Jurusan Ilmu Komputer di luar negeri

TENTANG JURUSAN INI

  • TENTANG JURUSAN INI
  • APAKAH JURUSAN INI TEPAT UNTUK SAYA?
  • PROSPEK KERJA
  • PROSES PERKULIAHAN
  • MENENTUKAN TEMPAT KULIAH
Computer Science

Ilmu komputer secara umum diartikan sebagai ilmu yang mempelajari baik tentang komputasi, perangkat keras (hardware) maupun perangkat lunak (software). Ilmu komputer mencakup beragam topik yang berkaitan dengan komputer, mulai dari analisis abstrak alogaritma sampai subyek yang lebih konkrit seperti bahasa pemrograman, perangkat lunak dan perangkat keras. Ilmu Komputer lebih menekankan pada pemrograman komputer, dan rekayasa perangkat lunak , sementara teknik komputer lebih cenderung berkaitan dengan hal-hal seperti perangkat keras komputer.

APAKAH JURUSAN INI TEPAT UNTUK SAYA?

Apakah Anda menyenangi komputer dan teknologi? Apakah Anda mempunyai rasa ingin tahu yang mendalam tentang teori dan praktek teknologi komputer? Jika demikian, mungkin Anda cocok di Bidang Ilmu Komputer.

Untuk menekuni jurusan ini, Anda harus punya dasar di bidang logis seperti Matematika, Sains dan Fisika. Selain itu diperlukan juga daya analisa yang tinggi, kemampuan untuk konsentrasi dan memecahkan masalah. Penilaian akan diambil dari hasil ujian tertulis dan praktek.

PROSPEK KERJA

Para lulusan pada umumnya memulai karir mereka dengan posisi sebagai trainee. Selain itu bisa juga bekerja sebagai progamer, pengembang web, atau bahkan sebagai penganalisa untuk proyek skala besar.

Ada juga pilihan untuk para lulusan mengambil pelatihan tambahan. Belakangan ini, permintaan untuk guru di jurusan Informasi Teknologi semakin meningkat. Banyak para lulusan yang mengambil pelatihan sebagai tenaga pengajar untuk mengajar di sekolah menengah. Keistimewaan untuk profesi guru adalah mendapat tunjangan dari pemerintah.

Sebagai bagian dari studi Anda, selain mempelajari ilmu yang berkaitan dengan komputerisasi, Anda juga akan belajar cara berkomunikasi secara efektif, bekerja dalam tim dan menganalisa data. Hal-hal ini akan berpotensi menjadikan Anda sebagai calon karyawan yang menarik minat banyak perusahaan. Gaji bisa berbeda-beda tergantung lokasi dan kebijakan masing-masing perusahaan.

PROSES PERKULIAHAN

Mayoritas Program Ilmu Komputer berlangsung antara 1 hingga 3 tahun. Program Sarjana mempelajari tentang teori ilmu pengetahuan mengenai sistem informasi dan cara menerapkannya di kehidupan sehari-hari. Sedangkan Program MA atau PhD mempelajari subjek yang lebih spesifik.

Kebanyakan syarat masuk yang diajukan universitas untuk Program Sarjana adalah 3 nilai A dalam bidang mata pelajaran yang terkait, misalnya Matematika. Sedangkan untuk Program Pascasarjana, para pelamar diwajibkan untuk memiliki Gelar Sarjana di bidang Ilmu Komputer atau di bidang terkait dengan kualifikasi yang memuaskan.

Bagi pelajar asing, nilai minimal yang harus dicapai dalam Tes IELTS adalah 6.0-6.5.

MENENTUKAN TEMPAT KULIAH

Sebelum memutuskan universitas mana yang akan Anda pilih, terlebih dahulu pelajarilah modul-modul yang ditawarkan. Apakah modul-modul tersebut sesuai dengan bidang yang ingin Anda pelajari? Apakah modul-modul tersebut akan memberikan Anda prospek kerja yang lebih baik? Kemudian, carilah universitas yang mempunyai jaringan kuat dengan industri terkait. Ini akan memudahkan Anda untuk mencari pengalaman kerja di saat kuliah serta lebih menjamin masa depan karir Anda setelah tamat nanti. Karena perusahaan-perusahaan biasanya akan memprioritaskan menerima lulusan dari universitas yang bekerja sama dengan mereka sebagai karyawan. Apalagi jika sebelumnya Anda telah pernah magang di perusahaan tersebut di saat kuliah.

Selain universitas, lokasi juga sangat penting. Anda akan belajar dan tinggal disana, sehingga sangat penting bahwa universitas pilihan Anda terletak di sebuah lingkungan di mana Anda akan berkembang dengan baik secara sosial dan akademis.

Selain itu, Anda harus selalu melihat persyaratan masuk universitas dan keuangan Anda sendiri sebelum mengajukan aplikasi ke universitas pilihan Anda. Apakah Anda memiliki nilai yang tepat untuk masuk? Kadang kompetisi antara para calon mahasiswa bisa saja sangat ketat. Semakin tinggi kualifikasi Anda, semakin besar kemungkinan Anda akan diterima di universitas pilihan Anda. Kemudian, hal yang perlu dipertimbangkan juga adalah apakah biaya kuliah beserta biaya hidup bisa Anda tangani? Jika Anda masih berjuang untuk mengamankan pendanaan, ada sejumlah beasiswa yang bisa membantu Anda.

Program Ilmu Komputer apa saja yang tersedia di sana?

1

Sistem Komputer

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana
2

Sistem Informasi

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana
3

Ilmu Informatika

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana
4

Rekayasa Perangkat Lunak

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana

10 Negara tujuan kuliah untuk jurusan Ilmu Komputer

1
210
Inggris
DILIHAT 9,379 KALI Lihat 215 program
2
114
Malaysia
DILIHAT 8,612 KALI Lihat 84 program
3
9
Australia
DILIHAT 6,412 KALI Lihat 96 program
4
93
Jepang
DILIHAT 5,045 KALI Lihat 9 program
5
168
Singapura
DILIHAT 4,637 KALI Lihat 31 program
6
69
Jerman
DILIHAT 4,534 KALI Lihat 28 program
7
211
Amerika Serikat
DILIHAT 3,812 KALI Lihat 830 program
8
173
Korea Selatan
DILIHAT 2,645 KALI Lihat 7 program
9
131
Belanda
DILIHAT 1,539 KALI Lihat 20 program
10
32
Kanada
DILIHAT 1,524 KALI Lihat 96 program