Jurusan Bimbingan Karir di luar negeri

TENTANG JURUSAN INI

  • TENTANG JURUSAN INI
  • APAKAH JURUSAN INI TEPAT UNTUK SAYA?
  • PROSPEK KERJA
  • PROSES PERKULIAHAN
  • MENENTUKAN TEMPAT KULIAH
Careers Advice

Di jaman ini, ada kecenderungan bahwa kaum muda memerlukan bantuan dari pihak luar untuk menentukan masa depan mereka. Misalnya, ada beberapa kaum muda yang tidak memiliki minat maupun bakat spesifik. Oleh karena itu mereka bisa saja bingung menentukan jurusan mana yang harus mereka tekuni, yang dimana keputusan mereka ini akan mempengaruhi karir mereka di masa depan. Oleh karena itu permintaan akan jasa Konseling Karir semakin meningkat dari hari ke hari. Sehingga Jurusan Konseling Karir juga menjadi jurusan yang banyak dilirik oleh para calon mahasiswa.

APAKAH JURUSAN INI TEPAT UNTUK SAYA?

Anda bisa mempertimbangkan jurusan ini jika Anda adalah seorang yang menyukai berinteraksi dengan orang lain. Jika Anda suka membantu orang untuk menyelesaikan masalah, dan mempunyai nasehat yang tepat untuk mereka, mungkin Anda bisa mengkhususkan kemampuan Anda untuk Bidang Konseling Karir.

Untuk berprestasi di bidang ini tentu saja Anda harus mempunyai kemampuan analisa yang kuat. Anda harus bisa menilai dan menganalisa karakter dari klien Anda untuk bisa membantu mereka dengan baik.

PROSPEK KERJA

Mayoritas lulusan jurusan ini mengambil profesi sebagai Penasihat Karir. Yang menjadi tugas dari seorang Penasihat Karir adalah menyediakan informasi, petunjuk dan petuah untuk membantu para klien untuk menentukan jurusan yang akan mereka pilih. Caranya adalah dengan mengadakan interview untuk mengenal klien mereka dengan lebih dekat, kemudian mengidentifikasi jurusan apa yang sesuai dengan karakter, bakat dan minat klien tersebut. Bagi klien yang membutuhkan bantuan dalam mencari karir yang sesuai, berbagai nasihat juga akan diberikan, termasuk cara menulis surat lamaran kerja.

PROSES PERKULIAHAN

Nilai minimal untuk mendaftar ke Program Sarjana adalah 3 nilai A atau setara. Lama kuliah berlangsung sekitar minimal 3 tahun.

Untuk Program Pascasarjana, lama kuliah pada umumnya berlangsung selama 1 tahun, tergantung Anda memilih untuk kuliah penuh waktu atau paruh waktu.

Bagi pelajar asing, nilai minimal yang harus dicapai pada Tes IELTS adalah 6.0-6.5.

MENENTUKAN TEMPAT KULIAH

Penting untuk diingat bahwa Anda harus memilih universitas yang akan memberi Anda kesempatan untuk meningkatkan potensi Anda di pasar kerja setelah lulus nanti. Meskipun tampaknya aneh untuk berpikir tentang memasuki dunia kerja sebelum Anda memutuskan di mana untuk belajar. Akan tetapi, perlu Anda ingat bahwa universitas adalah suatu jaringan untuk belajar sekaligus mencari kerja. Sebaiknya Anda mencari tahu di layanan karir universitas apakah mereka menawarkan penempatan paruh waktu untuk para mahasiswa mereka.

Pilihlah universitas yang sesuai kepribadian Anda. Cobalah untuk menghadiri acara Open Day yang diadakan berbagai universitas sesering mungkin. Anda bisa mencari tahu tentang kehidupan sosial setiap universitas dengan cara meminta informasi kepada para mahasiswa yang sedang kuliah di universitas tersebut. Jika Anda adalah tipe individu yang tidak menyenangi keramaian, pilihlah tempat dengan komunitas yang lebih kecil. Ini penting karena Anda harus tinggal di sana selama 3 tahun ke depan. Atau bahkan lebih.

Selain itu, Anda harus selalu melihat persyaratan masuk universitas dan keuangan Anda sendiri sebelum mengajukan aplikasi ke universitas pilihan Anda. Apakah Anda memiliki nilai yang tepat untuk masuk? Kemudian, hal yang perlu dipertimbangkan juga adalah apakah biaya kuliah beserta biaya hidup bisa Anda tangani? Jika Anda masih berjuang untuk mengamankan pendanaan, ada sejumlah beasiswa yang bisa membantu Anda.

Program Bimbingan Karir apa saja yang tersedia di sana?

1

Persiapan Untuk Pelatihan / Pendidikan

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana
2

Program Persiapan

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana
3

Persiapan Tugas Publik

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana
4

Persiapan Tugas Militer

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana

10 Negara tujuan kuliah untuk jurusan Bimbingan Karir

1
114
Malaysia
DILIHAT 3,694 KALI Lihat 43 program
2
9
Australia
DILIHAT 2,982 KALI Lihat 64 program
3
210
Inggris
DILIHAT 2,926 KALI Lihat 152 program
4
134
Selandia Baru
DILIHAT 1,196 KALI Lihat 28 program
5
168
Singapura
DILIHAT 569 KALI Lihat 20 program
6
211
Amerika Serikat
DILIHAT 347 KALI Lihat 237 program
7
131
Belanda
DILIHAT 261 KALI Lihat 4 program
8
32
Kanada
DILIHAT 217 KALI Lihat 38 program
9
93
Jepang
DILIHAT 185 KALI Lihat 1 program
10
39
Cina
DILIHAT 47 KALI Lihat 4 program