Informasi penting
Korea Selatan: Keuangan

Biaya hidup Mahasiswa Internasional di Korea Selatan

25583

Berapa ya biaya hidup di Korea Selatan? Langsung baca panduan di bawah ini yuk! Kisaran kurs terbaru adalah 1 won = 11,98 rupiah (per 2 April 2017).

 

MAKAN

Makan di restoran adalah sekitar 6,000 – 12,000 won per menu. Jika kamu hobi ngafe, maka kamu perlu membayar 5,000 won untuk secangkir kopi.

 

Makanan di warung tidak kalah enak dengan di restoran atau kafe. Kisaran harganya adalah sebagai berikut:

  • Kimbab/ nasi gulung 1,800 won
  • Bulgogi lengkap dengan nasi dan side dish 5,000 won, kalau lebih banyak dagingnya 7,000 won
  • Bibimbap dengan 5 side dishes 5,500 won
  • Ramen/mie  dengan 2 side dishes 4,000 won
  • Nasi/mie goreng 3,000 won

 

Jika kamu adalah penggemar drama Korea tentu sudah tidak asing dengan street food. Kalo di Indonesia ya seperti pasar malam. Myeongdong dan Insadong adalah streetfood yang terkenal. Rata-rata jajanan di situ adalah 3,000 won.

 

 

 

 

Memasak sendiri 2,500 hingga 5,000 won untuk sekali makan. Jika sarapan kamu terbiasa makan roti, maka akan lebih murah lagi. Sekitar 1,000 won bisa untuk sarapan.

 

TIPS:

Jika memungkinkan, kamu bisa bawa indomie atau tolak angin dari Indonesia. Karena di Korea harganya mahal. Sebungkus indomie sekitar 600 won (atau Rp. 7170) dan tolak angin 1 kotak 12,000 won (Rp. 143,400).

 

 

 

 

TEMPAT TINGGAL

 

 

Asrama biasanya akan menyediakan makan pagi dan makan malam. Biaya sewa asrama sudah termasuk biaya listrik, air dll. Jika tinggal di luar asrama kisaran biaya listrik dan air sekitar 130,000 – 150,000 won per bulan. Biaya listrik di musim dingin akan lebih mahal karena penggunaan pemanas air dan penghangat ruangan.

 

Untuk tempat tinggal mahasiswa ada beberapa jenis:

 

1. Gisuksa

Pada umumnya mahasiswa internasional di Korea Selatan memilih untuk tinggal di Gisuksa, atau asrama dalam kampus. Dengan demikian kamu bisa menghemat transportasi ke kampus dan selalu dekat dengan fasilitas kampus. Hal ini sangat praktis untuk membantumu belajar.

 

Beberapa jenis kamar yang ditawarkan: kamar 2 orang, 4 orang dan 6 orang. Ada kamar tidur yang memiliki kamar mandi di dalam, dan ada yang tidak. Di dalam kamar terdapat: kasur, lemari, meja belajar, kursi dan kulkas kecil.

 

Fasilitas di gedung asrama: gymnasium, ruang laundry, cafe, mini mart, dapur bersama.

 

Harga: 400,000 – 1,500,000 won per semester (3 bulan).

 

 

 

2. Goshiwon

Goshiwon ini seperti kos-kostan di Indonesia. Goshiwon terletak di gedung bertingkat, dan lantai dipisah berdasarkan pria dan wanita. Kamar Goshiwon sangat kecil jika dibandingkan dengan gisuksa, sekitar 2 x 3 meter, jadi pas untuk ranjang dan meja belajar. Ada kamar yang menyediakan kamar mandi dan ada juga yang tidak. Kelengkapan fasilitas juga berbeda. Tidak semua goshiwon menyediakan kulkas kecil dan TV.

 

Akan tetapi, semua goshiwon menyediakan fasilitas dapur bersama. Di dapur tersedia air di dispenser, telur, ramyun, kimchi dan nasi gratis. Mahasiswa diijinkan untuk memasak.

