi kerja. Dengan kuliah di luar negeri, kamu berkesempatan mengembangkan pemahamanmu mengenai bahasa negara tujuanmu.

 

Kamu mungkin sudah pernah mengambil kursus bahasa asing di Indonesia, tapi kuliah di negara asal bahasa tersebut akan membantumu mendalami bahasa itu dengan lebih menyeluruh. Beragam universitas internasional bahkan memiliki program bahasa khusus untuk membantu mahasiswa internasional menguasai bahasa setempat sebelum mereka memulai perkuliahan.

 

7. Meningkatkan Adaptabilitas

Alasan kuliah di luar negeri: Meningkatkan adaptabilitas - Hotcourses Indonesia

Dengan berjalannya program vaksin Covid-19, banyak universitas luar negeri kini tengah bersiap menyambut kembali mahasiswa internasional di kampus. Namun kemungkinan besar kamu harus menjalani kuliah online di Indonesia pada tahap awal. Setelah kondisi lebih memungkinkan, kamu bisa menjalani kuliah langsung di kampus universitas internasional pilihanmu.

 

Ini berarti bahwa kuliah di luar negeri akan membawamu melalui berbagai pergeseran lokasi dan metode pembelajaran. Pergeseran seperti ini akan menempamu untuk bisa menangani berbagai jenis situasi demi meraih tujuanmu dengan sukses. Hasilnya, lingkup pemikiranmu akan lebih terbuka sehingga kamu bisa mendekati permasalahan dengan lebih baik dan beradaptasi ke situasi baru dengan lebih mudah.

 

8. Memperlancar Perjalanan Studi

Alasan kuliah di luar negeri: Memperlancar perjalanan studi - Hotcourses Indonesia

Kalau kamu berencana untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi, sekolah di luar negeri bisa membuat rencanamu lebih lancar. Staf penerimaan mahasiswa pascasarjana di berbagai universitas internasional biasanya memberi nilai tambah bagi para pendaftar yang pernah sekolah di luar negara asalnya. Dalam sudut pandang mereka, pelajar atau mahasiswa yang pernah belajar di luar negeri biasanya sangat menghargai keberagaman dan tidak takut menghadapi tantangan atau situasi yang sulit.

 

Jadi kalau kamu berencana mendaftar ke program studi yang cukup kompetitif, seperti program MBA, pengalaman sekolah di luar negeri pasti bisa membuatmu lebih menonjol dibanding para pendaftar lainnya. 

 

9. Meraih Pengalaman Kerja Di Mancanegara

Alasan kuliah di luar negeri: Meraih pengalaman kerja di mancanegara - Hotcourses Indonesia

Bekerja di luar negeri adalah hal yang tak hanya memperkaya CV / resume saja, namun juga memberikanmu pengalaman yang berharga. Kuliah di luar negeri bisa membuka kesempatan ini untukmu. Banyak negara memiliki visa kerja pasca-studi yang khusus diberikan untuk mahasiswa internasional yang kuliah di negara tersebut.

 

Memang banyak universitas luar negeri kini mewajibkan para mahasiswa internasional baru untuk kuliah online di negara asal mereka, namun ada berbagai keringanan kebijakan agar para mahasiswa tersebut tetap bisa memenuhi syarat visa kerja pasca-studi. Contohnya adalah Inggris yang tetap memberikan visa ini bagi mahasiswa internasional tingkat S2 yang kuliah online dengan syarat semester terakhir harus dijalani langsung di kampus.

 

10. Kesempatan Mendapatkan Status Permanent Resident Di Luar Negeri

Alasan kuliah di luar negeri: Kesempatan mendapatkan status permanent resident di luar negeri - Hotcourses Indonesia

Negara-negara maju kini mengalami kekurangan tenaga kerja di industri-industri penting karena pandemi Covid-19. Maka itu, banyak negara asing kini berusaha untuk menarik tenaga kerja terdidik dan terlatih dari negara-negara lain untuk mengisi kekosongan ini. Dengan kuliah di negara-negara tersebut, kamu akan mendapatkan prioritas utama saat melamar pekerjaan di berbagai industri esensial. Setelah bekerja beberapa tahun, kamu juga bisa mengajukan status permanent resident.

 

Salah satu negara yang memiliki kebijakan seperti ini adalah Kanada. Setelah lulus, mahasiswa internasional di Kanada bisa mendapatkan PGWP (Post-Graduation Work Permit) yang berlaku hingga 3 tahun. Untuk menanggapi pandemi Covid-19, Pemerintah Kanada juga telah mengeluarkan kebijakan perpanjangan PGWP agar para mahasiswa internasional yang telah lulus bisa memasuki industri-industri yang kekurangan tenaga kerja. Setelah mendapatkan pengalaman kerja yang cukup, mereka bisa mengajukan status permanent resident

 

Kalau kamu sudah yakin mau kuliah di luar negeri, langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah mengikuti panduan kami mengenai cara-cara meriset pilihan tempat kuliah di luar negeri pada masa pandemi. Coba juga alat Pencari Jurusan kami yang bisa menemukan jurusan kuliah dan universitas terbaik berdasarkan kriteria pribadimu.

 

Mau tanya-tanya soal kuliah di luar negeri? Langsung saja daftar untuk konsultasi GRATIS dengan konselor IDP Education yang selalu siap membantumu untuk mendaftar dan kuliah di berbagai universitas terbaik di mancanegara.

 

Daftar sekarang untuk konsultasi gratis!

 

BACA JUGA:

 

Sumber:

kaplanpathways.com

umass.edu

euruni.edu

gooverseas.com

Wajib dibaca

article Img

5 ALASAN MENGAPA MAHASISWA INTERNASIONAL LEBIH DIGEMARI PERUSAHAAN

Mahasiswa internasional memiliki kelebihan yang tidak dimiliki mahasiswa lokal, dan ini bisa menjadikan Anda yang berkuliah di luar negeri memiliki keunggulan tersendiri. Apa yang membuat mahasiswa internasional terlihat lebih menarik?   Menyukai Tantangan Memutuskan untuk kuliah ke luar negeri, jauh dari keluarga dan teman, di tempat asing dengan kebudayaan dan bahasa yang berbeda menunjukkan bahwa Anda tidak masalah menghadapi tantangan.

9.2K
article Img

Cara terbaik untuk meningkatkan prospek kerja Anda selama di Universitas

Pendidikan tinggi adalah sebuah pengalaman yang unik. Baik bila Anda kuliah di universitas ataupun college, ini adalah waktu untuk memulai merancang masa depan Anda Mulailah memikirkan sejak awal apa yang perusahaan butuhkan dari calon karyawan mereka supaya Anda bisa mempersiapkan diri lebih baik untuk mendapatkan pekerjaan.   Pilih tempat yang tepat untuk belajar Jika Anda belum memutuskan jurusan ataupun universitas yang Anda

8.9K