Informasi penting
Amerika Serikat: Essentials - Wajib dibaca

BERHEMAT DI AMERIKA SERIKAT

share image

Selain belajar, bersosialisasi dan bersenang-senang juga penting bagi para mahasiswa. Tetapi tentu saja semua ini harus disesuaikan dengan anggaran keuangan, terutama jika Anda ingin menghindari hutang. Maka berikut ini kami akan memberikan beberapa petunjuk yang bisa membantu Anda untuk menghemat pengeluaran.

 

Rekening Tabungan Anda

Sebagai mahasiswa internasional, Anda memiliki dua pilihan: Anda bisa tetap menggunakan rekening dari bank negara asal Anda yang mempunyai cabang di Amerika (misalnya HSBC), atau membuka rekening baru di bank Amerika. Kebanyakan mahasiswa memilih pilihan yang kedua, karena dengan demikian rekening Anda akan lebih mudah di atur dan bisa menghindari penundaan-penundaan yang tidak perlu.

 

Bukalah rekening baru sesegera Anda tiba di Amerika. Walau tersedia fasilitas pembukaan rekening online, sebaiknya Anda mengunjungi bank tersebut secara langsung. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan informasi yang lebih jelas, yang diterangkan langsung oleh customer service disana.

 

Anda perlu memikirkan pelayanan seperti apa yang Anda butuhkan dari bank. Karena biasanya setiap pelayanan dikenakan biaya. Jadi pilihlah pelayanan yang benar-benar Anda butuhkan. Misalnya apakah Anda memerlukan fasilitas online banking, atau rekening tabungan, atau Anda cukup hanya memanfaatkan rekening yang direkomendasikan oleh universitas Anda?

 

Jika Anda merasa lebih nyaman tetap menggunakan bank di negara asal Anda dan mengaksesnya di Australia, hubungilah bank Anda, dan diskusikanlah seberapa mungkin hal ini untuk dilaksanakan.

 

Telekomunikasi

Berkat perkembangan teknologi, telekomunikasi menjadi semakin mudah dengan biaya semakin terjangkau. Jika Anda memiliki smartphone, ada banyak aplikasi yang bisa Anda unduh untuk tetap bisa berkomunikasi dengan keluarga dan teman Anda. Misalnya Whatsapp dan Blackberry Messenger. Jika Anda lebih suka menggunakan telepon seluler, gunakanlah provider dari Amerika, karena provider internasional akan jauh lebih mahal.

 

Tentu saja Anda bisa memanfaatkan media sosial seperti Facebook, Flickr, instagram atau Twitter yang gampang digunakan. Anda juga bisa membuat video call menggunakan aplikasi skype yang bisa Anda unduh di smartphone atau laptop Anda.

 

GRATIS

Ebook 'Kuliah di Amerika'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Amerika Serikat dalam satu buku digital praktis.

Wajib dibaca