Jurusan Penelitian Pendidikan di luar negeri

TENTANG JURUSAN INI

  • TENTANG JURUSAN INI
  • APAKAH JURUSAN INI TEPAT UNTUK SAYA?
  • PROSPEK KERJA
  • PROSES PERKULIAHAN
  • MENENTUKAN TEMPAT KULIAH
Education Research

Penelitian pendidikan adalah cara yang digunakan untuk mendapatkan informasi yang berguna dan dapat dipertanggungjawabkan dalam upaya memahami proses pendidikan.

Di jaman sekarang ini, pemerintah membuat banyak perubahan dalam sistem pendidikan dengan tujuan meningkatkan kualitas sumber daya manusia demi kemajuan negara. Oleh karena itu, Jurusan Penelitian Pendidikan memegang peran penting dalam mencerdaskan rakyat dan memberikan sumbangan yang signifikan terhadap masa depan suatu negara.

APAKAH JURUSAN INI TEPAT UNTUK SAYA?

Tujuan dari Penelitian Pendidikan adalah: meningkatkan mutu pendidikan, membantu tenaga kependidikan mengatasi masalah di dalam dan luar kelas serta meningkatkan sikap professional pendidik.

Oleh karena itu, jika ingin menekuni jurusan ini, Anda akan terlibat dalam banyak penelitian. Pertama-tama tentu saja Anda harus terjun ke lapangan pendidikan terlebih dahulu untuk mengenal lingkungan yang bersangkutan. Kemudian, Anda harus mengevaluasi proses pendidikan yang berlangsung. Untuk itu, Anda harus mempunyai kemampuan analisa yang tinggi serta mampu berpikir secara logis dan rasional. Setelah proses evaluasi, mungkin Anda harus mencari solusi untuk masalah-masalah yang ditemukan. Itu berarti Anda harus melakukan riset dengan berbagai metode, misalnya membaca buku-buku atau artikel yang bersangkutan, ataupun Anda harus melakukan survei dengan membuat dan membagikan pertanyaan-pertanyaan. Untuk itu Anda harus ulet dalam mencari informasi dari berbagai sumber, termasuk berinteraksi dengan banyak orang. Karena untuk mendapatkan hasil survei yang maksimal, Anda harus banyak berkomunikasi dengan orang-orang di lingkungan yang bersangkutan. Selain itu, Anda harus punya kemampuan memproses dan menganalisa data yang Anda temukan untuk menulis laporan mengenai solusi-solusi yang Anda ajukan. Setelah itu, Anda harus menguji seberapa efisien dan efektif solusi yang Anda ajukan saat diterapkan di dunia nyata. Kembali lagi Anda harus mengadakan riset. Jadi, aspek yang dipelajari di Jurusan Penelitian ini sangat luas. Apakah Anda mempunyai kepribadian dan kemampuan yang dibutuhkan di bidang ini? Jika ada, jurusan ini sebenarnya adalah jurusan yang sangat menarik. Selain itu, keahlian-keahlian yang dipelajari dan diasah selama kuliah memungkinkan Anda untuk bekerja di segala bidang. Jadi Anda sungguh tidak perlu khawatir akan kesulitan menemukan pekerjaan di saat lulus nanti.

PROSPEK KERJA

Ada banyak sekali lowongan kerja yang tersedia bagi para lulusan Jurusan Penelitian Pendidikan. Baik itu adalah lowongan di bidang pendidikan atau pun di sektor lainnya. Anda bisa bekerja di organisasi-organisasi kepemerintahan untuk mengkaji materi pelajaran hingga mengurus pengadaan dana.

Selain itu Anda bisa bekerja pada berbagai lembaga pendidikan, sebagai Analis riset,

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, keahlian yang dipelajari sewaktu kuliah seperti keahlian untuk berinteraksi; mengumpulkan, memproses dan menganalisa data; kemampuan untuk berpikir kritis memungkinkan para lulusan untuk bekerja di bidang non-pendidikan seperti Hubungan Massa, Marketing, Analisis Data dan Statistik.

PROSES PERKULIAHAN

Syarat masuk ke Program Sarjana Psikologi Pendidikan adalah mempunyai nilai 3 nilai A. Untuk Program Pascasarjana, Anda harus terlebih dahulu memiliki gelar Sarjana di bidang Sains dengan predikat 2:1 atau setara. Bagi pelajar asing yang ingin mendaftar wajib memiliki Sertifikat IELTS dengan snilai minimal 6.0.

Jurusan Psikologi Pendidikan mencakup bahasan yang sangat luas. Oleh karena itu, lama kuliah akan tergantung kepada program yang Anda pilih dan juga tergantung apakah Anda memilih untuk kuliah paruh waktu atau penuh waktu. Pada umumnya Program Sarjana akan memakan waktu sekitar 3 hingga 4 tahun. Sedangkan untuk Program Pascasarjana, lama perkuliahan kira-kira memakan waktu 1 tahun.

Selain itu juga tersedia program CPD (Continuing Professional Development/Program Pengembangan Karir) untuk bagi kandidat yang telah mempunyai pengalaman dalam bidang penelitian pendidikan dan hendak meningkatkan kemampuan mereka.

MENENTUKAN TEMPAT KULIAH

Sebelumnya pelajarilah modul-modul yang ditawarkan oleh universitas yang Anda minati. Apakah modul-modul tersebut sesuai dengan bidang yang ingin Anda pelajari? Apakah modul-modul tersebut akan memberikan Anda prospek kerja yang lebih baik? Kemudian, carilah universitas yang mempunyai jaringan kuat dengan lembaga pendidikan terutama di bidang penelitian. Ini akan memudahkan Anda untuk mencari pengalaman kerja di saat kuliah serta lebih menjamin masa depan karir Anda setelah tamat nanti.

Selain universitas, lokasi juga sangat penting. Anda akan belajar dan tinggal disana, sehingga sangat penting bahwa universitas pilihan Anda terletak di sebuah lingkungan di mana Anda bisa berkembang dengan baik secara sosial dan akademis.

Selain itu, Anda harus selalu melihat persyaratan masuk universitas dan keuangan Anda sendiri sebelum mengajukan aplikasi ke universitas pilihan Anda. Apakah Anda memiliki nilai yang tepat untuk masuk? Kemudian, hal yang perlu dipertimbangkan juga adalah apakah biaya kuliah beserta biaya hidup bisa Anda tangani? Jika Anda masih berjuang untuk mengamankan pendanaan, ada sejumlah beasiswa yang bisa membantu Anda.

10 Negara tujuan kuliah untuk jurusan Penelitian Pendidikan

1
9
Australia
DILIHAT 604 KALI Lihat 17 program
2
210
Inggris
DILIHAT 455 KALI Lihat 19 program
3
211
Amerika Serikat
DILIHAT 101 KALI Lihat 22 program
4
114
Malaysia
DILIHAT 36 KALI Lihat 1 program
5
32
Kanada
DILIHAT 25 KALI Lihat 3 program
6
154
Republik Irlandia
DILIHAT 18 KALI Lihat 3 program
7
189
Swedia
DILIHAT 6 KALI Lihat 1 program
8
174
Spanyol
DILIHAT 5 KALI Lihat 1 program
9
168
Singapura
DILIHAT 3 KALI Lihat 1 program