 

Harga sewa:
150,000 – 280,000 won/bulan, tanpa kamar mandi di kamar.
300,000 – 600,000 won/bulan, lebih luas dan tersedia kamar mandi di kamar.

 

 

 

3. One Room/ Office-tel

One room ini sistemnya mirip dengan goshiwon, tetapi fasilitas di dalam kamar lebih lengkap: kasur, meja, lemari, kamar mandi, hingga mesin cuci dan dapur.

 

 

 

Office-tel itu seperti apartemen. Lebih lega dan bagus daripada one room. Sistem securitynya juga lebih aman.

 

 

One Room dan Office-tel dapat ditempati untuk 2 orang. Jadi kamu bisa share sama teman. Ukuran dan variasi kamar berbeda-beda. Untuk tinggal di one room dan office-tel perlu membayar deposit senilai 5,000,000 won. Deposit harus dilunasi sebelum menandatangani kontrak. Deposit ini akan dikembalikan setelah kontrak sewa berakhir. Semakin tinggi deposit semakin murah biaya sewa per bulan. Biaya sewa tidak termasuk biaya air, listrik, gas, dll.

 

Harga sewa: 400,000 – 1,000,000 won/bulan

 

 

4. Apartmen

Berbeda dengan di Indonesia,  sewa apartemen ternyata lebih murah daripada menyewa rumah. Mahasiswa senior yang sudah tidak tinggal di asrama kampus biasanya memilih untuk tinggal di apartmen/ apateu karena lebih murah.

 

Sama seperti One Room dan Office-tel, untuk menandatangani kontrak sewa apartemen harus membayar deposit senilai 5,000,000 won. Deposit harus dilunasi sebelum menandatangani kontrak. Deposit ini akan dikembalikan setelah kontrak sewa berakhir.

 

Sebelum tanda tangan kontrak, pastikan kamu sudah mengetahui fasilitas apa saja yang telah tersedia, dan apakah biaya sewa termasuk biaya listrik, air, dll. Pada umumnya, kasur, meja, lemari dan kompor gas sudah tersedia. Ada juga pemilik apartemen yang menyediakan mesin cuci dan kulkas. Di ruangan apartemen biasanya terdapat kamar tidur, kamar mandi, ruang tengah dan dapur.

 

Harga sewa per bulan adalah sekitar 150,000 won.

 

 

 

5. Hasukjib

Hasukjib itu seperti homestay, jadi tinggal bersama keluarga Korea dan mahasiswa-mahasiswa lainnya yang juga homestay disitu. Jika kamu ingin merasakan kehidupan keluarga Korea yang sesungguhnya, kamu bisa mempertimbangkan pilihan ini. Setiap pagi dan malam, Ahjumma (pemilik hasukjib) akan menyediakan makanan dan makan bersama. Tinggal di Hasukjib juga merupakan kesempatan yang bagus untuk melatih percakapan Korea kamu.

 

Harga: 400,000 won/bulan

 

 

 

6. Rumah/ Jutaek

Untuk menyewa rumah juga dibutuhkan deposit (antara 3 hingga 5 juta won). Harga sewa rumah dengan 2 kamar adalah sekitar 250,000 won/bulan, belum termasuk biaya listrik, air, gas, dll.

 

 

 

TRANSPORTASI

 

 

BIS

Di Korea bis disebut dengan ‘boseu’. Terdapat 3 jenis bis:

 

1. Bis reguler (warna biru dan hijau). Tarif sekali jalan adalah 1,300 won dengan uang tunai, dan jika menggunakan kartu 1,200 won.

 

2. Bis ekspress. Sesuai namanya, bis yang biasanya berwarna merah ini lebih cepat karena tidak banyak berhenti. Tarif sekali naik adalah 2,400 dengan uang tunai, dan 2,300 jika menggunakan kartu transport.

