Jurusan Arkeologi di luar negeri

TENTANG JURUSAN INI

  • TENTANG JURUSAN INI
  • APAKAH JURUSAN INI TEPAT UNTUK SAYA?
  • PROSPEK KERJA
  • PROSES PERKULIAHAN
  • MENENTUKAN TEMPAT KULIAH
Archaeology

Arkeologi merupakan pendekatan sejarah yang meneliti sumber-sumber primer seperti budaya material dan kondisi lingkungan dari peradaban sebelumnya. Meskipun di Amerika Arkeologi dianggap sebagai cabang dari Antropologi, di Inggris Arkeologi dipandang sebagai suatu subjek yang berdiri, yang berasal dari Pelajaran Sejarah.

Mengapa Arkeologi itu penting? Karena Arkeologi memungkinkan kita untuk memperoleh pemahaman tentang masa lalu, terutama peradaban kuno dimana masyarakat masih belum mengenal huruf dan angka, sehingga catatan mengenai masa lalu sangat terbatas.

APAKAH JURUSAN INI TEPAT UNTUK SAYA?

Jika Anda menyenangi sejarah dan mempunyai rasa ingin tahu yang dalam terhadap peradaban kuno serta ingin membuat penemuan baru tentang fakta masa lalu, maka jurusan ini adalah pilihan yang tepat untuk Anda.

Dalam mempelajari Arkeologi, para kandidat diharapkan mempunyai kemampuan untuk menganalisa data-data sejarah, mempunyai pengetahuan sosial dan fisik, dan juga mempunyai kemampuan untuk mengevaluasi dampak dari penemuan sejarah tersebut bagi kehidupan masyarakat sekarang ini. Tentu saja, untuk itu Anda haruslah seorang pribadi yang teliti, terorganisir dan mau bekerja keras. Selain itu Anda harus rajin melakukan berbagai macam penelitian, baik di saat maupun di luar jam pelajaran.

PROSPEK KERJA

Sesuai dengan nama jurusannya, mayoritas lulusan mencari pekerjaan sebagai seorang Arkeologis. Akan tetapi seandainya semua tidak berjalan sesuai harapan Anda, Janganlah khawatir. Masih banyak bidang lainnya yang akan menerima Anda untuk bekerja.

Banyak juga para lulusan yang memanfaatkan pengetahuan sejarah dan kemampuan analisis mereka untuk bekerja dalam perusahaan akademis seperti museum, sebagai Kurator atau Arsiparis.

Keahlian mengolah data yang dipelajari semasa kuliah juga memungkinkan para lulusan Jurusan Arkeologi bekerja di bidang pengumpulan data, analisis sumber dan penulisan laporan. Gelar Sarjana yang diperoleh dari Jurusan Arkeologi memungkinkan Anda untuk memperoleh keterampilan yang dapat dialihkan ke sektor lain seperti Keuangan, Jurnalistik dan Konservasi.

Tentu saja selalu ada pilihan untuk melanjutkan studi Anda ke Tingkat Pasca Sarjana. Jika Anda berminat untuk mengajar di sekolah-sekolah menengah, Anda bisa mengambil PGCE. Bila Anda lebih tertarik terhadap karir yang bersifat akademis, Anda bisa melanjutkan ke tahap PhD.

PROSES PERKULIAHAN

Di Inggris, sebagian besar kandidat yang akan mengambil Program Sarjana untuk Jurusan Arkeologi diwajibkan untuk mempunyai kualifikasi nilai A. Untuk melanjutkan ke Program Pascasarjana, Anda harus memperoleh Gelar Sarjana dengan predikat 2:1 atau setara dalam bidang yang terkait, seperti Geografi atau Sejarah. Berbagai universitas akan meminta nilai masuk yang berbeda. Tetapi jika Anda adalah pelajar asing, Anda haruslah mendapat nilai minimal 6.0 pada Tes IELTS. Beberapa universitas yang lebih bergengsi mengharuskan kandidat yang mendaftar mencapai nilai minimal 6.5 untuk Tes IELTS.

