Informasi penting
Amerika Serikat: Pendaftaran Universitas

Kuliah Online dan Pendidikan Jarak Jauh di 5 Universitas Ternama di Amerika

share image
7191

“Kita perlu membawa pembelajaran ke orang-orang daripada sebaliknya.” Elliot Masie.  Digitalisasi memungkinkan hal tersebut. Berkat perkembangan teknologi, belajar tidak terbatas harus diadakan di luar kelas. Selama ada koneksi internet dan komputer, kini pelajar bisa kuliah di mana saja tanpa menghadiri kampus, tanpa meninggalkan rutinitas dan keluarga.

 

Penelitian terbaru dari Departemen Pendidikan Amerika Serikat mempelajari kapabilitas dari pembelajaran online/eLearning jika dibandingkan dengan metode studi tradisional. Hasilnya melaporkan bahwa: “di suatu sisi, mahasiswa yang kuliah online menunjukkan kinerja yang lebih bagus dari mahasiswa yang kuliah di kampus, karena selain berpengetahuan, mereka juga melek teknologi-teknologi canggih.”

 

Hal ini wajar karena pengaruh teknologi dalam kuliah online sangatlah besar, dimana mahasiswa perlu menggunakan berbagai software atau aplikasi untuk berinteraksi dengan dosen dan teman sekelas, serta untuk menyelesaikan tugas, contohnya mereka perlu fasih menggunakan blog, Wiki, Twitter, ePortfolio, instant messaging software, email, discussion board dan sejenisnya.

 

“Sebagai mahasiswa kuliah online, saya menggunakan berbagai teknologi khusus pendidikan seperti situs-situs social networking, podcast, webcast, webinar, seminar virtual dan virtual world, dan masih banyak lagi… Discussion board online memungkinkan saya dan teman-teman sekelas untuk berpartisipasi dengan merata, tidak ada yang lebih dominan atau lebih vokal,” jelas Sudduth, seorang mahasiswa kelas kuliah online.  

 

Selain itu, kuliah online memberikan fleksibilitas, sehingga mahasiswa tetap dapat mengejar gelar yang mereka inginkan sambil bekerja, tanpa harus meninggalkan rutinitas atau keluarga, dengan harga yang lebih terjangkau.

 

Jika kamu tertarik untuk mendapatkan gelar dari universitas ternama Amerika melalui program kuliah online, 5 universitas ini bisa kamu jadikan pertimbangan...

 

1. UNIVERSITY OF NEW MEXICO (UNM)

 

 

Sebagai universitas flagship di New Mexico, UNM memiliki reputasi global. Mahasiswa diajar oleh para dosen ternama dan mendapatkan gelar yang disukai perusahaan. UNM adalah tempat mahasiswa mewujudkan kreativitas dan inovasi.

 

Program-program kuliah online di UNM disampaikan melalui sistem manajemen pembelajaran seluruh kampus yang canggih – UNM Learn. Walau bersifat fleksibel, mahasiswa kelas online dijamin akan mendapatkan hasil kelulusan yang sama dengan perkuliahan tradisional. Durasi program kuliah online fleksibel adalah 8 minggu, lima kali per tahun.

 

Di UNM Online, mahasiswa mengakses isi program kuliah dan berinteraksi dengan teman-teman sekelas melalui beragam teknologi multimedia. Setiap modul disampaikan dengan gaya yang unik, yang memberikan pengalaman kuliah yang bebas dari batasan global.

 

 

2. UNIVERSITY OF OREGON (UO)

 

Pendidikan Jarak Jauh UO terakreditasi oleh Northwest Commission on Colleges and Universities (NWCCU). Program-program online ditawarkan untuk beragam bidang studi, memberikan mahasiswa kesempatan untuk mendapatkan gelar dari mana saja melalui koneksi internet.

 

Universitas menyediakan beragam fasilitas online untuk meningkatkan pengalaman pembelajaran. Program-program disampaikan melalui sistem manajemen program Canvas, tetapi mahasiswa juga perlu mengikuti ujian langsung yang diawasi.

 

Program-program pendidikan jarak jauh UO memiliki jadwal yang sama dengan perkuliah tradisional, dan perhitungan sks juga sama. Jadi boleh dibilang tidak ada perbedaan dari perkuliahan online dan perkuliahan tradisional di UO.

 

 

 

3. THE OHIO STATE UNIVERSITY (OSU)

 

 

OSU telah memiliki sejarah selama hampir 150 tahun. Saat ini OSU adalah salah satu yang terbesar dan memiliki pencapaian akademik dan laboratorium paling lengkap di Amerika.

 

OSU Online diperingkatkan dalam salah satu Program Online Sarjana Terbaik oleh US News and World Report, mempersiapkan semua mahasiswa untuk kesuksesan karir jangka panjang. Para dosen akan mempersiapkan mahasiswa untuk menyelesaikan beragam masalah krusial di dunia, menempatkan mahasiswa di kelompok yang memiliki minat yang sama, yang memiliki potensi tanpa batas.

 

 

 

4. PENNSYLVANIA STATE UNIVERSITY (PENN STATE)

 

Para lulusan program online Penn State memiliki pengertian dan penerapan ilmu yang berujung pada kesuksesan karir jangka panjang, terumata di panggung internasional.

 

Kurikulumnya fleksibel, para dosennya dikenal dunia, sehingga mahasiswa dapat berkembang di lingkungan digital yang suportif. Pilih dari lebih dari 150 program gelar dan sertifikat populer, termasuk untuk bidang pendidikan, bisnis, teknik  dan masih banyak lagi.

 

Para Lulusan Penn State World Campus menjadi para perintis dan pendobrak di dunia kerja. Mereka memiliki sejumlah keahlian yang diperoleh dari pengalaman online, kemudian menerapkannya ke lingkungan kerja dan layanan komunitas.

 

 

 

5. UNIVERSITY OF FLORIDA (UF)

 

 

Sebagai sebuah institusi yang terdedikasi untuk menantang cara lama, UF melihat potensi dari segala hal. Ini adalah institusi yang berjuang untuk memberikan dampak positif: yang mengukur dari berapa banyak jumlah orang yang terbantu dan seberapa baik peningkatan kualitas hidup.

 

“Berkat program online UF, saya tetap dapat meraih impian saya dengan cara yang fleksibel dan nyaman dengan jadwal saya. Saya dapat berpartisipasi dalam Gator Nation tanpa harus mengorbankan peran saya sebagai seorang ibu rumah tangga,” kata Christy Richardson, seorang mahasiswa online program gelar BS in Microbiology UF.

 

 

 

 

Baca juga:

Kuliah Online VS Kuliah Di Kampus

8 Tips Memilih Program Kuliah Online

Apa itu Ivy League dan 250 Program Gratisnya yang Bisa Kamu Ikuti secara Online

 

 

GRATIS

Ebook 'Kuliah di Amerika'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Amerika Serikat dalam satu buku digital praktis.

Mencari jurusan

Amerika Serikat
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

author image