Informasi penting
Korea Selatan: Before you leave

PILIHAN AKOMODASI SAAT KULIAH DI KOREA SELATAN

share image

Setelah memutuskan untuk belajar di Korea, hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah memutuskan sekolah dan akomodasi. Saat memutuskan sekolah, ketersediaan asrama harus dipertimbangkan. Ketika tidak tersedia, rumah kos atau menyewa kamar juga bisa menjadi pilihan.

 

 

Seoul baru-baru ini dinobatkan sebagai kota termahal ke-8 di dunia. Dengan biaya yang meroket, sulit membayangkan belajar di sini sebagai seorang siswa. Namun begitu, magnet Seoul untuk para pelajar Internasional tepat besar. Jika Seoul adalah tujuanmu, simak pilihan-pilihan akomodasi selama belajar di Seoul berikut:

 

Goshiwons

 

Goshiwons llebih tepatnya seperti asrama di luar kampus. Sering disebut goshitels, gohsiwons adalah bangunan yang biasanya terletak di sekitar universitas. Mereka memiliki banyak kamar, dapur bersama, dan lobi bersama.

 

 

Goshiwons bisa dikatakan akomodasi termurah yang tersedia di Korea. Goshiwon Seoul biasanya dimulai sekitar $ 250 per bulan. 

 

Hasuk Jib

 

Saat mencari Goshiwons, kamu juga dapat menemukan istilah ‘Hasuk Jib’ (하숙집). Meskipun jarang, mereka adalah opsi akomodasi yang bisa kamu pilih (jika menemukannya). Hasuk jib mirip dengan goshiwon karena mereka kecil, dan memiliki fasilitas bersama.

 

 

Perbedaan antara hasuk jib dan goshiwon adalah hasuk jib menawarkan makanan yang termasuk dalam pembayaran sewa. Ini biasanya berarti kamu akan mendapatkan dua kali makan gratis per hari. 

 

 

Kelebihan dan kekurangan

 

Goshiwons bagus karena murah dan mudah dikelola. Ini karena mereka memiliki fasilitas internet, dan air yang sudah termasuk dalam biaya sewa. Goshiwons juga sangat mudah untuk masuk dan keluar. 

 

Selanjutnya, goshiwons dilengkapi perabotan dan biasanya akan berisi furnitur seperti tempat tidur, meja, dan rak. Kadang-kadang mereka juga akan datang dengan kulkas, tetapi ini tergantung pada goshiwon tertentu.

 

 

Kelemahan terbesar adalah bahwa goshiwons biasanya memiliki aturan ketat. Aturan seperti tidak boleh ada tamu, tidak boleh berisik, dan tidak mengizinkan makanan di kamar. Semuanya tergantung pada goshiwon tertentu, tetapi, umumnya, mereka akan memiliki banyak aturan untuk memastikan kenyamanan semua orang di gedung.

 

Harga

 

Harga dan kemudahan goshiwons menjadikannya salah satu tipe akomodasi siswa terbaik di Korea. Secara umum, goshiwons dapat ditemukan sekitar 300.000-500.000KRW per bulan. Bagian terbaiknya adalah Kamu sering tidak perlu mengelola utilitas apa pun, dan biasanya sudah termasuk dalam biaya.

 

 

Baca juga:

PROGRAM STUDI DI 2 UNIVERSITAS KOREA INI MASUK DALAM 20 BESAR TERBAIK DUNIA

TOPIK – PELUANG UNTUK MENDAPATKAN BEASISWA KOREA

TIPS BELAJAR BAHASA KOREA YANG WAJIB DIKETAHUI