Informasi penting
Korea Selatan: Info Negara Tujuan

BERIKUT DAFTAR KEBUDAYAAN SEHARI-HARI KOREA SELATAN YANG SEBAIKNYA KAMU TAHU

share image
3319

Dunia entertainment bukanlah satu-satunya industri yang maju di Korea Selatan. Negara ginseng ini juga dikenal sebagai negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. Setiap tahunnya, banyak pelajar dari seluruh dunia memutuskan untuk  melanjutkan pendidikan mereka di sana. Namun sebelum kamu melanjutkan pendidikan di Negeri ginseng ini, baiknya kamu tahu dulu budaya Korea Selatan, artikel ini akan membantu kamu memahami budaya Korea Selatan, memahami karakteristik orang-orang di Korea Selatan pada umumnya, meningkatkan komunikasi, dan memulai hubungan dengan awal yang tepat.

 

 

BAHASA DI KOREA SELATAN

Orang Korea berbagi satu bahasa, dengan sekitar tujuh puluh juta orang di seluruh dunia berbicara bahasa Korea. Struktur bahasa, tata bahasa dan kosa kata mirip dengan bahasa Jepang. Dialek bersifat regional, berbeda terutama dalam aksen, tetapi sangat mirip sehingga pemahaman untuk pembicara atau pendengar tidak menjadi masalah. Perbedaan utama dalam dialek juga dikaitkan dengan status sosial. Korea memiliki salah satu tingkat sadar huruf tertinggi di dunia karena sifat fonetis dari bahasa tertulis yang diciptakan pada pertengahan abad ke-15 untuk memberikan satu bahasa kepada orang Korea.

 

Salam & Cara Menyapa

Membungkuk adalah cara tradisional untuk menyapa di Korea Selatan. Jabat tangan sering dilakukan oleh pria. Tangan kiri kamu harus menopang lengan kanan mu saat berjabat tangan. Sementara untuk wanita Korea tidak selalu berjabat tangan namun sering membungkuk.

 

Gaya komunikasi

Komunikasi dapat menjadi rumit di Korea Selatan karena mereka tidak suka mengatakan 'tidak'. Mengatakan “tidak” dianggap etiket yang buruk. Menolaklah dengan cara yang halus. Postur tubuh yang baik dan bahasa tubuh yang positif sangat bermanfaat dalam komunikasi. Kesabaran dan kesopanan harus dipertahankan. Jangan menggunakan bahasa tubuh yang berlebihan atau terbuka.

 

 

Privasi

Merupakan penghinaan bagi orang  Korea jika disentuh oleh seseorang yang tidak mereka kenal. Jangan menepuk punggung mereka atau memeluk mereka. Kontak mata yang berkepanjangan dan langsung dapat disimpulkan sebagai suatu yang  tidak sopan, terutama ketika berhadapan dengan orang lain yang memiliki kedudukan sosial yang lebih tinggi.

 

 

Etika Pemberian Hadiah

Orang Korea adalah orang yang murah hati dan senang memberi hadiah. Terimalah hadiah dengan kedua tangan tetapi jangan langsung membuka hadiah, tunggu sampai pemberi hadiah pergi. Kembalikan bantuan dan tawarkan sesuatu yang bernilai serupa. Jika kamu ingin memberi hadiah, pastikan untuk membungkus dan menyajikannya dengan cara yang menarik. Hindari menggunakan kertas pembungkus gelap, terutama merah, sebagai gantinya pilih kuning cerah / hijau. Jika diundang ke rumah orang Korea bawalah hadiah untuk tuan rumahnya. Coklat, permen, kue atau bunga, lebih disukai daripada alcohol. Jangan memberikan hadiah yang terlalu mahal karena orang Korea merasa berhutang budi pada saat mereka menerimanya.

 

 

Bertamu

Selalu lepaskan sepatu kamu sebelum memasuki rumah orang. Dimungkinkan untuk terlambat hingga tiga puluh menit tanpa menyebabkan pelanggaran tetapi ketepatan waktu sangat dihormati. Ingat, jangan pernah menuangkan minuman kamu sendiri. Tuan rumah akan melakukan ini di hadapan kamu. Diundang ke rumah orang Korea dianggap suatu kehormatan (terutama jika itu untuk makan-makan) sehingga sangat penting untuk memperlakukannya dengan cara yang sama. Bersikap sopan, hormat dan hargailah kebiasaan mereka. Bawalah hadiah untuk membalas kebaikan dari orang yang mengundang kamu.

 

 

BUDAYA & MASYARAKAT KOREA SELATAN

 

Agama & Keyakinan

Korea Selatan mendukung kebebasan beragama. Konfusianisme, Budha dan Kristen adalah agama formal utama. Banyak orang Korea percaya pada roh leluhur dan mengamati ritual. Konfusianisme adalah filsafat sosial dan politik yang melingkupi budaya Korea.

 

Perayaan Besar

Ada dua hari libur nasional utama di Korea, yaitu Hari Tahun Baru (bulan purnama kedua setelah titik balik matahari di musim dingin) dan Chuseok (bulan purnama kedelapan). Perayaan untuk festival ini dirayakan di sekitar leluhur, dan keluarga.

 

 

Keluarga

Keluarga merupakan bagian integral dari kebiasaan dan kehidupan di Korea Selatan. Pernikahan yang diatur adalah hal biasa. Pernikahan dianggap sebagai ritual peralihan. Perceraian jarang terjadi tetapi telah menjadi lebih umum dalam beberapa tahun terakhir. Silsilah leluhur ada di mana-mana. Secara tradisional, putra tertua mewarisiseluruh harta keluarga. Namun baru-baru ini diubah dan sekarang setara dengan perempuan. Anak laki-laki tertua memikul tanggung jawab ekstra untuk keluarganya dan dia akan merawat orang tuanya di usia tua mereka.

 

Kuliner

Masakan Korea didasarkan pada nasi, sayuran, dan daging. 'Kimchi' adalah hidangan nasional. Kimchi terbuat dari berbagai sayuran yang kemudian difermentasi dan dapat disimpan untuk waktu yang lama. Banchan adalah lauknya.  Banchan sering dibuat dalam jumlah besar dan disajikan bersama dengan hidangan utama. Selain untuk konsumsi sehari-hari, makanan juga digunakan dalam upacara, terutama di pesta pernikahan, ulang tahun, dan untuk menghormati leluhur.

 

 

KONSEP SOSIAL & ETIKA di KOREA SELATAN

Konsep Kibun

Kibun adalah kata tanpa terjemahan bahasa Inggris literal. Istilah yang paling dekat adalah kebanggaan, wajah, suasana hati, perasaan, atau keadaan pikiran. Jika kamu melukai kibun seseorang, maka kamu melukai harga diri mereka, menyebabkan mereka kehilangan martabat, dan malu. Hubungan interpersonal Korea beroperasi berdasarkan prinsip harmoni. Penting untuk menjaga suasana damai dan nyaman setiap saat, bahkan jika itu berarti "berbohong demi kebaikan".

 

 

Penting untuk mengetahui cara menilai keadaan kibun orang lain, dan bagaimana menjaga kibun kamu sendiri pada saat yang sama. Dalam bisnis, kibun seorang manajer akan rusak jika bawahannya tidak menunjukkan rasa hormat yang pantas. Kibun bawahan akan rusak jika manajernya mengkritiknya di depan umum. Nunchi adalah kemampuan untuk menentukan kibun orang lain dengan menggunakan mata. Karena ini adalah budaya di mana harmoni sosial sangat penting, mampu menilai keadaan pikiran orang lain sangat penting untuk mempertahankan kibun seseorang. Nunchi dicapai dengan melihat bahasa tubuh dan mendengarkan nada suara serta apa yang dikatakan.

 

Penamaan

Di Korea Selatan posisi nama adalah kebalikan dari budaya Barat. Nama keluarga sebagai nama depan dan nama asli sebagai nama belakang. Dianggap sangat tidak sopan untuk menyapa orang Korea langsung dengan namanya aslinya. Memanggil mereka harus memakai embel-embel seperti Tuan, Nyonya atau dengan menggunakan jabatan profesional mereka, dll.

 

 

Hal – hal yang Tabu dalam Budaya Korea Selatan

  • Jangan mengenakan sepatu kamu di tempat ibadah atau rumah orang.

  • Jangan menginjak furniture.

  • Jangan makan atau minum di tempat umum sambil berjalan.

  • Jangan letakkan ibu jari di antara jari tengah dan jari telunjuk kamu sambil mengepalkan tangan karena ini adalah tindakan cabul.

  • Jangan gunakan tinta merah ketika menulis surat. Ini adalah simbol kematian dan dicadangkan hanya untuk menulis nama-nama orang yang sudah meninggal. Itu dianggap sial dan menunjukkan kamu berharap kematian pada si penerima.

  • Jangan berdiri terlalu dekat dengan orang yang pertama kali kamu temui .

Baca juga:

DAFTAR LENGKAP KAMPUS DAN JURUSAN DI KOREA SELATAN

KULIAH GRATIS KE KOREA SELATAN DENGAN BEASISWA KGSP

BIAYA HIDUP MAHASISWA INTERNASIONAL DI KOREA SELATAN

 

Sumber:

https://www.commisceo-global.com/resources/country-guides/south-korea-guide

https://id.wikipedia.org/wiki/Kebudayaan_Korea

Mencari jurusan

Korea Selatan
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

author image