Informasi penting
Korea Selatan: Before you leave

INGIN KULIAH DI KOREA SELATAN? BERIKUT TIPS YANG HARUS DICATAT

share image
158

Korea Selatan adalah negara yang dinamis & tempat luar biasa untuk menambah ilmu pengetahuan. Di sana kamu dapat melakukan banyak hal sebanyak yang kamu bisa. Berikut adalah tips & tricks yang akan kami berikan kepada kamu yang akan berkuliah di Korea Selatan.

 

 

Tidak Perlu Banyak Berkemas!

 

Buatlah daftar dan rencanakan apa yang akan kamu bawa sebelum kamu berangkat. Jangan  berkemas berlebihan atau kamu akan berakhir dengan terlalu banyak barang dan membayar bagasi tambahan saat kembali ke rumah. Bahkan jika kamu tidak berencana membeli banyak barang di luar negeri, kamu akan mengumpulkan barang-barang sepanjang semester dan pada akhirnya bertanya-tanya bagaimana kamu mendapatkan begitu banyak barang baru. Yang terpenting, cari tahu seperti apa cuaca di Korea Selatan dan kemaslah barang-barangmu sesuai kebutuhan. Jangan lupa kemasi sepatu yang nyaman karena di Korea Selatan, kamu akan lebih sering berjalan dan menggunakan kereta bawah tanah untuk ke mana-mana.

 

 

 

 

Pelajari Bahasa Korea

 

Mempelajari Bahasa Korea sebelum kamu belajar disana dapat membuat pengalaman kamu lebih baik. Jika kamu punya waktu luang, sempatkanlah untuk mempelajari bahasa korea sedikit demi sedikit. Jika kamu sudah bisa dasar-dasar Bahasa Korea, setidaknya kamu akan lebih mudah untuk memesan makanan atau minuman dan kamu akan merasa sangat puas! Kabar baiknya, banyak universitas yang memiliki program untuk mengelompokkan siswa internasional dengan siswa lokal. Salah satunya Korea University yang memiliki program yang disebut Korea University Buddy Assistants (KUBA) di mana setiap siswa asli Korea dipasangkan dengan beberapa siswa internasional untuk menjadi teman selama semester. Banyak siswa pada akhirnya bersahabat dan tetap berhubungan bahkan setelah semester dan program selesai. Siswa lokal akan membantu kamu dalam hal apapun termasuk berlatih bahasa Korea.

 

 

 

Keluarlah Dari Zona Nyaman Kamu

 

Ketika kamu berada di tempat baru dan bahkan mungkin tidak tahu satu orang pun di sana, saatnya untuk keluar dari zona nyaman yang biasa kamu jalani dan cobalah hal baru! Akan ada banyak hal yang harus dilakukan. Meskipun kamu tidak harus melakukan setiap kegiatan yang muncul, namun kamu tidak harus bersembunyi di asrama kamu. Negara baru memiliki budaya yang berbeda dari apa yang biasa kamu lihat dan itu adalah waktu yang tepat untuk menjalani gaya hidup yang berbeda dan belajar tidak hanya tentang budaya baru, tetapi kamu dapat belajar banyak tentang diri kamu sendiri. Mungkin kamu akan mengambil keterampilan baru atau menemukan hobi baru yang kamu sukai. Tentu ada saat  di mana kamu mungkin akan merasa lelah, malas, bosan atau tidak terlalu tertarik pada sesuatu. Tapi doronglah diri kamu untuk tetap bersemangat untuk megetahui hal-hal yang baru.

 

 

 

Makan Bersama Teman atau Rekan

 

Kamu mungkin berpikir, "Apakah tips ini benar-benar berguna?". Sering kali, restoran di Korea mengharuskan kamu setidaknya memesan dua porsi. Aturan ini lebih diterapkan pada restoran barbeque. Ini akan terjadi pada kamu ketika kamu sendirian dan merasa ingin barbeque. Jadi, jika kamu tidak ingin rugi, ajaklah teman kamu untuk makan bersama.

 

 

 

Bergabunglah dengan Setiap Field Trips untuk Mahasiswa Internasional

 

Sebagian besar universitas yang memiliki banyak siswa internasional akan menyediakan beberapa bentuk kegiatan. Field Trips adalah salah satunya. Perjalanan ini tidak hanya baik untuk berteman dengan sesama siswa internasional tetapi juga bermanfaat untuk menjelajahi tempat-tempat baru dan melakukan kegiatan yang kamu bahkan tidak berpikir untuk melakukannya selama berada di luar negeri. Jika kampus kamu menyediakan kegiatan field trips maka bergabunglah dengan mereka!

 

 

 

Kesadaran Budaya

 

Tips ini sangat penting untuk diketahui bagi kamu yang berkuliah di Korea. Sebagai orang asing di negara lain, adalah kepentingan terbaik untuk memiliki kesadaran budaya, dan untuk menghormati norma-norma sosial lokal mereka. Tujuan belajar di luar negeri atau mengunjungi negara lain adalah untuk belajar dan mengetahui cara baru dalam melakukan sesuatu yang mungkin berbeda dari sudut pandang kamu di negara kamu sendiri. Ini juga akan membantu mencegah tindakan yang dapat menyinggung orang lain. Salah satu hal kecil dari budaya korea adalah orang tidak akan duduk (kecuali diperlukan) di kursi prioritas terlepas dari apakah kereta bawah tanah tidak penuh. Jadi silahkan lakukan riset tentang budaya Korea agar kamu bias meghargai perbedaan yang ada.

 

 

 

 

Jangan Abaikan Studi Kamu

 

Saat berada di luar negeri dan mengalami hal-hal baru dengan teman-teman baru, kamu akan bersenang-senang, namun kamu tidak boleh mengabaikan studi kamu. Akan sangat mengerikan jika kelulusan mu tertunda atau bantuan keuangan dihapus karena kamu terlalu banyak bersenang-senang dan mengabaikan  studi kamu. Jika kamu berencana dengan baik dan belajar keras, kamu akan selalu punya waktu untuk bersenang-senang dan menjelajahi kota. Karena Korea Selatan khususnya Seoul sangat terhubung dengan sistem kereta bawah tanah, kamu dapat pergi ke banyak tempat dalam waktu singkat sehingga tidak perlu khawatir tentang memperhitungkan waktu perjalanan yang luas. Kuncinya adalah memanfaatkan waktu kamu dengan baik dan memastikan kamu memiliki prioritas. Di Korea, siswa mengambil studi mereka dengan sangat serius dan belajar keras. Mereka juga menyediakan banyak waktu untuk bersenang-senang, maka tidak heran jika gaya hidup di Korea Selatan adalah “work hard, play hard”.

 

 

Baca juga:

PROGRAM STUDI DI 2 UNIVERSITAS KOREA INI MASUK DALAM 20 BESAR TERBAIK DUNIA

5 PILIHAN KARIR POPULER UNTUK LULUSAN BAHASA & SASTRA KOREA

WAJIB KUNJUNGI 8 LOKASI SYUTING DRAMA KOREA INI SAAT BERKULIAH DI KOREA SELATAN

 

Sumber:

https://teanabroad.org/blog/study-abroad-south-korea-tips/
https://gilmanprogram.wordpress.com/2017/02/24/10-study-abroad-tips-south-korea/
https://korcan50years.com/2018/04/03/10-tips-when-studying-abroad-in-seoul/

Mencari jurusan

Korea Selatan
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

author image