Informasi penting
Swiss: Prospek Karir - Wajib dibaca

Memulai karir setelah lulus kuliah di Swiss

56

Jadi, kamu merasa sayang untuk meninggalkan Swiss setelah lulus kuliah? Kamu bisa kok bekerja dan tinggal lebih lama di sana jika kamu mau. Berikut adalah panduan untuk menemukan karir di Swiss sebagai mahasiswa internasional.

 

Seperti apa pasar kerjanya?

Yang menggiurkan adalah gaji di Swiss adalah salah satu dari yang tertinggi di Eropa, dan negara ini sedang kekurangan tenaga kerja.

 

Tingkat pengangguran di Swiss hanya 3%, jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan rata-rata negara Uni Eropa lainnya, yakni 8.2%. Lowongan kerja di sektor negeri juga mengalami kenaikan. Lebih dari 65,000 lowongan pekerjaan tersedia di rumah sakit, rumah perawatan, pusat perawatan harian dan universitas sejak tahun 2005. Belum lagi di sektor lainnya.

 

Selain itu, perusahaan-perusahaan multinasional seperti Dell, Microsoft dan Rolex semua memiliki kantor di Geneva, dan mereka merupakan kesempatan kerja yang sempurna untuk mahasiswa internasional sepertimu.

 

Petr Jiskra, Marketing Manager dan Alumni dari Hotel and Tourism Management Institute (HTMi) di Swiss berkata bahwa koneksi antara universitas dan berbagai perusahaan membantu mahasiswa mengerti lingkungan kerja yang sesungguhnya.

 

“Universitas akan mengadakan sesi-sesi di mana perusahaan-perusahaan besar datang dan memberikan proyek bagi mahasiswa, dan ini berarti terdapat interaksi antara universitas dan perusahaan-perusahaan besar, dan ini sangat menguntungkan mahasiswa, karena dengan demikian mereka lebih siap memasuki pasar kerja di sektor yang mereka inginkan.”

 

Jurusan apa yang paling digemari?

Beberapa industri terbesar di Swiss adalah yang bergerak di bidang teknik, TI, elektronik dan konstruksi/properti. Akan tetapi industri kimia/farmasi juga semakin meningkat dan diprediksikan akan semakin melejit di tahun-tahun kedepan.

 

Industri perhotelan juga merupakan sektor utama dari ekonomi Swiss, dan juga adalah industri ekspor keempat terbesar di Swiss. Sherif Mamdouh yang bekerja sebagai Communications Officer di institusi pendidikan perhotelan Ecole hôtelière de Lausanne (EHL) menjelaskan alasannya dengan baik.

 

“Industri perhotelan memiliki tradisi yang sejak lama telah berakar di Swiss. Fakultas Manajemen Perhotelan (EHL) juga dimulai di Swiss dan keunggulannya juga telah bertahan selama satu abad. Penting untuk diketahui bahwa sektor layanan dan jasa sangatlah dominan dalam budaya dan ekonomi di Swiss. Beberapa contoh layanan terbaik dapat ditemukan di bisnis perbankan, kesehatan, dan bisnis lainnya yang berhubungan dengan menangani klien dan gaya hidup kalangan atas.”

 

Industri perhotelan di Swiss juga didukung dengan baik oleh sistem pendidikan setempat, kata Petr Jiskra.

 

“Reputasi dari pendidikan perhotelan di Swiss adalah yang terbaik di dunia. Tanyakan kepada siapa saja yang bekerja di bidang ini, mereka akan menceritakan tentang para staf berkualitas dan pendidikan perhotelan terbaik.”

 

Sektor teknik juga kuat di Geneva berkat adanya CERN, dan Zurich juga dipertimbangkan sebagai ibukota perbankan/asuransi di Swiss, dan merupakan sumber dari segalanya. Tertarik? Lihat apa yang ditawarkan oleh program kuliah jurusan keuangan di Swiss.

 

Selain itu, lowongan kerja dalam bidang layanan kesehatan dan pendidikan juga mengalami peningkatan. Jika kamu bercita-cita untuk berkarir di kedua bidang tersebut, Swiss adalah pilihan yang tepat.  

 

 

Bisakah saya bekerja di Swiss setelah lulus kuliah?

Setelah lulus, mahasiswa internasional non Uni Eropa diijinkan untuk tinggal di Swiss selama enam bulan untuk mencari kerja. Akan tetapi, sebelum itu mereka perlu mendapatkan ijin tinggal/residency permit. Sambil mencari kerja dengan ijin tinggal tersebut, mahasiswa dapat bekerja sambilan hingga 15 jam per minggu.

 

Solene Wolff, penasihat karir di ETH Zurich, berkata bahwa sangat penting bagi lulusan untuk mengetahui bahwa “cukup susah bagi mahasiswa internasional non Uni Eropa untuk tinggal di Swiss, dan visa harus diberikan oleh pemerintah. Dan sama seperti di negara lainnya, perusahaan harus membuktikan bahwa alasan mereka untuk memperkerjakan mahasiswa non-Uni Eropa adalah mereka tidak dapat menemukan kandidat yang sesuai di Swiss atau Eropa.”

 

 

Tips untuk menemukan pekerjaan setelah lulus di Swiss:

  • Mulailah lebih awal. Terlebih lagi jika kamu adalah mahasiswa non Uni Eropa. Kamu hanya memiliki waktu 6 bulan sebelum ijin tinggalmu berakhir. Jadi sebaiknya mulai melamar pekerjaan di semester terakhir kuliah.

 

  • Pelajari bahasa setempat. Swiss adalah negara unik yang memiliki empat bahasa nasional. Peluang untuk diterima bekerja lebih besar jika kamu menguasai bahasa setempat. Menguasai bahasa Jerman adalah suatu kelebihan yang membuatmu lebih unggul dari mahasiswa internasional lainnya.

 

 

  • Tepat waktu! Kriteria ini sangat dinilai. Pastikan kamu jangan telat sewaktu wawancara kerja.

 

Situs-situs yang bermanfaat untuk menemukan pekerjaan di Swiss setelah lulus:

Jika kamu masih ingin tinggal di Swiss tetapi belum ingin bekerja, mengapa tidak melihat program pascasarjana yang tersedia di Swiss? 

Mencari jurusan

Swiss
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS