Jurusan Kerajinan Tangan di luar negeri

TENTANG JURUSAN INI

  • TENTANG JURUSAN INI
  • APAKAH JURUSAN INI TEPAT UNTUK SAYA?
  • PROSPEK KERJA
  • PROSES PERKULIAHAN
  • MENENTUKAN TEMPAT KULIAH
Crafts

Kerajinan tangan adalah profesi yang memerlukan keahlian khusus. Kerajinan tangan telah dikenal di jaman pertengahan dimana para ahli dipekerjakan untuk membuat kebutuhan sehari-hari seperti sepatu, pakaian, perabotan dan bahkan bangunan.

Dari masa ke masa, ada banyak jenis kerajinan tangan yang berbeda; mulai dari kerajinan tangan sederhana yang digunakan sebagai aksesoris hiasan, hingga kerajinan tangan yang dibuat dengan alat-alat yang lebih rumit di dalam studio. Di jaman modern ini, sebagian besar produk dibuat dengan mesin dalam jumlah besar. Para ahli dengan bakat desain bisa menemukan karir dengan prospek yang bagus.

APAKAH JURUSAN INI TEPAT UNTUK SAYA?

Apakah Anda mempunyai bakat alami di bidang desain? Apakah Anda berbakat dalam menghasilkan karya seni? Apakah Anda menyenangi Industri Kerajinan Tangan? Jika demikian, jurusan ini mungkin cocok untuk Anda.

Untuk menekuni jurusan ini, selain memenuhi kriteria di atas, Anda juga harus mempunyai minat di bidang kebudayaan dan sejarah desain. Selain mempelajari teknik kerajinan tangan, Anda juga dituntut untuk memahami pengaruh dari kebudayaan dan sejarah dalam membentuk Industri Kerajinan Tangan di jaman sekarang.

PROSPEK KERJA

Ada banyak lowongan kerja yang tersedia bagi para lulusan Jurusan Kerajinan Tangan. Bagi yang mempelajari Seni Rupa dan Kerajinan Tangan, biasanya ada banyak lowongan kerja di galeri seni kontemporer untuk mengelola pameran=pameran seni.

Bagi yang mempelajari kerajinan tangan tradisional akan menemukan pekerjaan di bidang warisan budaya seperti di museum dan bangunan bersejarah. Peran mereka disini adalah mengurus kegiatan operasional sehari-hari serta memberikan informasi mengenai objek-objek yang dipamerkan di museum kepada para pengunjung.

Banyak juga para lulusan yang memilih untuk berwiraswasta atau bekerja paruh waktu. Mereka mendesain dan juga membuat produk-produk sesuai dengan permintaan klien mereka. Jika Anda mempunyai rencana untuk berwiraswasta, Anda harus mempelajari juga mengenai strategi marketing misalnya memanfaatkan berbagai media untuk mengenalkan kreativitas dan jasa Anda kepada calon-calon klien Anda.

PROSES PERKULIAHAN

Ada banyak program yang tersedia di Jurusan Kerajinan Tangan; mulai dari program-program jangka pendek, Program Sarjana hingga Program Pascasarjana.

Jika Anda ingin mengambil Program Sarjana, Anda harus memiliki 3 nilai nilai A di mata pelajaran yang berkaitan dengan Bidang Seni. Untuk Program Pascasarjana, para calon mahasiswa diharuskan untuk memiliki Gelar Sarjana dengan predikat 2:1 di bidang yang bersangkutan.

Sebagian besar Program Sarjana akan berlangsung selama 3 tahun. Jika Anda ingin mengambil penempatan kerja semasa Program Sarjana, maka anda membutuhkan waktu 4 tahun untuk menamatkan kuliah. Program Pascasarjana akan berlangsung sekitar 1 sampai 3 tahun tergantung seberapa spesifik program yang Anda pilih.

Bagi pelajar asing diharuskan untuk memiliki Sertifikat Tes IELTS dengan nilai minimal 6.0.

Jurusan Kerajinan Tangan tentu saja melibatkan banyak kegiatan praktek. Selain harus menghadiri kelas kuliah secara rutin, Anda harus menyelesaikan atau membuat berbagai karya Seni Anda sendiri. Baik dalam jam pelajaran maupun di luar jam pelajaran. Karena semua hasil karya Anda itu akan menjadi portfolio (contoh hasil karya) yang menunjukkan seberapa jauh kreativitas Anda dalam bidang seni. Dan berdasarkan itulah Anda akan dinilai, baik oleh guru Anda maupun perusahaan yang akan menerima Anda nanti.

MENENTUKAN TEMPAT KULIAH

Yang pertama yang harus diperhatikan adalah syarat masuk yang diajukan oleh universitas. Periksalah apakah Anda telah memenuhi syarat-syarat tersebut. Beberapa universitas akan menyeleksi dengan lebih ketat, sedangkan ada juga universitas-universitas yang lebih fleksibel dalam proses penyeleksian calon mahasiswa. Untuk Program Pasca Sarjana, selain nilai akademik Anda, pengalaman kerja Anda juga merupakan faktor penting yang akan dinilai oleh universitas. Seandainya pengalaman Anda dinilai tidak mencukupi, mungkin Anda bisa menunda waktu kuliah Anda dan mencari tambahan pengalaman kerja.

Jika Anda membutuhkan bantuan keuangan, carilah informasi mengenai beasiswa-beasiswa yang tersedia.

Karena Jurusan Kerajinan Tangan bersangkutan dengan seni dan juga budaya, lokasi juga merupakan faktor penting untuk dipertimbangkan. Daerah-daerah yang ideal untuk jurusan ini adalah kota-kota yang kaya akan sejarah, sehingga lebih banyak sumber yang tersedia untuk menunjang prestasi studi Anda. Selain itu juga tersedia lebih banyak lowongan kerja untuk bidang kerajinan tangan, sehingga Anda bisa dengan lebih mudah mencari kerja, baik untuk menambah pengalaman kerja untuk keperluan menyelesaikan kuliah atau pun di saat Anda tamat kuliah nanti.

Selain itu periksalah apakah universitas pilihan Anda mempunyai hubungan kerja sama dengan Industri Kerajinan Tangan. Jangan lupa, Jurusan Kerajinan Tangan tidak bisa lepas dari praktek kerja. Karena dari situlah Anda akan dinilai. Selain nilai akademik, partisipasi Anda di dunia kerja yang sesungguhnya akan mencerminkan seberapa Anda menguasai dan mendalami bidang yang Anda tekuni. Karena itu, pilihlah universitas yang banyak menjalin kerja sama yang erat dengan perusahaan-perusahaan lokal, karena ini akan memudahkan Anda untuk mendapatkan pengalaman kerja praktek. Dan tentu saja akan memudahkan Anda untuk mencari kerja di saat lulus kuliah nanti. Karena perusahaan-perusahaan tersebut tentunya akan memprioritaskan menerima lulusan dari universitas yang bersangkutan sebagai karyawan mereka. Apalagi jika sebelumnya Anda telah pernah magang di perusahaan tersebut di saat kuliah.

Program Kerajinan Tangan apa saja yang tersedia di sana?

1

Seni Keramik / Kerajinan

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana
2

Seni & Kerajinan Tangan: Sebagai Hiburan / Kombinasi

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana
3

Pembuatan Perhiasan

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana
4

Desain Mebel

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana

10 Negara tujuan kuliah untuk jurusan Kerajinan Tangan

1
9
Australia
DILIHAT 876 KALI Lihat 22 program
2
210
Inggris
DILIHAT 235 KALI Lihat 44 program
3
32
Kanada
DILIHAT 80 KALI Lihat 15 program
4
114
Malaysia
DILIHAT 65 KALI Lihat 5 program
5
131
Belanda
DILIHAT 59 KALI Lihat 2 program
6
189
Swedia
DILIHAT 30 KALI Lihat 2 program
7
84
Hongkong
DILIHAT 27 KALI Lihat 4 program
8
211
Amerika Serikat
DILIHAT 26 KALI Lihat 135 program
9
134
Selandia Baru
DILIHAT 11 KALI Lihat 4 program
10
87
India
DILIHAT 1 KALI Lihat 2 program