Jurusan Antropologi di luar negeri

TENTANG JURUSAN INI

  • TENTANG JURUSAN INI
  • APAKAH JURUSAN INI TEPAT UNTUK SAYA?
  • PROSPEK KERJA
  • PROSES PERKULIAHAN
  • MENENTUKAN TEMPAT KULIAH
Anthropology

Antropologi adalah campuran dari humaniora, biologi alam dan ilmu sosial. Subjek ini menjadi populer di era penjajahan, ketika masyarakat berusaha untuk mempelajari dan memahami perbedaan antara budaya Eropa Barat dan Afrika. Bidang ini secara tradisional dibagi menjadi empat sub-kategori: Antropologi Budaya, Arkeologi, Antropologi Linguistik dan Antropologi Biologis.

Saat ini Jurusan Antropologi menyediakan berbagai macam program. Beberapa diantaranya meliputi kategori-kategori yang disebutkan di atas, dan ada juga program-program yang berfokus khusus pada Bidang Antropologi. Anda bisa memilih antara program singkat, program sarjana maupun program pascasarjana. Tujuan dari semua program-program ini adalah membekali Anda dengan berbagai wawasan dan fakta dari budaya-budaya yang berbeda, baik dari budaya zaman dulu maupun zaman modern sekarang ini.

APAKAH JURUSAN INI TEPAT UNTUK SAYA?

Jurusan Antropologi ini cocok untuk para kandidat yang mempunyai rasa ingin tahu yang besar terhadap budaya-budaya yang berbeda. Jika Anda merasa takjub denpan kemajemukan kehidupan masyarakat di masing-masing negara dan kebiasaan mereka yang beraneka ragam menarik minat Anda, maka Jurusan ini adalah pilihan yang tepat untuk memenuhi rasa ingin tahu Anda.

Untuk meraih prestasi di jurusan ini, rasa antusias yang tinggi tidaklah cukup. Anda dituntut untuk teliti, terorganisir, bisa memotivasi diri sendiri, dan tentu saja mau bekerja keras. Walau sebagian besar waktu akan dihabiskan di ruang kuliah, Anda tetap saja harus melakukan berbagai macam penelitian dari berbagai macam sumber di luar jam pelajaran. Mengapa? karena ini akan sangat mempengaruhi nilai laporan tertulis Anda.

PROSPEK KERJA

Di Inggris, gaji rata-rata untuk lulusan Antropologi adalah £ 18.125 per tahun. Pekerjaan-pekerjaan yang pada umumnya tersedia untuk lulusan Jurusan Antropologi adalah: bekerja di museum, perawatan sosial dan perumahan di sektor pemerintahan, ataupun bekerja pada Organisasi Palang Merah maupun Oxfam.

Akan tetapi, lowongan kerja yang tersedia tidak hanya sebatas yang disebutkan di atas. Semasa kuliah, para lulusan belajar tentang budaya dan kebiasaaan masyarakat yang berbeda. Pengetahuan yang mereka peroleh sangat berharga dalam bersosialisasi di masyarakat. Mereka tahu bagaimana cara berhadapan sekaligus menghargai karakter-karakter yang berbeda di masyarakat. keahlian ini sangat diperlukan di perusahaan-perusahaan berskala internasional. Jadi sering kali para lulusan Jurusan Antropologi juga di terima bekerja di Bidang Periklanan, Penjualan, maupun Marketing.

Tentu saja selalu ada pilihan bagi Anda untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi dan menjadi dosen di kemudian hari.

PROSES PERKULIAHAN

Antropologi pada dasarnya adalah ilmu kemanusiaan yang meneliti nilai-nilai kebudayaan, kepercayaan dan kebiasaan ekonomi dari masyarakat yang majemuk. Gambaran sederhana dari Antropologi adalah seperti memadukan Ilmu Sosiologi dan Filsafat dengan konten yang lebih berbasis ilmu pengetahuan. Oleh karena itu, Jurusan Antropologi adalah program yang sangat bervariasi dan beragam.

