Jurusan Tata Boga di luar negeri

TENTANG JURUSAN INI

  • TENTANG JURUSAN INI
  • APAKAH JURUSAN INI TEPAT UNTUK SAYA?
  • PROSPEK KERJA
  • PROSES PERKULIAHAN
  • MENENTUKAN TEMPAT KULIAH
Catering

Katering adalah industri yang memiliki banyak kesempatan kerja dengan banyak ruang untuk berkembang. Selama populasi manusia terus bertambah, permintaan untuk makanan akan selalu ada. Dengan masyarakat yang semakin sadar akan kesehatan, permintaan terhadap persediaan makanan yang berkualitas semakin meningkat.

APAKAH JURUSAN INI TEPAT UNTUK SAYA?

Apakah Anda menyenangi hal-hal yang berhubungan dengan makanan dan proses pembuatannya? Jika demikian, Anda bisa mempertimbangkan Jurusan Katering.

Mencicipi dan memasak adalah kegiatan utama dalam jurusan ini. Selain itu Anda juga akan mempelajari proses pengoperasian katering di dunia kuliner sehari-hari. Tentu saja ini tidak bisa terlepas dari pengetahuan akan pengadaan bahan makanan lokal dan bahan makanan organik.Jadi, jurusan ini mencakup pengetahuan di bidang praktek dan juga teori.

PROSPEK KERJA

Mayoritas para lulusan bekerja di bidang industri makanan dan perhotelan. Profesi yang tersedia di bidang ini adalah Manajer Katering, Manajer Restoran, Bagian Pengadaan Barang untuk perhotelan dan toko-toko makanan.

Ada juga para lulusan yang memilih untuk melanjutkan pendidikan mereka. Misalnya mengambil Program Pasca Sarjana dengan Seritifikat PGCE (Post-Graduate Certificate for Education) untuk bisa mengajar di sekolah menengah. Ada juga yang mengambil program ekstra yang memberi mereka kualifikasi untuk menjadi seorang Ahli Diet.

Bagi yang ingin menjadi Koki bisa juga mengambil pelatihan tambahan setelah Program Sarjana. Jika Anda adalah lulusan Sarjana dengan nilai yang sangat bagus, Anda bisa bekerja di Departemen Pengembangan Produk; melakukan penelitian dan menganalisa informasi nutrisi makanan.

PROSES PERKULIAHAN

Pada umumnya Program Sarjana akan berlangsung selama 3 tahun. Tetapi bila Anda berprestasi, Anda bisa saja menerima tawaran untuk memperpanjang pendidikan Anda di luar negeri selama 1 tahun. Ataupun Anda bisa mendapatkan tawaran penempatan kerja di tahun ke-2 atau tahun ke-3 Program Sarjana.

Syarat masuk sebagian universitas untuk Program Sarjana adalah 3 nilai A atau setara. Sebaiknya Anda mempunyai nilai nilai A di Bidang Sains dan Bisnis. Tentu saja syarat ini bisa berbeda-beda tergantung dari universitas mana yang Anda pilih.

Untuk Program Pascasarjana, Anda bisa memilih program-program yang berkaitan dengan tehnik memasak ataupun manajemen makanan. Syarat masuk Program Pascasarjana adalah memiliki Gelar Sarjana dengan predikat 2:1.

Bagi pelajar asing diwajibkan untuk lulus Tes IELTS dengan nilai minimal 6.0.

Metode pengajaran yang disampaikan tergantung oleh modul dari tiap universitas. Ada modul-modul yang berbasis teori, sehingga disampaikan di ruang kuliah. Ada juga modul-modul yang berbasis praktek.

MENENTUKAN TEMPAT KULIAH

Sebelum mengirimkan aplikasi permohonan belajar, periksalah isi program yang tersedia di universitas tersebut, apakah sesuai dengan minat Anda. terutama untuk Jurusan Katering, ada banyak bidang pembelajaran yang tersedia baik dari bidang penyediaan makanan sampai dengan bisnis katering itu sendiri.

Anda juga harus mencari informasi apakah universitas Anda banyak menjalin hubungan kerja sama dengan perusahaan-perusahaan di Industri Katering. Ini akan memudahkan Anda untuk mencari penempatan kerja. Banyak perusahaan yang lebih menyukai para lulusan yang mempunyai pengalaman kerja.

Pilihlah universitas yang sesuai kepribadian Anda. Cobalah untuk menghadiri acara Open Day yang diadakan berbagai universitas sesering mungkin. Anda bisa mencari tahu tentang kehidupan sosial setiap universitas dengan cara meminta informasi kepada para mahasiswa yang sedang kuliah di universitas tersebut. Jika Anda adalah tipe individu yang tidak menyenangi keramaian, pilihlah tempat dengan komunitas yang lebih kecil. Ini penting karena Anda harus tinggal di sana selama 3 tahun ke depan. Atau bahkan lebih.

Selain itu, Anda harus selalu melihat persyaratan masuk universitas dan keuangan Anda sendiri sebelum mengajukan aplikasi ke universitas pilihan Anda. Apakah Anda memiliki nilai yang tepat untuk masuk? Kemudian, hal yang perlu dipertimbangkan juga adalah apakah biaya kuliah beserta biaya hidup bisa Anda tangani? Jika Anda masih berjuang untuk mengamankan pendanaan, ada sejumlah beasiswa yang bisa membantu Anda.

Program Tata Boga apa saja yang tersedia di sana?

1

Manajemen Hotel / Jasa Boga (Umum)

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana
2

Manajemen Restoran

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana
3

Jasa Makanan

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana
4

Jasa Makanan / Minuman

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana

10 Negara tujuan kuliah untuk jurusan Tata Boga

1
9
Australia
DILIHAT 2,284 KALI Lihat 17 program
2
114
Malaysia
DILIHAT 2,118 KALI Lihat 13 program
3
173
Korea Selatan
DILIHAT 1,642 KALI Lihat 1 program
4
32
Kanada
DILIHAT 707 KALI Lihat 15 program
5
210
Inggris
DILIHAT 668 KALI Lihat 13 program
6
69
Jerman
DILIHAT 548 KALI Lihat 1 program
7
134
Selandia Baru
DILIHAT 495 KALI Lihat 11 program
8
211
Amerika Serikat
DILIHAT 478 KALI Lihat 104 program
9
168
Singapura
DILIHAT 381 KALI Lihat 7 program
10
63
Perancis
DILIHAT 266 KALI Lihat 2 program