Jurusan Hukum Perdata di luar negeri

TENTANG JURUSAN INI

  • TENTANG JURUSAN INI
  • APAKAH JURUSAN INI TEPAT UNTUK SAYA?
  • PROSPEK KERJA
  • PROSES PERKULIAHAN
  • MENENTUKAN TEMPAT KULIAH
Civil Law

Hukum Perdata adalah ketentuan-ketentuan yang mengatur dan membatasi tingkah laku perseorangan maupun kelompok dalam memenuhi kepentingannya. Hukum Perdata sering pula dibedakan dalam pengertian yang luas (termasuk hukum dagang) dan pengertian yang sempit (diluar hukum dagang). Istilah Hukum Perdata sering juga disebut Hukum Sipil dan Hukum Privat. Berbeda dengan Hukum Pidana, dimana kesalahan terdakwa harus ditebus dangan hukuman penjara, Hukum Perdata memungkinkan terdakwa menebus kesalahan mereka dengan memberi kompensasi berbentuk material kepada pihak penggugat.

Satu perbedaan yang signifikan antara Hukum Perdata dan Hukum Pidana adalah Hukum Pidana menjatuhkan hukuman berdasarkan bukti solid dan sesuai dengan ketetapan Undang-undang. Sedangkan Hukum Perdata menjatuhkan hukuman menurut jumlah kerugian yang diderita oleh pihak penggugat, baik secara material maupun immaterial.

Hukum Perdata dapat mencakup berbagai masalah hukum dari hukum keluarga, hukum bisnis, hukum olahraga hingga klaim kelalaian.

APAKAH JURUSAN INI TEPAT UNTUK SAYA?

Jika Anda menyenangi sistem Hukum Inggris dan ingin belajar bagaimana untuk mewakili hak-hak rakyat dalam kapasitas non-kriminal, maka Anda mungkin boleh mempertimbangkan untuk menekuni Jurusan Hukum Perdata.

Hukum bukanlah ilmu yang gampang dipelajari. Anda harus banyak mempelajari studi kasus dan kemudian menerapkannya untuk menyelesaikan kasus-kasus di dunia nyata. Oleh karena itu diperlukan daya analisa yang kuat dan pemikiran yang tajam.

PROSPEK KERJA

Mayoritas mahasiswa memilih jurusan ini dengan maksud untuk menekuni profesi di Bidang Hukum seperti Pengacara ataupun Penasihat Hukum.

Namun, tidak setiap lulusan memutuskan untuk mengejar karir dalam Bidang Hukum, dan cukup banyak Sarjana Hukum yang memasuki dunia kerja tanpa kualifikasi Pasca Sarjana. Keterampilan lulusan Hukum bisa dialihkan ke sektor bisnis, keuangan, sosial, industri kesejahteraan, sumber daya manusia, akuntansi dan bahkan jurnalisme. Bekerja dalam pasukan polisi juga menjadi pekerjaan populer bagi lulusan Sarjana Hukum.

PROSES PERKULIAHAN

Syarat umum untuk Program Sarjana Jurusan Hukum Perdata adalah 3 nilai A. Walaupun tidak wajib, tetapi bila Anda mencapai nilai A untuk mata pelajaran Hukum, Ekonomi, Inggris dan Sejarah, aplikasi masuk Anda akan lebih mejamin untuk diterima di universitas.

Syarat untuk mendaftar ke Program Pascasarjana adalah memiliki Gelar Sarjana dengan predikat 2:1 serta mempunyai pengalaman kerja di Bidang Hukum.

Bagi Pelajar asing diwajibkan untuk lulus Tes IELTS dengan nilai minimal 6.0-6.5.

Meskipun lama kuliah dari Program Sarjana Hukum Perdata adalah 3 tahun, banyak program yang akan berlangsung selama 4 tahun untuk memungkinkan mahasiswa mendapatkan pengalaman kerja dalam industri hukum. Universitas-universitas ternama di Inggris juga mengharuskan semua mahasiswa untuk mengikuti ujian penerimaan nasional untuk hukum [LNAT] sebelum program perkuliahan dimulai. Program Pascasarjana akan berlangsung dari antara 1 tahun hingga 3 tahun untuk pelatihan profesional.

MENENTUKAN TEMPAT KULIAH

Universitas-universitas seperti Cambridge, Oxford, Durham, University College London, Kings College London, Nottingham, Glasgow, Exeter and Bristol adalah universitas-Universitas yang ternama dalam Bidang Hukum di Inggris. Mereka mewajibkan mahasiswa mereka untuk lulus Ujian LNAT (National Admission Test for Law). Reputasi para lulusan dari universitas tersebut juga lebih dipandang di masyarakat, dan hal ini sangat membantu saat mereka mencari kerja, ataupun saat mereka ingin melanjutkan pendidikan mereka ke Program Pasca Sarjana.

Penting juga bagi Anda untuk memilih universitas yang sesuai dengan kepribadian Anda. Cobalah untuk menghadiri acara Open Day yang diadakan berbagai universitas sesering mungkin. Anda bisa mencari tahu tentang kehidupan sosial setiap universitas dengan cara meminta informasi kepada para mahasiswa yang sedang kuliah di universitas tersebut. Jika Anda adalah tipe individu yang tidak menyenangi keramaian, pilihlah tempat dengan komunitas yang lebih kecil. Ini penting karena Anda harus tinggal di sana selama tiga tahun ke depan. Atau bahkan lebih.

Selain itu, Anda harus selalu melihat persyaratan masuk universitas dan keuangan Anda sendiri sebelum mengajukan aplikasi ke universitas pilihan Anda. Apakah Anda memiliki nilai yang tepat untuk masuk? Hukum merupakan salah satu jurusan populer, sehingga kompetisi antara para calon mahasiswa bisa saja sangat ketat. Semakin tinggi kualifikasi Anda, semakin besar kemungkinan Anda akan diterima di universitas pilihan Anda.Kemudian, hal yang perlu dipertimbangkan juga adalah apakah biaya kuliah beserta biaya hidup bisa Anda tangani? Jika Anda masih berjuang untuk mengamankan pendanaan, ada sejumlah beasiswa yang bisa membantu Anda.

Program Hukum Perdata apa saja yang tersedia di sana?

1

Hukum Perusahaan

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana
2

Hukum (Undang-Undang Tertentu)

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana
3

Kekayaan Intelektual

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana
4

Hukum Perburuhan

TINGKAT PENDIDIKAN Sarjana / Pascasarjana

10 Negara tujuan kuliah untuk jurusan Hukum Perdata

1
210
Inggris
DILIHAT 3,101 KALI Lihat 107 program
2
131
Belanda
DILIHAT 2,445 KALI Lihat 8 program
3
9
Australia
DILIHAT 1,235 KALI Lihat 24 program
4
114
Malaysia
DILIHAT 883 KALI Lihat 7 program
5
168
Singapura
DILIHAT 650 KALI Lihat 3 program
6
69
Jerman
DILIHAT 374 KALI Lihat 3 program
7
173
Korea Selatan
DILIHAT 252 KALI Lihat 1 program
8
211
Amerika Serikat
DILIHAT 223 KALI Lihat 49 program
9
93
Jepang
DILIHAT 173 KALI Lihat 1 program
10
134
Selandia Baru
DILIHAT 134 KALI Lihat 2 program