Jurusan Planologi di luar negeri

TENTANG JURUSAN INI

  • TENTANG JURUSAN INI
  • APAKAH JURUSAN INI TEPAT UNTUK SAYA?
  • PROSPEK KERJA
  • PROSES PERKULIAHAN
  • MENENTUKAN TEMPAT KULIAH
Built Environment

Planologi adalah ilmu yang mempelajari sebuah wilayah atau kota beserta unsur yang ada didalamnya. Planologi merupakan ilmu yang sangat kompleks dimana Anda harus mempelajari berbagai disiplin ilmu seperti Geologi, Geografi, Ekonomi, Politik, Sosial budaya, dan masih banyak lagi. Ini dikarenakan oleh dalam merencanakan suatu wilayah atau pun kota, Anda harus mempertimbangkan segala aspek yang dapat mempengaruhi wilayah atau pun kota tersebut.

APAKAH JURUSAN INI TEPAT UNTUK SAYA?

Apakah Anda menyukai bidang konstruksi? Apakah anda antusias akan dampak dari lingkungan yang dibangun terhadap gaya hidup masyarakat? Jika demikian, Anda boleh mempertimbangkan untuk mengejar program kuliah ini.

Jika Anda ingin menekuni bidang ini, Anda harus memiliki bakat dan minat dalam Bidang Matematika, Ilmu Pengetahuan, Geologi, serta Sejarah Konstruksi, karena ini akan menjadi konten utama dari Jurusan Planologi.

Para mahasiswa Jurusan Planologi tidak hanya diharapkan untuk menghadiri kelas kuliah dan tutorial secara reguler, tetapi juga harus melakukan penelitian secara individual di waktu luang.

PROSPEK KERJA

Ada berbagai kesempatan kerja yang tersedia bagi mereka dengan gelar Sarjana Planologi. Banyak para lulusan yang memilih untuk bekerja dalam karir yang meliputi laporan tertulis, kerja lapangan dan penelitian, atau bahkan bekerja sebagai konsultan dalam Industri Konstruksi.

Ada juga banyak organisasi amal milik pemerintah yang mencari lulusan dari Jurusan Planologi untuk bekerja dalam bidang jasa kepedulian sosial serta sektor perumahan dari pemerintah daerah.

Ada juga banyak kesempatan bagi para lulusan untuk mencari pekerjaan di sektor lain seperti Bisnis, Keuangan, Sumber Daya Manusia dan bahkan di sektor Hukum Kontrak dan Hukum Komersial.

PROSES PERKULIAHAN

Syarat masuk untuk Program Sarjana Planologi adalah mempunyai nilai nilai A di mata pelajaran Geografi. Sedangkan untuk Program Pascasarjana, Anda harus terlebih dahulu menamatkan Program Sarjana dengan predikat 2:1. Bagi pelajar asing, harus memiliki Sertifikat IELTS dengan nilai minimal 6.0.

Sebagai akibat dari perdebatan yang berkelanjutan di bidang perkembangan teknologi, Planologi menjadi jurusan dengan topik-topik menarik yang selalu mengikuti perubahan jaman. Program Sarjana pada umumnya akan memakan waktu 3 tahun, sedangkan Program Pascasarjana pada umumnya akan memakan waktu selama 1 tahun.

Metode penilaian akan sangat tergantung pada universitas pilihan Anda, tingkat studi dan modul Anda. Kebanyakan modul akan meminta Anda untuk menyelesaikan penilaian tertulis seperti ujian, esai atau laporan studi kasus. Demikian pula, Anda juga akan diharapkan untuk secara aktif mengumpulkan dan menganalisa data untuk tujuan penelitian.

MENENTUKAN TEMPAT KULIAH

Sebelum memutuskan universitas mana yang akan Anda pilih, terlebih dahulu pelajarilah modul-modul yang ditawarkan. Apakah modul-modul tersebut sesuai dengan bidang yang ingin Anda pelajari? Apakah modul-modul tersebut akan memberikan Anda prospek kerja yang lebih baik? Selain itu carilah universitas dengan fasilitas yang baik dalam bidang penelitian, serta yang mempunyai jaringan kuat dengan industri terkait. Ini akan memudahkan Anda untuk mencari pengalaman kerja di saat kuliah serta lebih menjamin masa depan karir Anda setelah tamat nanti.

Anda harus selalu melihat persyaratan masuk universitas dan keuangan Anda sendiri sebelum mengajukan aplikasi ke universitas pilihan Anda. Apakah Anda memiliki nilai yang tepat untuk masuk? Kadang kompetisi antara para calon mahasiswa bisa saja sangat ketat. Semakin tinggi kualifikasi Anda, semakin besar kemungkinan Anda akan diterima di universitas pilihan Anda. Kemudian, hal yang perlu dipertimbangkan juga adalah apakah biaya kuliah beserta biaya hidup bisa Anda tangani? Jika Anda masih berjuang untuk mengamankan pendanaan, ada sejumlah beasiswa yang bisa membantu Anda.

Program Planologi apa saja yang tersedia di sana?

1

Lingkungan Yang Sudah Terbangun (Umum)

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana

10 Negara tujuan kuliah untuk jurusan Planologi

1
9
Australia
DILIHAT 850 KALI Lihat 17 program
2
114
Malaysia
DILIHAT 552 KALI Lihat 12 program
3
210
Inggris
DILIHAT 511 KALI Lihat 35 program
4
93
Jepang
DILIHAT 242 KALI Lihat 1 program
5
173
Korea Selatan
DILIHAT 172 KALI Lihat 1 program
6
211
Amerika Serikat
DILIHAT 107 KALI Lihat 11 program
7
131
Belanda
DILIHAT 90 KALI Lihat 1 program
8
90
Italia
DILIHAT 62 KALI Lihat 1 program
9
32
Kanada
DILIHAT 24 KALI Lihat 6 program
10
174
Spanyol
DILIHAT 21 KALI Lihat 1 program