Jurusan Kimia di luar negeri

TENTANG JURUSAN INI

  • TENTANG JURUSAN INI
  • APAKAH JURUSAN INI TEPAT UNTUK SAYA?
  • PROSPEK KERJA
  • PROSES PERKULIAHAN
  • MENENTUKAN TEMPAT KULIAH
Chemistry

Kimia adalah ilmu yang mempelajari mengenai komposisi, struktur, dan sifat zat atau materi dari skala atom hingga molekul serta transformasi dan interaksi mereka untuk membentuk materi yang ditemukan di kehidupan sehari-hari. Istilah Ahli Kimia pertama kali muncul pada abad ke-9 di Negara Arab, dimana manusia menemukan bahwa panas dan api bisa mengubah zat satu menjadi zat yang lain.

Dari tahun ke tahun, ada banyak cabang pelajaran yang terbagi dari Ilmu Kimia. Cabang pelajaran yang paling terkenal adalah Alkimia. Tanpa kita sadari, hidup kita sehari-hari banyak dipengaruhi oleh proses kimia, baik itu adalah dari barang-barang yang kita pakai (misalnya obat-obatan, kosmetik, pakaian) hingga dengan fenomena alam pada umumya. Oleh karena itu Kimia mempunyai peran yang penting bagi manusia untuk lebih mengenal lingkungan dan mempelajari dampak dari berbagai hal terhadap kehidupan mereka.

APAKAH JURUSAN INI TEPAT UNTUK SAYA?

Karena banyaknya kegiatan laboratorium, modal utama tentulah harus memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, kesabaran yang tinggi dan daya analisis yang kuat. Minat di bidang kimia merupakan suatu keharusan di jurusan ini. Memiliki kemampuan tinggi di Bidang Matematika juga akan menjadi penunjang yang sangat baik. Karena banyaknya kegiatan laboratorium, calon pendaftar untuk jurusan ini tidak boleh ada yang menderita buta warna.

Karena Kimia mencakup bidang yang luas, sebelumnya Anda harus memastikan bidang mana yang ingin Anda tekuni, misalnya seperti Kimia Farmasi, Kimia Forensik atau Kimia Biomedis.

PROSPEK KERJA

Gaji awal rata-rata untuk lulusan Sarjana Kimia di Inggris adalah sekitar £18,917 per tahun. Tentu saja ini bisa berbeda tergantung lokasi di mana Anda bekerja, dan juga tergantung kualifikasi yang Anda capai selama kuliah. Ada tidaknya pengalaman praktek juga ikut menentukan gaji Anda.

Prospek karir di bidang kimia cukup beragam. Anda bisa bekerja sebagai peneliti di berbagai instansi; baik instansi pemerintah, lembaga asing, maupun industri swasta. Anda juga bisa bekerja di laboratorium industri makanan, farmasi, tekstil, petrokimia, dan sebagainya. Banyak juga lulusan kimia yang terjun ke dunia pendidikan sebagai tenaga pengajar di sekolah atau dosen di universitas.

Jika Anda ingin melanjutkan ke Program Pasca Sarjana, Anda juga bisa terjun ke dunia pendidikan sebagai tenaga pengajar di sekolah atau dosen di universitas. Tergantung progam atau spesifikasi yang Anda pilih, Anda juga bisa bekerja di Bidang Jurnalisme, Hukum dan bahkan Bisnis.

PROSES PERKULIAHAN

Syarat untuk mendaftar ke Program Sarjana adalah kualifikasi nilai A untuk mata pelajaran Kimia dan Matematika. Pada umumnya Program Sarjana akan berlangsung selama 3 tahun. Tetapi bila Anda berprestasi, Anda bisa saja menerima tawaran untuk penempatan kerja di tahun ke-2 atau tahun ke-3 Program Sarjana.

Bagi pelajar asing diwajibkan untuk lulus Tes IELTS dengan nilai minimal 6.0-6.5.

MENENTUKAN TEMPAT KULIAH

Kimia adalah bidang yang sangat luas, oleh karena itu sebelumnya tentukanlah bidang mana yang ingin Anda tekuni. Apakah itu adalah farmasi, forensik, biomedis atau lainnya. Kemudian pelajarilah modul-modul yang ditawarkan oleh Universitas. Apakah modul-modul tersebut sesuai dengan bidang yang ingin Anda pelajari.

Selain itu carilah universitas dengan fasilitas yang baik dalam bidang penelitian, serta yang mempunyai jaringan kuat dengan industri terkait. Ini akan memudahkan Anda untuk mencari pengalaman kerja di saat kuliah serta lebih menjamin masa depan karir Anda setelah tamat nanti. Karena perusahaan-perusahaan biasanya akan memprioritaskan menerima lulusan dari universitas yang bekerja sama dengan mereka sebagai karyawan. Apalagi jika sebelumnya Anda telah pernah magang di perusahaan tersebut di saat kuliah.

Anda harus selalu melihat persyaratan masuk universitas sebelum mengajukan aplikasi ke universitas pilihan Anda. Apakah Anda memiliki nilai yang tepat untuk masuk? Kadang kompetisi antara para calon mahasiswa bisa saja sangat ketat. Terutama universitas-universitas ternama seperti St. Andres dan Cambridge. Semakin tinggi kualifikasi Anda, semakin besar kemungkinan Anda akan diterima di universitas pilihan Anda. Pada umumnya, syarat yang diminta oleh Program Sarjana adalah 3 A-level untuk mata pelajaran yang berhubungan dengan sains, dan syarat untuk mendaftar ke Program Pasca Sarjana adalah mempunyai Gelar Sarjana di bidang terkait dengan predikat 2:1.

Kemudian, hal yang perlu dipertimbangkan juga adalah apakah biaya kuliah beserta biaya hidup bisa Anda tangani? Jika Anda masih berjuang untuk mengamankan pendanaan, ada sejumlah beasiswa yang bisa membantu Anda.

Program Kimia apa saja yang tersedia di sana?

1

Kimia (Umum)

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana
2

Kimia Medis

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana
3

Kimia Molekular

TINGKAT PENDIDIKAN Sarjana / Pascasarjana
4

Kimia Komputasi

TINGKAT PENDIDIKAN Sarjana / Pascasarjana

10 Negara tujuan kuliah untuk jurusan Kimia

1
210
Inggris
DILIHAT 2,312 KALI Lihat 103 program
2
93
Jepang
DILIHAT 2,159 KALI Lihat 9 program
3
9
Australia
DILIHAT 1,888 KALI Lihat 33 program
4
114
Malaysia
DILIHAT 1,529 KALI Lihat 18 program
5
69
Jerman
DILIHAT 1,516 KALI Lihat 11 program
6
173
Korea Selatan
DILIHAT 1,155 KALI Lihat 4 program
7
211
Amerika Serikat
DILIHAT 522 KALI Lihat 664 program
8
168
Singapura
DILIHAT 470 KALI Lihat 7 program
9
131
Belanda
DILIHAT 454 KALI Lihat 7 program
10
190
Swiss
DILIHAT 269 KALI Lihat 7 program