Di Jurusan ini, mayoritas waktu Anda akan dihabiskan untuk meneliti dan menganalisa. Anda akan dinilai melalui praktek lapangan, analisa data, dan juga esai serta ujian tertulis. Semua ini bervariasi tergantung dari modul yang Anda pilih. Lama waktu untuk menyelesaikan Program Sarjana pada umumnya adalah antara 3 sampai 4 tahun. Lama kuliah Anda juga akan ditentukan dari apakan Anda akan menerima tawaran untuk kerja praktek yang tentu saja akan menambah nilai plus di saat Anda mencari kerja nanti.

MENENTUKAN TEMPAT KULIAH

Penting untuk diingat bahwa Anda harus memilih universitas yang akan memberi Anda kesempatan untuk meningkatkan potensi Anda di pasar kerja setelah lulus nanti. Meskipun tampaknya aneh untuk berpikir tentang memasuki dunia kerja sebelum Anda memutuskan di mana untuk belajar. Akan tetapi, perlu Anda ingat bahwa universitas adalah suatu jaringan untuk belajar sekaligus mencari kerja. Sebaiknya Anda mencari tahu di layanan karir universitas apakah mereka menawarkan penempatan paruh waktu untuk para calon sarjana yang belum lulus.

Di saat mengambil Jurusan Arkeologi, lokasi universitas menjadi sangat berpengaruh. Karena sejarah daerah setempat akan menentukan spesifikasi modul yang tersedia di universitas tersebut. Sebelum membuat aplikasi masuk kuliah Anda, pilihlah universitas yang dapat menawarkan pengalaman yang beragam di berbagai daerah.

Pilihlah universitas yang sesuai kepribadian Anda. Cobalah untuk menghadiri acara Open Day yang diadakan berbagai universitas sesering mungkin. Anda bisa mencari tahu tentang kehidupan sosial setiap universitas dengan cara meminta informasi kepada para mahasiswa yang sedang kuliah di universitas tersebut. Jika Anda adalah tipe individu yang tidak menyenangi keramaian, pilihlah tempat dengan komunitas yang lebih kecil. Ini penting karena Anda harus tinggal di sana selama tiga tahun ke depan. Atau bahkan lebih.

Selain itu, periksalah secara teliti apakah Anda memenuhi semua persyaratan masuk yang diajukan oleh universitas pilihan Anda. Jangan lupa mempertimbangkan kondisi keuangan Anda. Jika Anda menghadapi kesulitan di bidang ini, Anda bisa mempertimbangkan beasiswa.

Program Arkeologi apa saja yang tersedia di sana?

1

Arkeologi Mesir Kuno

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana
2

Arkeologi Periode / Zaman Tertentu

TINGKAT PENDIDIKAN Sarjana / Pascasarjana
3

Studi Tulisan Kuno (Paleografi)

TINGKAT PENDIDIKAN Sarjana / Pascasarjana
4

Ilmu Pengetahuan Arkeologi

TINGKAT PENDIDIKAN Sarjana / Pascasarjana

10 Negara tujuan kuliah untuk jurusan Arkeologi

1
210
Inggris
DILIHAT 1,924 KALI Lihat 55 program
2
114
Malaysia
DILIHAT 568 KALI Lihat 2 program
3
9
Australia
DILIHAT 547 KALI Lihat 15 program
4
131
Belanda
DILIHAT 452 KALI Lihat 4 program
5
93
Jepang
DILIHAT 335 KALI Lihat 1 program
6
211
Amerika Serikat
DILIHAT 229 KALI Lihat 108 program
7
204
Turki
DILIHAT 158 KALI Lihat 2 program
8
69
Jerman
DILIHAT 62 KALI Lihat 1 program
9
173
Korea Selatan
DILIHAT 61 KALI Lihat 1 program
10
53
Mesir
DILIHAT 56 KALI Lihat 1 program