Informasi penting
Amerika Serikat: Visa

6 Penyebab Permohonan Visa Pelajar Amerika Ditolak

1578

Diterima di universitas Amerika tidak menjamin permohonan visa pelajarmu akan 100% disetujui. Sebelum mengajukan visa, pastikan kamu telah mengetahui bahwa visa pelajar Amerika terbagi menjadi 2 kategori:

  • Visa F1 untuk kuliah gelar sarjana dan pascsarjana
  • Visa M untuk kebutuhan non akademik atau studi kejuruan

 

Untuk persyaratan dan berkas yang harus dipersiapkan untuk mengajukan visa pelajar Amerika bisa dibaca di sini:

 

PANDUAN PENGAJUAN VISA PELAJAR KE AMERIKA

 

Terkadang walaupun semua berkas telah memenuhi syarat, permohonan visa pelajar Amerika tetap bisa ditolak oleh imigrasi karena 4 alasan berikut:

 

 

1. Kamu menunjukkan keinginanmu untuk tinggal di Amerika setelah lulus kuliah

Ini adalah kasus yang paling sering terjadi. Jadi sewaktu wawancara, pastikan kamu menyatakan dengan jelas, bahwa tujuanmu hanyalah untuk belajar, dan akan pulang ke negara asal setelah lulus.

 

 

2. Kamu tidak mampu membuktikan kesanggupan finansial

Jika kamu tidak bisa menunjukkan bukti bahwa kamu memiliki cukup dana untuk membiayai perkuliahanmu, maka permohonan visa pasti akan ditolak. Sumber dana bisa berasal dari rekening tabungan sendiri, orang tua, keluarga, dan beasiswa.

 

3. Universitas/program kuliah yang mencurigakan

Jika ada yang mencurigakan dari universitas atau program gelar yang kamu pilih, permohonan visamu juga akan ditolak. Untuk menghindari hal ini, pastikan kamu mendaftar ke universitas yang masuk dalam daftar berikut.

 

 

4. Kamu memiliki keluarga yang tinggal di Amerika

Hal ini akan membuat imigrasi berprasangka bahwa tujuanmu untuk mengajukan visa adalah untuk imigrasi, dan tetap akan tinggal di Amerika walau setelah lulus kuliah.

 

5. Ada catatan criminal

Jika memiliki catatan kriminal seperti terlibat dalam obat-obatan terlarang, dipenjara dan kelakuan tidak baik, kemungkinan besar pengajuan visa akan ditolak.

 

6. Memberikan informasi yang tidak benar

Jika terdapat ketidak sesuaian informasi maka permohonan visamu akan ditolak. Jika ini adalah kesalahan yang tidak disengaja, kamu bisa meminta banding/pertimbangan ulang.

 

 

Tips menghadiri wawancara visa pelajar di kedutaan Amerika

 

Wawancara adalah faktor yang sangat menentukan apakah permohonan visamu akan diterima atau sebaliknya. Wawancara ini bukan sekedar formalitas, petugas imigrasi akan menkaji benar-benar apakah kamu pantas diberikan visa pelajar atau tidak. Berikut adalah beberapa tips tentang sikap yang baik untuk menghadiri wawancara visa pelajar:

 

  • Berpakaian secara profesional: penampilan adalah kesan pertama yang diterima oleh lawan bicara kita. Perlakukan wawancara ini seperti wawancara kerja. Berpakailah sopan dan rapi.
  • Sikap menjawab yang baik: berikan jawaban dengan tegas. Hindari jawaban yang bertele-tele atau tidak sesuai dengan pertanyaan. Petugas juga ingin melihat kesiapanmu untuk kuliah ke Amerika dari kecakapan berbahasa Inggrismu. Jika tidak mengerti pertanyaan mereka, kamu bisa meminta bantuan penerjemah. Hal ini tidak akan mengurangi nilai.
  • Bersikap jujur: Jangan memberikan jawaban yang tidak jelas, jangan menghafal atau memberikan jawaban yang hiperbola.
  • Sebutkan nama dan lokasi universitas: Sebutkan dengan jelas dimana kamu akan berkuliah. Dan jelaskan dengan singkat mengapa kamu memilih lokasi atau program tersebut jika ditanya.
  • Tunjukkan komitmenmu: jika nilaimu tidak terlalu tinggi, mereka akan menanyakan apakah kamu yakin bisa menyelesaikan kuliah di Amerika.
  • Membaca sikap pewawancara: jika pewawancara terlihat terburu-buru, berilah jawaban yang singkat dan jelas. Jika tidak, kamu bisa menjawab dengan lebih santai.

 

 

Contoh pertanyaan yang umum muncul sewaktu wawancara visa pelajar Amerika

 

1. Kamu mendaftar ke berapa universitas di Amerika?

2. Universitas mana saja yang menerimamu?

3. Mengapa kamu ingin kuliah ke Amerika?

4. Bisa ceritakan lebih detil tentang universitasmu?

5. Berapa nilai GPA mu?

6. Apakah kamu sudah pernah ke Amerika sebelumnya?

7. Apa rencanamu setelah lulus kuliah?

8. Apakah kamu mendapatkan beasiswa?

9. Siapakah yang akan mendanai perkuliahanmu?

10. Apakah kamu memiliki saudara di Amerika?

 

Kamu mungkin akan kaget karena pertanyaan tertentu, atau bingung harus memberikan jawaban seperti apa. Bagaimanapun juga tetaplah bersikap positif. Tidak perlu terlalu panik. Jangan lupa tersenyum untuk menunjukkan rasa percaya diri.

 

Saran penting:    mulailah mengajukan visa selambatnya 3 bulan sebelum keberangkatan. Dengan demikian kamu masih ada cukup waktu untuk minta pertimbangan ulang sekiranya permohonan visamu ditolak.

 

Mencari jurusan

Amerika Serikat
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS