Jurusan Teknik Biomedis di luar negeri

TENTANG JURUSAN INI

  • TENTANG JURUSAN INI
  • APAKAH JURUSAN INI TEPAT UNTUK SAYA?
  • PROSPEK KERJA
  • PROSES PERKULIAHAN
  • MENENTUKAN TEMPAT KULIAH
Biomedical engineering

Teknik biomedis adalah pengaplikasian teknik dan prinsip teknik dalam bidang medis. Bidang ini menggabungkan kemampuan desain dan pemecahan masalah seorang insinyur dengan ilmu medis dan ilmu biologi di bidang kedokteran, seperti diagnosa, pengawasan, dan terapi.

Subjek ini mencakup berbagai topik, dari tungkai bionik, implantasi hingga rekayasa farmasi.

APAKAH JURUSAN INI TEPAT UNTUK SAYA?

Apakah Anda antusias tentang teknik biomedis? Apakah Anda merasa takjub akan obat-obatan dan dampak teknik bagi kesehatan? Jika demikian, maka mungkin Anda bisa mempertimbangkan Jurusan Teknik Biomedis sebagai pilihan Anda.

Namun, jika Anda ingin menekuni jurusan ini, maka Anda harus memiliki pemahaman yang kuat di Bidang Biologi, Kimia dan Fisika. Penilaian akan dilakukan melalui tes tertulis dan tugas praktek. Untuk berprestasi di bidang ini, Anda harus banyak membaca dan mau melakukan banyak penelitian ekstra baik secara individual maupun kelompok, baik di dalam dan di luar jam pelajaran.

Menghadiri kelas kuliah tentu saja menjadi kewajiban yang harus dipenuhi. Akan tetapi di luar itu, untuk meraih nilai yang maksimal, kegiatan praktek misalnya di laboratorium juga harus dipenuhi.

PROSPEK KERJA

Setelah menamatkan kuliah ,banyak lulusan yang mengejar karir di bidang Teknik Biomedis, dimana mereka secara aktif terlibat dalam penelitian, desain dan pengembangan produk maupun peralatan medis. Disamping itu mereka juga berperan penting dalam membantu proses rehabilitasi pasien yang menderita kesulitan fisik dan mental. Tergantung lokasi, gaji awal untuk seorang Insinyur Biomedis adalah sekitar £ 21.176 per tahun di Inggris.

Bagi para lulusan yang memiliki pengalaman sebelumnya dalam bidang ini juga sangat diminati untuk peran sebagai asisten penelitian medis.

Di luar Industri Biomedis juga tersedia beragam lowongan kerja untuk para lulusan Teknik Biomedis. Diantaranya adalah jurnalis medis, atau penulis proposal permohonan pendanaan untuk organisasi amal.

Jika para lulusan mau melanjutkan studi mereka, mereka dapat juga mengambil kursus hukum GDL dan mengejar karir di bidang hukum, atau mengambil program PGCE dan mengajarkan Pelajaran Teknik untuk siswa Sekolah Menengah.

PROSES PERKULIAHAN

Mayoritas universitas mengharapkan para calon mahasiswa yang mendaftar di Jurusan Teknik Biomedis untuk memiliki nilai nilai A atau kualifikasi setara dalam Pelajaran Matematika, Biologi, Fisika dan Kimia.

Mahasiswa Teknik Biomedis juga diharapkan untuk menghadiri kuliah secara reguler dan wajib menghadiri ujian. Karena itu para mahasiswa harus fasih berbahasa Inggris. Bagi pelajar asing yang ingin mendaftar di jurusan ini, nilai minimal yang harus dicapai pada Tes IELTS adalah 6.5.

Jurusan Teknik Biomedis menilai mahasiswa mereka melalui kegiatan praktek individual serta mengharapkan para mahasiswa untuk terlibat dalam skema penempatan kerja melalui universitas. Sebagian besar universitas akan memiliki hubungan dengan perusahaan-perusahaan Teknik Sipil dan akan dapat membantu para mahasiswa dalam proses penempatan kerja.

Ada juga sejumlah Program Pascasarjana yang berlangsung selama sekitar 1 sampai 3 tahun, tergantung pada masing-masing program dan apakah Anda memutuskan untuk belajar penuh waktu atau paruh waktu. Bagi yang ingin mendaftar di Tingkat Pascasarjana harus memiliki Gelar Sarjana dengan predikat 2:1 dalam subjek yang terkait.

MENENTUKAN TEMPAT KULIAH

Sebelum memutuskan universitas mana yang akan Anda pilih, terlebih dahulu pelajarilah modul-modul yang ditawarkan. Apakah modul-modul tersebut sesuai dengan bidang yang ingin Anda pelajari? Apakah modul-modul tersebut akan memberikan Anda prospek kerja yang lebih baik? Selain itu carilah universitas yang mempunyai dosen-dosen yang berpengalaman di Bidang Teknik Biomedis.

Anda harus selalu melihat persyaratan masuk universitas dan keuangan Anda sendiri sebelum mengajukan aplikasi ke universitas pilihan Anda. Apakah Anda memiliki nilai yang tepat untuk masuk? Apakah biaya kuliah dan biaya hidup bisa Anda tangani? Jika Anda masih berjuang untuk mengamankan pendanaan, ada sejumlah beasiswa yang bisa membantu Anda.

Selain universitas, lokasi juga sangat penting. Anda akan belajar untuk setidaknya 3 tahun atau bahkan lebih, sehingga sangat penting bahwa universitas pilihan Anda terletak di sebuah lingkungan di mana Anda akan berkembang dengan baik secara sosial dan akademis.

10 Negara tujuan kuliah untuk jurusan Teknik Biomedis

1
210
Inggris
DILIHAT 989 KALI Lihat 37 program
2
114
Malaysia
DILIHAT 963 KALI Lihat 8 program
3
69
Jerman
DILIHAT 697 KALI Lihat 4 program
4
93
Jepang
DILIHAT 676 KALI Lihat 4 program
5
211
Amerika Serikat
DILIHAT 640 KALI Lihat 204 program
6
168
Singapura
DILIHAT 502 KALI Lihat 6 program
7
9
Australia
DILIHAT 463 KALI Lihat 14 program
8
173
Korea Selatan
DILIHAT 398 KALI Lihat 3 program
9
190
Swiss
DILIHAT 161 KALI Lihat 3 program
10
32
Kanada
DILIHAT 112 KALI Lihat 19 program