 

3. Village bus. Bis ini lebih kecil dari bis reguler, tetapi mengantarkan penumpang sampai ke pelosok, misalnya sampai ke desa atau ke perumahan. Tarifnya adalah 1,000 won dengan uang tunai, dan 900 dengan kartu.

 

Di Korea tersedia banyak kartu transportasi, misalnya  Seoul City Pass, Cash Bee, T-Money atau M-Pass. Tidak rugi beli kartu ini karena setiap naik kendaraan umum, kamu bisa hemat 100 won, dan kamu tidak perlu repot-repot nyediain uang pas. Saldo kartu bisa diisi di mesin tiket yang banyak ditemukan di stasiun. Dan saldo tersebut juga bisa kamu gunakan untuk belanja di supermarket. Praktis sekali kan?

 

SUBWAY

Subway juga sangat umum digunakan di Korea, terutama untuk turis, karena di dalamnya ada petunjuk dalam bahasa Inggris, Mandarin dan Jepang.  Petanya juga gampang dan jelas. Kamu bisa ambil selebaran, atau lihat di applikasi HP.

 

Untuk naik subway perlu kartu transport, atau bisa juga beli tiket sekali jalan di mesin kartu di stasiun. Tentunya akan jauh lebih praktis dengan menggunakan kartu transport. Tarif sekali naik subway adalah mulai dari 1,250 won.

 

TAKSI

Tarif awal taksi adalah 3,000 won. Taksi dapat dipanggil via telpon, atau applikasi HP seperti Naver Taxi atau Kakao Taxi. Enaknya taksi di Korea, kamu juga bisa bayar dengan saldo di kartu transport atau kartu kredit.

 

 

 

HIBURAN DAN BELANJA

 

NONTON DI BIOSKOP

 

 

CG CJV, Lotte Cinema dan Megabox adalah jaringan bioskop terbesar di Korea. Tiket untuk nonton fil 2D adalah 9,000-10,000 won. Untuk film 3D, 4D dan imax adalah 15,000-20,000 won. Nonton tentunya kurang seru tanpa ditemanin cemilan bukan? Harga popcorn regular adalah 4,000 won.

 

TIPS HEMAT: Bioskop di Korea buka mulai jam 7 pagi. Film pagi yang diputar sebelum jam 11 pagi lebih murah, hanya 6,000 won.

 

 

BELANJA MURAH

 

 

Tempat belanja murah di Korea adalah Go To Mall. Walau murah, lokasinya cukup nyaman. Dan sangat strategis lokasinya. Selengkapnya bisa dibaca disini.

 

 

HP DAN PAKET DATA

Kisaran tarif HP dan paket data adalah sebagai berikut:

 

 

Untuk menghemat data, kamu bisa menggunakan kakao talk untuk menelpon dengan keluarga dan teman di Korea dan di Indonesia. Selain itu juga bisa pakai WA, skype dan aplikasi lainnya.

 

 

ASURANSI KESEHATAN

Asuransi kesehatan wajib 30,000 – 50,000 won per tahun. Setiap universitas menyediakan fasilitas kesehatan gratis bagi mahasiswa. Universitas negeri bahkan memberikan pemeriksaan kesehatan gratis setiap tahun.

 

 

TIPS TAMBAHAN:

 

 

Jika perlu, kamu bisa narik uang di ATM berlogo ‘global’ di Korea dengan menggunakan kartu ATM. Tarif pertukaran sesuai dengan tarif mata uang bank tersebut.

 

Informasi di atas bisa membantu kamu mengkalkulasikan biaya hidup per bulan. Jika kamu tinggal di asrama kampus atau dekat dengan kampus, kamu bisa menghemat biaya transportasi dan makan (jika asrama juga termasuk paket makan). 

 

Sumber:

 

 

Mencari jurusan

Korea Selatan
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS