Informasi penting
Swedia: Info Jurusan

5 UNIVERSITAS SWEDIA TERBAIK UNTUK JURUSAN TEKNIK

share image

Kalau kamu tertarik kuliah dan berkarir dalam bidang teknik di luar negeri, maka Swedia adalah salah satu negara yang patut kamu pertimbangkan. Swedia merupakan negara yang ideal untuk menjalani karir dalam bidang teknik karena digelari sebagai salah pusat perkembangan teknologi terbesar di Eropa. Stockholm, ibu kota Swedia, telah menghasilkan unicorn start-up terbanyak per kapita dibandingkan kota-kota lain di dunia. Swedia juga sangat berfokus pada bidang green energy, sehingga sebagian besar industri energinya berorientasi pada keberlanjutan SDA.

 

Dengan bekerja di negara ini, kamu akan mendapatkan berbagai keterampilan dan pengetahuan terkini di bidang teknik yang pasti dibutuhkan di berbagai belahan dunia. Selain itu, Swedia menawarkan gaji yang kompetitif bagi lulusan teknik serta memiliki berbagai kebijakan yang mengutamakan life-work balance bagi para pekerjanya.

 

Swedia juga merupakan negara yang merangkul mahasiswa-mahasiswa internasional yang ingin mempelajari bidang teknik. Buktinya, ada banyak program studi - terutama pada tingkat pascasarjana - yang diajarkan menggunakan bahasa Inggris. Kualitas pendidikan negara ini pun sudah terkenal di tingkat dunia. Saat ini, Swedia memiliki 5 universitas elit yang masuk dalam peringkat 250 teratas dalam QS World University Rankings by Subject 2019 untuk jurusan teknik dan teknologi.

 

Kalau kamu ingin tahu lebih lanjut mengenai universitas-universitas terbaik ini, langsung saja baca daftar di bawah ini.

 

 

KTH Royal Institute of Technology

Peringkat 36

  • KTH Royal Institute of Technology adalah salah satu universitas terdepan untuk jurusan teknik di Eropa. Selain itu, institut yang terletak di Stockholm ini juga merupakan institut riset dan pembelajaran teknis terbesar di Swedia.

  • KTH adalah penyedia sekitar 33% pendidikan penelitian dan teknik di Swedia. Institut ini menyediakan 9 program S1 Teknik dan 16 program S2 Teknik.

  • KTH berfokus pada penelitian dan pendidikan yang bisa menciptakan masa depan yang berkelanjutan.

Kalau kamu ingin melihat suasana perkuliahan di KTH Royal Institute of Technology, coba saksikan video berikut dari PPI Swedia:

 

 

 

 

 

Chalmers University of Technology

Peringkat 93

  • Sekitar 40% lulusan program pascasarjana jurusan teknik dan arsitektur di Swedia berasal dari Chalmers.

  • Universitas ini memiliki beberapa inisiatif kesetaraan gender yang diharapkan bisa menciptakan lingkungan yang ideal untuk bekerja dan belajar bagi perempuan. Hal ini dilakukan untuk mendukung perkembangan Chalmers sebagai universitas teknis.

  • Chalmers berhasil mendapatkan nilai tertinggi untuk internasionalisasi dari The Swedish Foundation for International Cooperation in Research and Higher Education selama 3 tahun berturut-turut.

Kalau kamu tertarik untuk kuliah di universitas ini tapi terhambat masalah dana, coba saksikan tutorial mengajukan beasiswa ke Chalmers dari Muhammad Kurnia Bijaksana.

 

 
 

 

Lund University

Peringkat 132

  • Universitas yang terletak di kota Lund ini adalah salah satu universitas tertua di Eropa utara. Perpustakaannya juga memiliki reputasi sebagai salah satu perpustakaan tertua dan terbesar di Swedia.

  • Pada tahun 2023, Lund University akan menjadi lokasi European Spallation Source ERIC (ESS), sebuah fasilitas riset multidisipliner yang akan menghasilkan sinar neutron yang 100 kali lebih terang.

  • Bluetooth adalah salah satu inovasi teknologi yang dikembangkan oleh para insinyur di Lund University.

Penasaran dengan universitas yang satu ini? Coba tonton video keseharian mahasiswa Indonesia yang berkuliah di Lund University berikut:

 

 

 

(Baca juga: 7 Kota Terbaik untuk Kuliah Di Swedia)

 

 

Uppsala University

Peringkat 202 

  • Uppsala adalah universitas tertua yang masih beroperasi di daerah negara-negara Nordik. Universitas yang terletak di kota Uppsala, Swedia ini juga dikenal sebagai salah satu universitas penelitian terdepan di dunia,
  • Universitas ini memiliki 15 alumni yang telah memenangkan penghargaan Nobel - 8 di antaranya mendapat penghargaan tersebut karena penemuan mereka saat mereka masih di Uppsala.

  • Upsalla merupakan bagian dari 3 Komunitas Pengetahuan dan Inovasi yang dicanangkan Institut Inovasi dan Teknologi Eropa (EIT): EIT InnoEnergy, EIT Raw Materials dan EIT Health.

Kalau kamu mau mendaftar di universitas ini tanpa beasiswa, coba simak tips dan trik Rinda Lamadjido menjalani perkuliahan di Uppsala dengan menggunakan biaya pribadi.

 

 


Linköping University

Peringkat 229

  • Fakultas Sains dan Teknik di Linköping merupakan salah satu institusi pendidikan teknis terbesar di Swedia.

  • Sebagian besar program studi yang ditawarkan di universitas ini bersifat interdisipliner. Sebagai contoh, mahasiswa bisa mengambil program studi yang mengkombinasikan bidang teknik dan manajemen industri atau bidang teknik dan kedokteran.

  • Linköping University menerima bantuan dana penelitian dari Pemerintah Swedia dalam 5 area penelitian strategis: TI dan komunikasi mobile, teknik material, manajemen keamanan dan keadaan darurat, e-Sains dan transportasi.

 

 

Masih ingin mencari universitas-universitas lain dengan jurusan teknik terbaik? Langsung saja daftar untuk konsultasi GRATIS dengan konselor IDP Education mengenai jurusan teknik di luar negeri yang tepat untukmu.

 


Sumber:

TopUniversities.com

TimesHigherEducation.com

Wikipedia.org

Mencari jurusan

Swedia
Pascasarjana