Jurusan Konseling di luar negeri

TENTANG JURUSAN INI

  • TENTANG JURUSAN INI
  • APAKAH JURUSAN INI TEPAT UNTUK SAYA?
  • PROSPEK KERJA
  • PROSES PERKULIAHAN
  • MENENTUKAN TEMPAT KULIAH
Counselling

Konseling adalah bentuk dari terapi psikologi untuk mengobati sakit mental seperti kekhawatiran yang berlebihan, depresi atau memperbaiki hubungan yang rusak. Banyak yang menganggap Teori-teori Psikoanalisis dari Sigmund Freud lah yang menjadi dasar dibentuknya Jurusan Konseling.

Sigmund fred bekerja dengan pasien-pasien yang mempunyai kecenderungan untuk menjadi histeris. Sedangkan di jaman ini, konseling mencakup permasalahan yang lebih luas, seperti masalah-masalah pribadi yang mengganggu pikiran pasien.

APAKAH JURUSAN INI TEPAT UNTUK SAYA?

Jika Anda mempunyai rasa ingin tahu yang besar akan pemikiran manusia, Anda boleh menekuni Jurusan Konseling.

Untuk memahami manusia dengan pemikiran dan masalah yang berbeda-beda, Anda harus mempunyai rasa empati yang tinggi. di Jurusan ini, Anda akan belajar tentang pengembangan karakter, kemampuan untuk membina hubungan jangka panjang dan menghadapi emosi pasien secara dewasa.

PROSPEK KERJA

Banyak mahasiswa mengambil Jurusan ini dengan harapan untuk menjadi seorang Konselor. Gaji rata-rata di Inggris untuk seorang konselor adalah £19,000 per tahun. Tentu saja perkiraanini bisa berbeda tergantung dari profesi koselor di bidang mana yang Anda pilih.

Di luar bidang Konseling, para lulusan juga bisa memilih untuk bekerja di bidang pelayanan jasa yang berhadapan dengan kaum muda maupun kaum tua yang kepribadiannya lebih rapuh. Banyak juga lembaga pendidikan yang mencari tenaga pengajar yang mempunyai pengalaman kerja di bidang pelayanan jasa untuk memberikan pelatihan kepada siswa-siswa.

Selain itu, para lulusan Jurusan Konseling juga bisa bekerja di bagian Layanan Pelanggan (Customer Service) atau pun mengambil peran dalam menyelesaikan konfik di suatu perusahaan.

PROSES PERKULIAHAN

Kebanyakan universitas mengharapkan calon mahasiswa yang ingin mendaftar di Jurusan Konseling untuk mempunyai kepribadian yang dewasa dan mempunyai kemampuan untuk mengatasi masalah. Jika Anda memiliki nilai nilai A untuk pelajaran Sosiologi, Psikologi dan Biologi, aplikasi masuk Anda untuk Program Sarjana kemungkinan besar akan diterima. Untuk Program Pascasarjana, Anda harus mempunyai Gelar Sarjana di bidang terkait dengan predikat 2:1.

Lama waktu kuliah Anda akan ditentukan oleh level yang Anda pelajari. Kebanyakan Program Pascasarjana berlangsung untuk 1 tahun (untuk MA penuh waktu). Program Sarjana akan berlangsung sekitar 3 atau 4 tahun. Bagi pelajar asing diwajibkan untuk memiliki Sertifikat IELTS dengan nilai minimal 6.0.

MENENTUKAN TEMPAT KULIAH

Jurusan Konseling terdiri dari beberapa jenis program yang spesifik dengan level yang berbeda. Sebelum memutuskan universitas mana yang akan Anda pilih, terlebih dahulu pelajarilah modul-modul yang ditawarkan. Apakah modul-modul tersebut sesuai dengan bidang yang ingin Anda pelajari? Apakah modul-modul tersebut akan memberikan Anda prospek kerja yang lebih baik? Kemudian, carilah universitas yang mempunyai jaringan kuat dengan industri terkait. Ini akan memudahkan Anda untuk mencari pengalaman kerja di saat kuliah serta lebih menjamin masa depan karir Anda setelah tamat nanti. Karena perusahaan-perusahaan biasanya akan memprioritaskan menerima lulusan dari universitas yang bekerja sama dengan mereka sebagai karyawan. Apalagi jika sebelumnya Anda telah pernah magang di perusahaan tersebut di saat kuliah.

Selain universitas, lokasi juga sangat penting. Anda akan belajar dan tinggal disana, sehingga sangat penting bahwa universitas pilihan Anda terletak di sebuah lingkungan di mana Anda bisa berkembang dengan baik secara sosial dan akademis.

Selain itu, Anda harus selalu melihat persyaratan masuk universitas dan keuangan Anda sendiri sebelum mengajukan aplikasi ke universitas pilihan Anda. Apakah Anda memiliki nilai yang tepat untuk masuk? Semakin tinggi kualifikasi Anda, semakin besar kemungkinan Anda akan diterima di universitas pilihan Anda. Kemudian, hal yang perlu dipertimbangkan juga adalah apakah biaya kuliah beserta biaya hidup bisa Anda tangani? Jika Anda masih berjuang untuk mengamankan pendanaan, ada sejumlah beasiswa yang bisa membantu Anda.

Program Konseling apa saja yang tersedia di sana?

1

Keterampilan Konseling (Umum)

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana
2

Keterampilan Konseling (Spesialis)

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana
3

Terapi Keluarga

TINGKAT PENDIDIKAN Sarjana / Pascasarjana
4

Issue-Issue Terkait Kesehatan: Konseling

TINGKAT PENDIDIKAN Sarjana / Pascasarjana

10 Negara tujuan kuliah untuk jurusan Konseling

1
114
Malaysia
DILIHAT 2,424 KALI Lihat 22 program
2
9
Australia
DILIHAT 2,002 KALI Lihat 42 program
3
211
Amerika Serikat
DILIHAT 1,108 KALI Lihat 458 program
4
173
Korea Selatan
DILIHAT 922 KALI Lihat 1 program
5
210
Inggris
DILIHAT 770 KALI Lihat 80 program
6
131
Belanda
DILIHAT 186 KALI Lihat 2 program
7
32
Kanada
DILIHAT 161 KALI Lihat 30 program
8
134
Selandia Baru
DILIHAT 134 KALI Lihat 10 program
9
62
Finlandia
DILIHAT 102 KALI Lihat 1 program
10
53
Mesir
DILIHAT 82 KALI Lihat 1 program