Informasi penting
Korea Selatan: Kehidupan Pelajar

KULIAH DI KOREA: 5 TIPS HIDUP HEMAT DI KOREA SEMASA KULIAH

share image
311

Anyeonghaseo! Apakah kamu salah satu dari banyak siswa yang ingin melanjutkan pendidikan di Korea? Jika iya, maka kamu tidak boleh melewatkan untuk membaca artikel ini. Ketika keinginan melanjutkan pendidikan ke Korea itu ada datang, kamu harus memikirkan tentang bagaimana membiayai hidup kamu disana. 

 

 

Salah satu faktor paling penting untuk dipertimbangkan ketika kuliah di Korea adalah keterjangkauan. Oleh karena itu, pada artikel ini kami telah mengumpulkan lima tips untuk hidup hemat di Korea semasa kuliah.

 

Akomodasi

Ada beberapa pilihan tempat tinggal yang dapat kamu pertimbangkan jika kamu kuliah di Korea dan ingin hidup hemat. Bagi siswa internasional, pilihan yang paling populer dan terjangkau adalah tinggal di asrama sekolah atau Goshiwons. Goshiwons adalah kamar yang sebagian besar diperuntukkan bagi siswa dan biasanya terletak di dekat universitas dan terdiri dari tempat tidur, meja, lemari, kulkas mini, dan beberapa rak. 

 

 

Kamu juga dapat memilih antara kamar yang disertai dengan kamar mandi pribadi atau tidak. Biasanya akan dikenakan biaya sekitar 260.000 KRW - 500.000 KRW (IDR 3,215,940 - 6,184,500), tergantung pada berbagai faktor seperti lokasi, fasilitas, dan fitur ruangan.

 

Makanan

Korea terkenal dengan kulinernya yang beragam. Kamu bisa mendapatkan makanan hampir di mana saja dan kapan saja. Camilan kecil tapi mengenyangkan seperti Kimbap, harganya hanya 1500-2000KRW (IDR 18,553-24,738). Makanan sederhana seperti bibimbap akan dikenakan biaya 5.000-7000KRW (IDR 61,845-86,583). Bahan makanan di Korea untuk sehari-hari juga cukup terjangkau. 

 

 

Tips yang bisa membantu kamu untuk mendapatkan makanan dan minuman yang lebih murah adalah makanlah di dekat universitas kamu atau di kafetaria kampus kamu, karena makanan di area universitas biasanya lezat dan juga harganya bersahabat dengan siswa.

 

Hiduplah Seperti Orang Lokal.

Sebagai siswa internasional, janganlah menghabiskan uang seperti turis yang makan malam di kota setiap malam. Belanjalah  di pasar lokal dan masaklah di rumah. Selain berhemat, ini juga dapat membantu kamu bertemu orang-orang baru, mempelajari resep-resep baru, dan menjelajahi daerah-daerah & kota yang mungkin belum kamu kunjungi. Sedangkan dalam hal transportasi, untuk sebagian besar lokal, transportasi umum adalah sarana  termurah untuk bepergian. Pelajari kebiasaan-kebiasaan lokal dan kamu pasti dapat menghemat uang. 

 

 

 

Hiburan

Menghemat uang tidak berarti harus mengorbankan kesenangan. Adalah hal yang penting untuk keluar dan bertemu orang-orang yang baru. Jika kamu seorang penggemar film, kamu dapat memanfaatkan diskon matini, yang biasanya ada untuk pemutaran film pertama setiap harinya sebelum jam 11 pagi. CGV Cinecity di Cheongdam-dong juga mengadakan "Lady's Time" dari Senin hingga Jumat di mana perempuan dapat membeli tiket untuk film yang diputar sebelum pukul 16:00 dengan  biaya setengah harga. Semua orang termasuk siswa internasional bisa memanfaatkan diskon 50% di CGV Cinecity di Cheongdam-dong yang jatuh pada tanggal 11 setiap bulan. Sekali lagi, jangan pernah lewatkan kesempatan emas yang dapat membantu hidup hemat sekaligus menikmati hidup.

 

 

Manfaatkan Identitas Kamu Sebagai Siswa

Kebanyakan siswa internasional diharuskan untuk membeli Kartu  Identitas Mahasiswa Internasional. Kartu Identitas Mahasiswa Internasional ini memberikan diskon kepada siswa untuk transportasi, museum, hostel, buku, dll. Jangan takut untuk bertanya kepada siswa lokal di mana mereka biasanya bergaul atau nongkrong dan tanyakan juga penawaran seperti apa yang mereka manfaatkan sebagai siswa.

 

 

Baca juga:

3 JENIS BEASISWA PENUH KOREA SELATAN S1, S2 DAN PHD

WAJIB KUNJUNGI 8 LOKASI SYUTING DRAMA KOREA INI SAAT BERKULIAH DI KOREA SELATAN

BERIKUT DAFTAR KEBUDAYAAN SEHARI-HARI KOREA SELATAN YANG SEBAIKNYA KAMU TAHU

 

 

Sumber:

https://flyingchalks.com/en/travelogue/188/all-you-need-to-know-guide-to-studying-in-korea-chapter-23-cost-of-living-edition

https://www.goabroad.com/articles/study-abroad/7-ways-to-study-abroad-for-cheap

Mencari jurusan

Korea Selatan
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

author image