Jurusan Ilmu Bumi di luar negeri

TENTANG JURUSAN INI

  • TENTANG JURUSAN INI
  • APAKAH JURUSAN INI TEPAT UNTUK SAYA?
  • PROSPEK KERJA
  • PROSES PERKULIAHAN
  • MENENTUKAN TEMPAT KULIAH
Earth Sciences

Geologi adalah ilmu yang mempelajari bumi, komposisinya, struktur, sifat-sifat fisik, sejarah, dan proses pembentukannya. Walaupun manusia selalu merasa penasaran akan dunia sekitar mereka dan bagaimana Bumi itu dibentuk, Jurusan Geologi baru dijadikan bidang pelajaran yang berdiri sendiri belakangan ini. Pada tahun 1950 dan 1960, sekolah-sekolah geologi di New York dan Pensylvania mengajarkan mata pelajaran seperti Meteorologi, Ilmu Antariksa, Geologi dan Geografi.

Dari tahun ke tahun, peran Geologi semakin penting dan juga semakin populer di kalangan mahasiswa. Geologi memberikan solusi bagi masalah-masalah bumi seperti sumber daya yang terus berkurang. Dengan populasi yang terus meningkat dan sumber daya yang terbatas, keahlian sebagai Geolog semakin diperlukan di masyarakat jaman sekarang. Para Geolog diharapkan dapat terus berinovasi untuk menjaga kelangsungan hidup mahluk-mahluk di Bumi.

APAKAH JURUSAN INI TEPAT UNTUK SAYA?

Geologi mencakup bidang yang sangat luas, dari antariksa hingga bumi itu sendiri. Jika Anda ingin menekuni jurusan ini, Anda harus punya dasar yang kuat di Bidang Sains seperti Matematika, Fisika dan Biologi.

Perkuliahan Jurusan Geologi akan menghabiskan banyak waktu di alam terbuka untuk melakukan penelitian dan pendekatan terhadap lingkungan hidup. Tentu saja banyak juga waktu yang akan di habiskan di laboratorium selain di ruang kuliah dan menghadiri sejumlah seminar. Jika Anda mengambil Jurusan Geologi, Anda akan sering berhadapan dengan sampel dan data-data, dimana Anda harus membuat analisa dan laporan.

PROSPEK KERJA

Lulusan dari Jurusan Geologi bisa bekerja di laboratorium sebagai peneliti ilmiah, terutama untuk perusahaan-perusahaan teknologi dan minyak. Gaji rata-rata untuk seorang Geolog pemula adalah £21,182 per tahun.

Para geolog juga bisa bekerja di perusahaan-perusahaan produksi untuk meneliti metode produksi yang lebih ramah lingkungan. Dengan semakin banyaknya isu pencemaran lingkungan dan dampak negatifnya terhadap Bumi, banyak negara-negara yang membuat peraturan untuk industri-industri agar menggunakan metode dan teknologi yang ramah lingkungan.

Selain itu, lowongan kerja yang cukup populer saat ini adalah Jurnalisme Lingkungan. Para Jurnalis ini mencari fakta-fakta penting tentang lingkungan hidup dan menulis artikel-artikel yang bisa mengedukasi masyarakat luas untuk lebih memelihara lingkungan hidup. Peran mereka cukup penting karena bisa menyadarkan masyarakat akan kondisi Bumi yang semakin kritis dan cara pencegahan serta penanggulangannya.

Tentu saja para lulusan juga bisa melanjutkan pendidikan mereka ke Tingkat Pasca Sarjana dengan tujuan untuk mendalami Bidang Geologi yang lebih spesifik, ataupun bisa juga menjadi tenaga pengajar di sekolah-sekolah menengah.

PROSES PERKULIAHAN

Mayoritas Program Sarjana Geologi akan berlangsung sekitar 3 tahun. Syarat untuk mendaftar ke Program Sarjana dalah 3 nilai A atau setara untuk mata pelajaran sains seperti Matematika dan Geografi.

Untuk Program Pascasarjana akan membutuhkan waktu sekitar 1 tahun. Bagi semua pelajar asing yang tidak berbahasa Inggris sebagai bahasa utama diwajibkan untuk lulus Tes IELTS dengan nilai minimal 6.5.

MENENTUKAN TEMPAT KULIAH

Modul-modul inti yang ditawarkan di Jurusan Geologi pada umumnya tidak jauh berbeda antara satu universitas dengan universitas lainnya. Akan tetapi modul spesifik yang ditawarkan bisa berbeda tergantung dari ketersediaan staff pengajar dan kaliber dari universitas tersebut. Carilah universitas dengan modul-modul yang menarik minat Anda.

Anda juga perlu mengetahui apakah universitas pilihan Anda mempunyai hubungan kerja sama dengan perusahaan-perusahaan ternama. Banyak perusahaan besar yang merekrut mayoritas geolog mereka dari universitas yang bekerja sama dengan mereka.

Tentu saja kehidupan Anda di universitas tidak sebatas belajar dan bekerja. Kehidupan sosial selama kuliah juga penting. Pilihlah universitas yang sesuai dengan kepribadian Anda. Di Inggris terdapat banyak pilihan universitas dengan karakter yang berbeda. Anda bisa memilih universitas di London dengan hidup yang semarak dan berwarna, ataupun di Oxford, universitas dengan kehidupan yang lebih tenang di kota yang kaya dengan sejarah.

Program Ilmu Bumi apa saja yang tersedia di sana?

1

Geologi

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana
2

Ilmu Samudra (Oseanografi)

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana
3

Geofisika

TINGKAT PENDIDIKAN Sarjana / Pascasarjana
4

Ilmu Tanah

TINGKAT PENDIDIKAN Sarjana / Pascasarjana

10 Negara tujuan kuliah untuk jurusan Ilmu Bumi

1
210
Inggris
DILIHAT 3,168 KALI Lihat 60 program
2
9
Australia
DILIHAT 2,015 KALI Lihat 25 program
3
69
Jerman
DILIHAT 1,959 KALI Lihat 11 program
4
114
Malaysia
DILIHAT 1,603 KALI Lihat 12 program
5
93
Jepang
DILIHAT 1,325 KALI Lihat 5 program
6
211
Amerika Serikat
DILIHAT 1,052 KALI Lihat 413 program
7
134
Selandia Baru
DILIHAT 650 KALI Lihat 9 program
8
131
Belanda
DILIHAT 471 KALI Lihat 7 program
9
32
Kanada
DILIHAT 369 KALI Lihat 41 program
10
173
Korea Selatan
DILIHAT 343 KALI Lihat 2 program