Informasi penting
Swiss: Visa - Wajib dibaca

Mengurus visa pelajar untuk kuliah ke Swiss

Kamu butuh visa pelajar untuk dapat berkuliah di Swiss. Proses pengerjaan visa pelajar Swiss biasanya berdurasi antara 6 hingga 12 minggu. Walau demikian daftarlah lebih awal supaya terdapat waktu yang cukup untuk mempersiapkan semuanya. 

 

Mahasiswa yang berasal dari luar Uni Eropa wajib memiliki visa jika ingin berkuliah di Swiss. Situs ini menerakan daftar negara yang membutuhkan visa untuk memasuki Swiss.

 

Terdapat 2 jenis visa: visa Schengen untuk program studi berdurasi tiga bulan. Jika untuk program kuliah Sarjana dan Pascasarjana, kamu membutuhkan National D visa.

 

Schengen visa

Dengan visa ini, kamu dapat tinggal di Swiss selama tiga bulan. Jadi visa ini cocok jika kamu mengambil program studi jangka pendek. Visa Schengen ini tidak dapat diperpanjang. Kamu harus kembali ke Negara asal dan mendaftar ulang.

 

National visa

National visa adalah untuk mahasiswa yang ingin tinggal di Swiss selama lebih dari 90 hari. Kamu memerlukan visa ini jika ingin mendaftar untuk perkuliahan sarjana atau pascasarjana. Untuk dapat mengurus visa ini, kamu harus telah diterima di universitas Swiss. Sebelum mendaftar, kunjungi kedutaan Swiss di negaramu, dan minta informasi dokumen apa aja yang kamu perlukan.

 

Dokumen apa saja yang kamu perlukan untuk mengurus visa pelajar?

  • Paspor yang masih berlaku
  • 2 pasfoto paspor
  • Bukti kesanggupan finansial untuk durasi kuliah (minimal 30 swiss francs per hari selama perkuliahan).
  • Bukti asuransi kesehatan yang menanggung biaya rawat inap di rumah sakit jika terjadi kecelakaan.
  • CV (baca panduan menulis CV)
  • Konfirmasi penerimaan dari universitas Swiss.
  • Fotokopi semua sertifikat/diploma pendidikan dari pendidikan sebelumnya.
  •  ‘Motivation letter’ yang menjelaskan kenapa kamu ingin kuliah di Swiss, dan bagaimana hal tersebut bisa membantu karir kamu.  

 

Begitu tiba, kamu hanya memiliki waktu dua minggu untuk mendaftar ijin tinggal di kantor imigrasi. Ijin tinggal/residence permit adalah dokumen resmi yang mengijinkan kamu untuk tinggal di Swiss selama lebih dari 3 bulan.

Mencari jurusan

Swiss
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS