Informasi penting
Amerika Serikat: Berita Terbaru

“You are welcome Here”, Pesan Universitas Amerika kepada Mahasiswa Internasional

458

Universitas-universitas Amerika berkumpul dan menyampaikan pesan secara serentak bagi para mahasiswa internasional di seluruh dunia setelah pelantikan presiden baru.

 

Media sosial belakangan ini diramaikan oleh pesan-pesan yang mendukung kedatangan mahasiswa internasional untuk kuliah ke Amerika.

 

Gerakan #YouAreWelcomeHere, yang dipelopori oleh Temple University, memiliki satu tujuan khusus, yaitu meredakan kekhawatiran mahasiswa internasional akibat kampanye anti-migran yang sering diadakan sewaktu kampanye pemilu Presiden Amerika beberapa waktu yang lalu. 

 

Para staf dan mahasiswa dari 20 universitas Amerika telah membuat rekaman video #YouAreWelcomeHere dan dilaporkan masih ada 6 universitas yang sedang membuat rekaman video yang serupa. Pada waktu yang bersamaan, sekitar 30 institusi dan organisasi, termasuk EducationUSA, juga mengirimkan pesan-pesan di media sosial mereka dengan menggunakan hashtag yang sama, dan gerakan ini semakin sukses berkat dukungan dari pemerintah.

 

 

 

Ucapan Selamat Datang yang Kompak

 

“Ini adalah cara kami untuk memberitahu mahasiswa internasional bahwa institusi kami ramah, menerima keberagaman, aman dan mengusahakan yang terbaik untuk kemajuan mahasiswa," jelas Jessica Sandberg, Direktur Pendaftaran Internasional dari Temple University kepada Hotcourses.

 

“Dan yang lebih penting lagi, kami ingin menunjukkan bahwa seluruh komunitas kampus kami memiliki pemikiran yang sama. Kami berharap mahasiswa internasional bisa merasakan antusiasme, ketulusan dan keramahan kami dalam video-video ini.”

 

"Kami sangat menghargai kehadiran mahasiswa internasional di Amerika, dan gerakan ini adalah suatu cara kami untuk menyampaikan bahwa kami semua di sini memiliki pemikiran dan suara yang sama."

 

 

Study Group menghasilkan video pertama  #YouAreWelcomeHere dan 19 institusi juga mengikuti jejak mereka! Lihat video-video lainnya di akhir artikel ini.

 

 

 

Dukungan Khusus bagi Mahasiswa Internasional

 

Jessica juga menjelaskan bahwa mayoritas universitas Amerika menyediakan dukungan tambahan bagi mahasiswa internasional, misalnya panduan imigrasi, dukungan akademik bagi mahasiswa internasional yang tidak menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utama, berbagai acara sosialisasi, serta kegiatan-kegiatan pengenalan budaya.

 

Temple University, yang menyambut lebih dari 3,000 mahasiswa internasional dari 128 negara, bahkan menawarkan akomodasi (tempat tinggal) khusus yang dinamakan Global Living Learning Community, dimana mahasiswa internasional tinggal bersama teman sekamar asal Amerika, dan mereka akan berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran budaya sepanjang tahun.  

 

“Kami juga menyediakan Kantor Hubungan Mahasiswa Internasional untuk secara khusus  membantu mahasiswa internasional menyesuaikan diri dengan kehidupan di Amerika. Mereka akan tinggal bersama kakak kelas, baik yang berasal dari Amerika atau luar negeri. Program ini kami sebut dengan nama Peer2Peer Program,” tutur Jessica. “Kantor ini juga berperan sebagai wakil keluarga bagi mahasiswa yang memerlukan tindakan medis darurat, sebagai penasehat bagi mahasiswa yang sedang bermasalah, serta mengawasi Koordinator Residen Internasional […] dan membantu membentuk mahasiswa menjadi pemimpin di masa depan.”

 

 

 

Merangkul Keberagaman 

 

Temple University, seperti kebanyakan institusi Amerika sangat mensyukuri dan menghargai keberagaman budaya yang dibawa mahasiswa internasional ke kampus mereka. “Dalam kondisi perekonomian yang semakin mengglobal, ini adalah kontribusi yang sangat signifikan bagi mahasiswa-mahasiswa Amerika, yang kebanyakan tidak memiliki kesempatan untuk kuliah ke luar negeri sebelum mereka lulus." jelas Jessica. 

 

 

Western Michigan University (WMU) bahkan merancang poster khusus untuk gerakan #YouAreWelcomeHere

 

 

Di situs WMU , Asisten Rektor Haenicke Institute for Global Education, Wolfgang Schlör, menuliskan pernyataan sebagai berikut:

 

“Kami menyadari bahwa kampanye pemilihan presiden Amerika secara tidak langsung membangkitkan keresahan banyak pihak di Amerika. Di masa transisi ini, saya menulis untuk memastikan bahwa Western Michigan University tetap sama seperti dulu, tetap adalah tempat yang senantiasa menantikan dan menyambut kedatangan semua orang. Saya ingin mengulang pernyataan pasca-pemilu President Dunn dan menekankan bahwa kami,  Haenicke Institute for Global Education dan WMU selalu menghargai keberagaman di kampus dan komunitas kami.”

 

 

 

 

Mereka telah menyuarakan dukungan penuh, bagaimana dengan kamu? 

 

Jika kamu ingin kuliah di luar negeri, tetapi masih ragu-ragu, Jessica ingin memberi saran berikut…


"Saya memberitahu para mahasiswa, bahwa pilihan untuk kuliah di luar negeri adalah pilihan untuk mengenal banyak hal yang tidak kamu kenal. Tanyalah mereka yang pernah tinggal di luar negeri dan mereka akan bercerita bagaimana mereka telah merasakan petualangan yang menyenangkan, menjalin persahabatan yang mengesankan, mempelajari berbagai pelajaran berharga tentang dunia, dan semakin maju, baik dalam hal pengetahuan ataupun kepribadian.   

 

"Memang perjalanan mereka di luar negeri bukanlah tanpa kesulitan dan ketidaknyamanan. Tetapi proses mengatasi berbagai tantangan inilah yang menjadi pengalaman bermakna. Dengan cara inilah kamu mengerti peran kamu di dunia dan arah mana yang ingin kamu tuju di masa depan."


Jadi, apalagi yang kamu tunggu? Ayo mulai cari program kuliah yang cocok untukmu di Amerika sekarang juga!

 

Tonton video #YouAreWelcomeHere dari universitas-universitas Amerika

Mencari jurusan

Amerika Serikat
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS