Jurusan Seni Tari di luar negeri

TENTANG JURUSAN INI

  • TENTANG JURUSAN INI
  • APAKAH JURUSAN INI TEPAT UNTUK SAYA?
  • PROSPEK KERJA
  • PROSES PERKULIAHAN
  • MENENTUKAN TEMPAT KULIAH
Dance

Seni Tari mempelajari gerak manusia yang dibarengi dengan iringan ritme, irama dan musik. Seni Tari mempunyai peran yang penting baik dari segi budaya maupun segi hiburan. Di jaman dahulu, tarian merupakan bagian dari ritual keagamaan. Di jaman sekarang, tarian adalah gerak tubuh secara berirama yang dilakukan di tempat dan waktu tertentu untuk keperluan pergaulan, mengungkapkan perasaan, maksud, dan pikiran. Berbagai jenis tarian seperti Tarian Suku Afrika hingga Tradisi Teater Barat tidak hanya menyampaikan gerakan dan ritme, tetapi juga menyampaikan identitas sosial yang mempengaruhi dan melatar belakangi asal muasal dari tarian tersebut.

APAKAH JURUSAN INI TEPAT UNTUK SAYA?

Apakah Anda menyenangi musik dan kebudayaan? Apakah Anda suka menari? Jika demikian, Anda mungkin cocok untuk jurusan ini.

Jurusan Dance sangat melibatkan aktifitas fisik. Jadi Jika Anda ingin menekuni jurusan ini, mempunyai minat yang mendalam tidaklah cukup. Anda harus mempunyai badan yang sehat dan bugar serta mampu mengikuti ritme untuk mengikuti pelajaran dengan baik. Anda juga diwajibkan untuk mengambil modul-modul dalam Bidang Koreografi, jadi kreativitas juga sangat dibutuhkan untuk berprestasi dalam bidang ini.

Selain mempelajari gerakan, para mahasiswa di Jurusan Seni Tari juga diharuskan mempelajari asal muasal tarian, sehinga minat dalam bidang sejarah dan kebudayaan juga sangat diperlukan.

PROSPEK KERJA

Banyak mahasiswa yang mengambil Jurusan Seni Tari dengan tujuan mencari profesi sebagai Penari atau Performer di atas panggung. Walaupun lowongan kerja untuk profesi ini termasuk sangat terbatas, akan tetapi bayaran yang ditawarkan sangat menggiurkan, yaitu sekitar £700 per minggu.

Banyak juga para lulusan Jurusan Seni Tari yang bekerja sebagai tenaga pengajar di institusi-institusi seni. Perusahaan-perusahaan besar seperti the Royal Ballet Company dan Northern Dance mencari para lulusan yang mempunyai nilai bagus dengan pengalaman kerja yang memadai untuk bekerja di bidang PR (Hubungan Massa) dan Marketing karena.

PROSES PERKULIAHAN

Syarat untuk mendaftar ke Program Sarjana Jurusan Seni Tari adalah 3 nilai A atau setara. Sedangkan untuk Program Pascasarjana, Anda harus mempunyai Gelar Sarjana dengan predikat 2:1 atau setara. Bagi pelajar asing, harus mempunyai Sertifikat Tes IELTS dengan nilai minimal 6.0.

Selain nilai, para calon mahasiswa juga diwajibkan untuk mengikuti audisi untuk menunjukkan kemampuan mereka. Selain itu mereka juga harus mengikuti pemeriksaan badan untuk menjamin kondisi kesehatan mereka cukup sehat dan bugar untuk mengambil jurusan ini.

Program Sarjana pada umumnya akan berlangsung selama 3 tahun, dimana Anda akan diajarkan berbagai jenis seni tari dan teknik koreografi beserta teori-teorinya. Anda juga bisa memperpanjang Program Sarjana Anda dengan mengambil kelas pelatihan yang lebih profesional. Program Pascasarjana pada umumnya berlangsung selama 1 tahun dengan modul yang lebih spesifik.

MENENTUKAN TEMPAT KULIAH

Keberhasilan karir Anda di dunia panggung sangat tergantung kepada bakat dan keahlian Anda. Oleh karena itu, jika Anda memang ingin menekuni karir di atas panggung, sebaiknya Anda memilih universitas dengan prestise yang baik. Dengan begitu para Direktur Casting mungkin akan lebih memperhatikan Anda. Carilah universitas yang mempunyai hubungan kerja sama dengan industri terkait supaya Anda lebih mudah menemukan pekerjaan.

Selain itu, pilihlah lokasi dengan apresiasi yang tinggi terhadap seni dan budaya sehingga lebih banyak sumber yang tersedia untuk menunjang prestasi kuliah Anda. Selain itu, lokasi dengan masyarakat yang menghargai seni juga tersedia lebih banyak lowongan kerja untuk Bidang Seni, sehingga Anda bisa dengan lebih mudah mencari kerja.

Sebelum mengajukan aplikasi ke universitas pilihan Anda, Anda harus memperhatikan persyaratan masuk yang diajukan oleh universitas tersebut. Apakah Anda memiliki nilai yang tepat untuk masuk? Semakin tinggi kualifikasi Anda, semakin besar kemungkinan Anda akan diterima di universitas pilihan Anda. Kemudian, hal yang perlu dipertimbangkan juga adalah apakah biaya kuliah beserta biaya hidup bisa Anda tangani? Jika Anda masih berjuang untuk mengamankan pendanaan, ada sejumlah beasiswa yang bisa membantu Anda.

Program Seni Tari apa saja yang tersedia di sana?

1

Koreografi

TINGKAT PENDIDIKAN Sarjana / Pascasarjana
2

Ballet (Eropa): Tari Klasik

TINGKAT PENDIDIKAN Sarjana / Pascasarjana
3

Studi Gerakan (Tari)

TINGKAT PENDIDIKAN Sarjana / Pascasarjana
4

Tari Modern

TINGKAT PENDIDIKAN Sarjana / Pascasarjana

10 Negara tujuan kuliah untuk jurusan Seni Tari

1
114
Malaysia
DILIHAT 518 KALI Lihat 2 program
2
210
Inggris
DILIHAT 451 KALI Lihat 63 program
3
211
Amerika Serikat
DILIHAT 413 KALI Lihat 235 program
4
168
Singapura
DILIHAT 321 KALI Lihat 1 program
5
9
Australia
DILIHAT 230 KALI Lihat 8 program
6
131
Belanda
DILIHAT 224 KALI Lihat 6 program
7
32
Kanada
DILIHAT 60 KALI Lihat 11 program
8
134
Selandia Baru
DILIHAT 40 KALI Lihat 2 program
9
39
Cina
DILIHAT 21 KALI Lihat 1 program
10
140
Norwegia
DILIHAT 11 KALI Lihat 1 program