Jurusan Teknik Kimia dan Material di luar negeri

TENTANG JURUSAN INI

  • TENTANG JURUSAN INI
  • APAKAH JURUSAN INI TEPAT UNTUK SAYA?
  • PROSPEK KERJA
  • PROSES PERKULIAHAN
  • MENENTUKAN TEMPAT KULIAH
Chemical and Materials Engineering

Teknik kimia adalah cabang teknik yang berkaitan dengan ilmu-ilmu fisik seperti kimia dan fisika dan merupakan seni memahami bagaimana mengkonversi bahan baku dan bahan kimia menjadi zat yang lebih bernilai. Jurusan ini baru-baru ini dianggap sebagai subjek akademis yang berdiri sendiri serta terbagi menjadi dua cabang: desain dan pembuatan mesin serta pengembangan material dan zat-zat baru.

APAKAH JURUSAN INI TEPAT UNTUK SAYA?

Apakah anda antusias tentang Ilmu Fisika? Apakah Anda menyukai rekayasa? Jika demikian, maka jurusan ini akan menjadi program belajar yang sempurna untuk Anda.

Selain jam kuliah yang padat, para mahasiswa juga diwajibkan untuk melakukan penelitian, menulis laporan dan menyelesaikan tugas-tugas untuk menunjukkan seberapa mereka menguasai pelajaran yang disampaikan.

PROSPEK KERJA

Banyak para lulusan yang mencari pekerjaan di Bidang Teknik Kimia seperti melakukan penelitian, mendesain dan mengembangkan bahan baku zat kimia untuk kegunaan hidup sehari-hari.

Di luar Bidang Teknik Kimia, bidang karir yang tersedia bagi para lulusan Teknik Material dan Kimia adalah bidang seperti pengembangan produk dan manajemen produksi. Ini dikarenakan para lulusan dibekali dengan pengetahuan yang mendalam mengenai penciptaan produk.

Jika para lulusan ingin meniti karir yang lebih bersifat kejuruan, mereka bisa melanjutkan pendidikan ke Program Pasca Sarjana dengan kualifikasi di Bidang Hukum, Jurnalisme, Keuangan, dan Pendidikan.

PROSES PERKULIAHAN

Syarat untuk mendaftar ke Program Sarjana adalah kualifikasi nilai A untuk mata pelajaran Sains dan Matematika. Jika Anda ingin mendaftar ke Universitas ternama, syarat masuknya bisa lebih tinggi.

Para mahasiswa akan dinilai melalui proyek individual yang mereka kerjakan. Hasil dari penempatan kerja juga akan dinilai. Mayoritas universitas dengan jurusan ini mempunyai hubungan kerja sama dengan perusahaan-perusahaan yang bergerak di industri-industri yang terkait, sehingga para mahasiswa akan lebih mudah menemukan penempatan kerja.

Program Pascasarjana tersedia bagi mereka yang sudah mempunyai gelar Sarjana dengan pengalaman kerja yang relevan dalam Bidang Teknik Material dan Kimia. Lama kuliah akan tergantung pada program yang Anda pilih dan apakan Anda memilih untuk kuliah penuh waktu atau paruh waktu. Pada umumnya Program Pascasarjana berlangsung sekitar 1 tahun.

Bagi pelajar asing, nilai minimal yang harus dicapai pada Tes IELTS adalah 6.0-6.5.

MENENTUKAN TEMPAT KULIAH

Sebelum memutuskan universitas mana yang akan Anda pilih, terlebih dahulu pelajarilah modul-modul yang ditawarkan. Apakah modul-modul tersebut sesuai dengan bidang yang ingin Anda pelajari? Apakah modul-modul tersebut akan memberikan Anda prospek kerja yang lebih baik? Selain itu carilah universitas dengan fasilitas yang baik dalam bidang penelitian, serta yang mempunyai jaringan kuat dengan industri terkait. Ini akan memudahkan Anda untuk mencari pengalaman kerja di saat kuliah serta lebih menjamin masa depan karir Anda setelah tamat nanti.

Pilihlah universitas yang sesuai kepribadian Anda. Cobalah untuk menghadiri acara Open Day yang diadakan berbagai universitas sesering mungkin. Anda bisa mencari tahu tentang kehidupan sosial setiap universitas dengan cara meminta informasi kepada para mahasiswa yang sedang kuliah di universitas tersebut. Jika Anda adalah tipe individu yang tidak menyenangi keramaian, pilihlah tempat dengan komunitas yang lebih kecil. Ini penting karena Anda harus tinggal di sana selama tiga tahun ke depan. Atau bahkan lebih.

Selain itu, Anda harus selalu melihat persyaratan masuk universitas dan keuangan Anda sendiri sebelum mengajukan aplikasi ke universitas pilihan Anda. Apakah Anda memiliki nilai yang tepat untuk masuk? Kadang kompetisi antara para calon mahasiswa bisa saja sangat ketat. Semakin tinggi kualifikasi Anda, semakin besar kemungkinan Anda akan diterima di universitas pilihan Anda. Kemudian, hal yang perlu dipertimbangkan juga adalah apakah biaya kuliah beserta biaya hidup bisa Anda tangani? Jika Anda masih berjuang untuk mengamankan pendanaan, ada sejumlah beasiswa yang bisa membantu Anda.

Program Teknik Kimia dan Material apa saja yang tersedia di sana?

1

Rekayasa Kimia

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana
2

Rekayasa & Teknologi Material

TINGKAT PENDIDIKAN Sarjana / Pascasarjana
3

Rekayasa Material (Umum)

TINGKAT PENDIDIKAN Sarjana / Pascasarjana
4

Teknologi Perminyakan

TINGKAT PENDIDIKAN Sarjana / Pascasarjana

10 Negara tujuan kuliah untuk jurusan Teknik Kimia dan Material

1
114
Malaysia
DILIHAT 3,731 KALI Lihat 31 program
2
210
Inggris
DILIHAT 3,468 KALI Lihat 56 program
3
9
Australia
DILIHAT 1,593 KALI Lihat 18 program
4
211
Amerika Serikat
DILIHAT 1,278 KALI Lihat 264 program
5
173
Korea Selatan
DILIHAT 789 KALI Lihat 5 program
6
93
Jepang
DILIHAT 562 KALI Lihat 5 program
7
168
Singapura
DILIHAT 546 KALI Lihat 7 program
8
131
Belanda
DILIHAT 457 KALI Lihat 4 program
9
32
Kanada
DILIHAT 446 KALI Lihat 31 program
10
62
Finlandia
DILIHAT 294 KALI Lihat 2 program