Persyaratan masuk tentu saja bisa berbeda-beda tergantung dari universitas yang Anda pilih. Sebagian besar mengharuskan Anda mencapai 3 nilai As atau setara untuk mendaftar ke Program Sarjana. Setelah Anda lulus Program Sarjana dengan kualifikasi yang bagus, Anda bisa meneruskan pendidikan Anda ke Program Pascasarjana.

Mengingat adanya beragam mata kuliah, sebagian besar dari kemajuan Anda akan dinilai melalui ujian tertulis beserta esai dan laporan yang Anda tulis. pada beberapa kesempatan, Anda akan diharapkan untuk ikut serta dalam praktek langsung.

Bagi mereka yang tidak berbahasa Inggris sebagai bahasa ibu, diwajibkan untuk lulus Tes IELTS dengan skor minimal 6.0 untuk dapat diterima kuliah di jurusan ini.

MENENTUKAN TEMPAT KULIAH

Yang penting untuk Anda pertimbangkan adalah prestise universitas pilihan Anda. Hal ini akan mempengaruhi prospek kerja Anda setelah lulus. Oxford, Cambridge, The London School of Economics dan St. Andrews ada beberapa universitas yang berlokasi di Inggris yang terkemuka di Jurusan Antropologi.

Tentu saja selain biaya hidup, biaya kuliah di universitas-universitas tersebut harus dipertimbangkan. Jika Anda membutuhkan bantuan keuangan, ada sejumlah beasiswa yang tersedia untuk mensubsidi studi Anda.

Anda juga perlu mempertimbangkan lokasi universitas Anda. Semua orang menginginkan pengalaman berharga yang tak terlupakan saat kuliah. Lihatlah lingkungan di sekitar universitas Anda. Apakah Anda bisa menikmati hidup Anda disana? Karena semasa kuliah , selain memperjuangakan aspek akademis, Anda juga harus menjaga kualitas hidup emosi anda.

Banyak perusahaan yang bekerja sama dengan pemerintah setempat yang tidak hanya akan memberikan para mahasiswa dengan kesempatan kerja setelah lulus, tetapi juga akan memungkinkan para mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman kerja saat kuliah. Jadi sebelum menentukan universitas pilihan Anda, Anda harus mempertimbangkan apa yang ingin Anda lakukan di masa depan. Apakah Anda akan mampu untuk mendapatkan pengalaman sambil belajar? Apakah tawaran modul di universitas tersebut sesuai dengan minat Anda? Hal-hal ini penting karena akan mempengaruhi nilai akhir Anda.

Program Antropologi apa saja yang tersedia di sana?

1

Antropologi Sosial

TINGKAT PENDIDIKAN Sarjana / Pascasarjana
2

Demografi

TINGKAT PENDIDIKAN Sarjana / Pascasarjana
3

Etnologi

TINGKAT PENDIDIKAN Sarjana / Pascasarjana
4

Antropologi Biologi

TINGKAT PENDIDIKAN Sarjana / Pascasarjana

10 Negara tujuan kuliah untuk jurusan Antropologi

1
210
Inggris
DILIHAT 2,025 KALI Lihat 41 program
2
114
Malaysia
DILIHAT 938 KALI Lihat 8 program
3
131
Belanda
DILIHAT 777 KALI Lihat 8 program
4
9
Australia
DILIHAT 685 KALI Lihat 18 program
5
211
Amerika Serikat
DILIHAT 554 KALI Lihat 395 program
6
134
Selandia Baru
DILIHAT 403 KALI Lihat 7 program
7
69
Jerman
DILIHAT 210 KALI Lihat 4 program
8
32
Kanada
DILIHAT 147 KALI Lihat 48 program
9
190
Swiss
DILIHAT 95 KALI Lihat 4 program
10
189
Swedia
DILIHAT 86 KALI Lihat 5 program