Jurusan Pertanian di luar negeri

TENTANG JURUSAN INI

  • TENTANG JURUSAN INI
  • APAKAH JURUSAN INI TEPAT UNTUK SAYA?
  • PROSPEK KERJA
  • PROSES PERKULIAHAN
  • MENENTUKAN TEMPAT KULIAH
Agriculture

Industri Pertanian telah ada sejak kira-kira tahun 10,000 sebelum masehi. Industri Pertanian juga merupakan salah satu industri tertua di dunia. Belakangan ini, studi pertanian telah menjadi bidang yang berkembang secara cepat dan dinamis, dimana di dalamnya mencakup hal-hal penting seperti kelanjutan sumber daya, rekayasa genetika tanaman, perkembangan teknologi agrikultur, metode pertanian secara organik dan berbagai masalah lingkungan seperti perubahan cuaca.

Mungkin banyak yang meremehkan peran pertanian di dalam kehidupan manusia. Tetapi sesungguhnya peran pertanian sangatlah vital demi kelangsungan hidup dunia. Dengan jumlah penduduk yang terus meningkat dengan cepat serta sumber daya bumi yang terbatas dan bahkan mulai berkurang jumlahnya, Industri Pertanian terus mencari terobosan baru dan terus berinovasi dalam memproduksi dan mendistribusikan pasokan makanan.

APAKAH JURUSAN INI TEPAT UNTUK SAYA?

Jika mengambil jurusan ini, Anda akan menghabiskan banyak waktu di alam terbuka untuk melakukan riset dan melaksanakan kegiatan-kegiatan praktek yang ditentukan progam kuliah. Anda juga akan menghabiskan banyak waktu mempelajari teori pertanian seperti ilmu lingkungan dan sistem produksi.

Untuk meraih prestasi yang baik, Anda haruslah seorang pibadi yang bergairah terhadap alam terbuka, dan tentu saja bersedia bekerja keras. Jika hal-hal di atas terdengar menarik untuk anda, sebenarnya Jurusan Pertanian adalah jurusan yang bisa menawarkan gelar yang menguntungkan, dan bisa menawarkan bidang karir yang luas dimana Anda bisa bekerja di saat Anda lulus nanti.

PROSPEK KERJA

Pertanian tidak hanya penting untuk produksi dan distribusi makanan, tetapi juga memainkan peran penting dalam melestarikan pedesaan-pedesaan di seluruh penjuru dunia. Perkembangan teknologi dan sosial memerlukan para pelopor pertanian untuk membuat keputusan-keputusan penting tentang pelestarian lingkungan dan sumber daya alam.

Dengan industri pertanian yang semakin mengglobal, memperoleh Gelar Sarjana dari Jurusan Pertanian akan memberikan para lulusan dengan berbagai macam pilihan pekerjaan. Misalnya karir di bidang agrikultur, pelestarian lingkungan atau pun penelitian ilmiah yang berbasis lingkungan.

Gaji rata-rata untuk lulusan Pertanian terbaru di Inggris adalah £ 18.933 per tahun. Tentu saja estimasi ini bervariasi, tergantung bidang yang Anda pilih dan mungkin berbeda di masing-masing negara. Meskipun banyak lulusan pertanian memilih untuk menjadi peneliti atau bertani, pengetahuan yang DIperoleh semasa kuliah juga memungkinkan mereka diterima bekerja di Bidang Bisnis dan Hukum.

PROSES PERKULIAHAN

Jurusan Pertanian menawarkan berbagai macam mata kuliah yang spesifik seperti Manajemen Pedesaan, Manajemen Pertanian, dan Pengelolaan Tanah.

Masing-masing universitas memiliki persyaratan masuk yang berbeda. Jika Anda adalah pelajar asing, maka Anda harus lulus Tes IELTS dengan nilai minimal 6.5 untuk menjamin bahwa tidak ada hambatan bahasa dalam menyelesaikan kuliah Anda. Anda juga bisa mengambil pelajaran Bahasa Inggris bila Anda merasa level Bahasa Inggris Anda belum memenuhi syarat.

Sebagian besar universitas akan mengharuskan Anda memiliki beberapa kualifikasi dalam bidang seperti Kimia, Biologi, Matematika, Fisika atau Geografi, meskipun hal ini akan tergantung pada institusi yang Anda pilih.

MENENTUKAN TEMPAT KULIAH

Karena Jurusan Pertanian merupakan bidang studi yang luas, Anda harus memilih universitas yang menawarkan modul-modul yang sesuai dengan minat anda.

Begitu anda telah menemukan bahwa ada modul yang menarik minat Anda di suatu universitas, maka yang selanjutnya yang harus dipertimbangkan adalah apakah prestasi Anda di pendidikan sebelumnya memenuhi syarat untuk mendaftar di universitas tersebut.

Anda juga perlu mempertimbangkan prestise universitas pilihan Anda. Hal ini akan mempengaruhi prospek kerja Anda setelah lulus. Anda bisa mengakses situs web Universitas tersebut. Perhatikanlah komentar para alumni, dan cari tahu apakah universitas tersebut menjalin kerja sama dengan perusahaan-perusahaan ternama.

Anda juga perlu mempertimbangkan lokasi universitas Anda. Semua orang menginginkan pengalaman berharga yang tak terlupakan saat kuliah. Lihatlah lingkungan di sekitar universitas Anda. Apakah Anda bisa menikmati hidup Anda disana? Masing-masing orang mempunyai minat yang berbeda. Sebagian memilih untuk tinggal di pusat kota sedangkan sebagian mahasiswa lebih memilih untuk tinggal di daerah yang tenang.

Jika Anda membutuhkan bantuan keuangan, ada sejumlah beasiswa yang tersedia untuk mensubsidi studi Anda.

Program Pertanian apa saja yang tersedia di sana?

1

Pertanian (Umum)

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana
2

Hortikultura (Umum)

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana
3

Kehutanan (Umum)

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana
4

Budidaya Binatang Ternak

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana

10 Negara tujuan kuliah untuk jurusan Pertanian

1
210
Inggris
DILIHAT 4,851 KALI Lihat 65 program
2
9
Australia
DILIHAT 4,349 KALI Lihat 32 program
3
93
Jepang
DILIHAT 2,815 KALI Lihat 4 program
4
114
Malaysia
DILIHAT 1,960 KALI Lihat 14 program
5
211
Amerika Serikat
DILIHAT 1,354 KALI Lihat 199 program
6
131
Belanda
DILIHAT 1,214 KALI Lihat 5 program
7
69
Jerman
DILIHAT 1,170 KALI Lihat 4 program
8
134
Selandia Baru
DILIHAT 1,127 KALI Lihat 16 program
9
32
Kanada
DILIHAT 837 KALI Lihat 33 program
10
39
Cina
DILIHAT 283 KALI Lihat 4 program