Informasi penting
Swiss: Once you arrive - Wajib dibaca

5 Hal seru yang bisa kamu coba di Swiss

Ketika kuliah di luar negeri, tentunya kamu ingin memanfaatkan waktu luang untuk menjelajahi Negara tersebut. Berikut adalah beberapa hal yang sayang untuk dilewatkan di Swiss:

 

1. CERN

CERN (the European Organization for Nuclear Research) bukan hanya merupakan pelopor dalam penemuan ilmiah, tetapi juga merupakan tempat lahirnya situs internet (world wide web ) setelah diciptakan oleh ilmuwan Inggris Tim Berners-Lee pada tahun 1989. Ini berarti CERN adalah tempat yang sangat menarik untuk dikunjungi!

 

Dibangun pada tahun 1954, CERN terus mempelajari bagaimana dunia ini dimulai. Menggunakan akselerator partikel terkuat di dunia, para ilmuwan membuat proton-proton yang  mendekati kecepatan cahaya untuk merekayasa ulang awal mula dibentuknya dunia. Para ahli fisika dari seluruh dunia kemudian menganalisa data tersebut melalui jaringan komputer yang terhubung di seluruh dunia.  Keren kan?

 

Setiap tahunnya, ratusan mahasiswa dari universitas lokal diundang ke CERN untuk menjalani pelatihan unik dalam penelitian dan teknik. Berusahalah dan kamu juga dapat bergabung dengan mereka! 

 

 

2. Pegunungan Alpen

Jika kamu kuliah di Swiss, sayang sekali jika tidak meluangkan waktu untuk mengunjungi pegunungan terkenal di dunia - Swiss Alps.

 

Salah satu dari pegunungan spekakuler di dunia ini adalah cara terbaik untuk menikmati pemandangan indah di Swiss.

 

Kamu bisa mencoba permainan ski di Zermatt ski resort, dimana kamu dapat menikmati pemandangan indah dari  Matterhorn, yaitu gunung yang gambarnya digunakan sebagai ikon coklat Toblerone.

 

Kamu juga dapat bergabung dengan klub ski di universitas yang merupakan kesempatan bagus untuk mendapatkan teman-teman baru.

 

Atau, kamu juga dapat menikmati pemandangan pegunungan dengan Bernina Express, sebuah kereta yang akan melewati situs warisan dunia. Kamu dapat menikmati pemandangan yang jelas dari jendela yang besar dan tinggi, selain itu juga terdapat suara pemandu di kereta. Naik kereta di musim semi untuk melihat pemandangan yang hijau, atau di musim dingin untuk melihat puncak pegunungan yang tertutup salju.  

 

Tatiana, yang besar di Swiss sebelum kuliah di Inggris berkata bahwa “Pegunungan Alpen adalah tempat yang menyenangkan untuk hiking, ada banyak alpin di sini, dan kalian akan menemukan banyak bunga kecil, rerumputan, dan bahkan sapi-sapi di musim panas. Saya pernah menemukan hamparan daisy ungu, mereka sangat jarang ditemukan dan sangat indah.”

 

 

3. Kunjungi Gruyere dan makan keju!

Jika kamu adalah pecinta keju, Swiss adalah surganya!

 

Swiss terkenal sebagai penghasil utama dari keju yang enak, dan Gruyere adalah tempatnya.

 

Berlokasi di sebelah barat Swiss, Gruyere memiliki pabrik keju yang terkenal - La Maison du Gruyere. Di sini, kamu bisa melihat proses pembuatan keju.Setiap harinya, 400 liter susu digunakan untuk membuat 35 kg bulatan keju.

 

Tatiana berkata bahwa Gruyere adalah tempat yang menyenangkan untuk dikunjungi kapan saja. “Jika kamu pergi sewaktu musim dingin, kamu bisa menikmati fondue atau raclette [keju yang dilelehkan terlebih dahulu], jika kamu pergi sewaktu musim panas, kamu bisa menikmati raspberry dan gruyere cream!”

 

 

4. Pabrik Cokelat La Maison Cailler

Seperti kejunya, cokelat Swiss dikenal di seluruh dunia. Pernahkah kamu mengunjungi toko duty free yang tidak menjual cokelat Toblerone? Sepertinya tidak ada bukan?

 

Perusahaan cokelat terkenal lainnya seperti Lindt dan Milka, juga berasal dari Swiss.  Jika kamu penasaran dengan proses pembuatan cokelat, pergilah ke La Maison Cailler Chocolate Factory di Broc, di dekat Gruyeres. Kamu juga bisa mempelajari sejarah cokelat, bagaimana cokelat tersebar di Eropa dan penyempurnaannya oleh Swiss di abad ke Sembilan belas.

 

Di Cailler kamu juga bisa mencoba beragam jenis cokelat. Cokelat terbaik biasanya diletakkan di ujung ruangan, pastikan kamu tidak kekenyangan sebelumnya ya.

 

Selain itu juga ada bioskop yang menayangkan film-film yang berhubungan dengan cokelat. Kamu juga bisa membuat cokelat versi kamu sendiri di sesi memasak Cailler di studio cokelat loh. Seru banget kan?

 

 

5. Festival Montreux Jazz

Sebenarnya Swiss tidaklah identik dengan jazz. Akan tetapi jika jazz dimainkan di pinggiran danau Geneva yang indah, tidak heran mengapa Montreux Jazz Festival sangat popular.

 

Berlangsung selama dua minggu lebih, dengan penonton sekitar 200,000 orang, Montreux adalah festival Jazz kedua terbesar di dunia. Diadakan sejak 1967, festival ini telah menghadirkan para pemain Jazz ternama seperti  Miles Davis, Nina Simone dan Ella Fitzgerald.

 

Bukan penggemar Jazz? Jangan khawatir, Montreux terus menambahkan jenis musik di festival ini sejak 1970. Festival 2017 mengundang artis seperti Tom Jones hingga Kasabian, tentunya kamu akan menemukan music yang kamu sukai.

 

Festival ini dimulai di akhir Juni hingga awal Juli, sehingga akan menjadi acara yang cocok untuk menikmati musim panas bersama teman. 

 

 

Tertarik? Mulai cari universitas Swiss yang cocok untukmu sekarang juga.

Mencari jurusan

Swiss
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS