Jurusan Psikologi Pendidikan di luar negeri

TENTANG JURUSAN INI

  • TENTANG JURUSAN INI
  • APAKAH JURUSAN INI TEPAT UNTUK SAYA?
  • PROSPEK KERJA
  • PROSES PERKULIAHAN
  • MENENTUKAN TEMPAT KULIAH
Educational Psychology

Psikologi Pendidikan mempelajari tentang hal-hal yang membantu atau menghambat proses mengajar di sekolah. Misalnya, persepsi murid kepada guru, di mana persepsi ini dapat membantu atau menghalangi murid dalam menerima materi yang diajarkan. Psikologi Pendidikan juga berkaitan dengan bagaimana siswa belajar dan berkembang, dan sering terfokus pada sub kelompok seperti anak-anak dengan bakat istimewa dan siswa-siswi yang menderita kelainan mental.

APAKAH JURUSAN INI TEPAT UNTUK SAYA?

Untuk menekuni jurusan ini, Anda harus meiliki kemampuan berkomunikasi yang baik. Hal ini penting di saat Anda harus memotivasi anak didik ataupun klien Anda. Selain itu, Anda juga harus mempunyai rasa empati dan kesabaran yang tinggi. Anda harus peka dan bisa memahami kondisi mental anak didik ataupun klien Anda. Karena terkadang siswa-siswa yang bermasalah tidak terlalu jelas dengan apa yang mengganggu pemikiran mereka, sehingga diperlukan seseorang yang bisa mengarahkan mereka dengan baik. Untuk itu dibutuhkan juga keahlian dalam menganalisa dengan teliti. Untuk membantu mereka, Anda harus bisa mengidentifikasi permasalahan dengan benar, dengan begitu Anda baru bisa memberikan solusi yang tepat. Mungkin ini semua terdengar rumit, tetapi jika Anda senang berinteraksi dengan orang, senang memahami pemikiran orang-orang di sekitar Anda dan juga mempunyai minat di bidang pendidikan, jurusan ini mungkin akan menarik bagi Anda.

PROSPEK KERJA

Mayoritas lulusan memilih mengejar karir sebagai Psikolog Pendidikan. Gaji awal rata-rata di Inggris untuk profesi ini adalah £21,809 per tahun.

Banyak juga lulusan sarjana yang mengejar karir sebagai asisten guru. Lowongan kerja di bidang ini sangatlah luas. Anda bisa memilih untuk mengajar anak-anak yang membutuhkan perhatian khusus, atau mengajar di ruang kelas pada umumnya dan lain-lain. Jika Anda ingin menjadi seorang guru, Anda bisa mengambil Program Pasca Sarjana terlebih dahulu. Gaji awal rata-rata untuk seorang guru di inggris adalah £21,588 per tahun.

Keahlian yang Anda pelajari semasa kuliah juga bisa dialihkan ke berbagai bidang. Anda bisa saja bekerja sebagai pekerja sosial di berbagai organisasi , konselor, psikoterapis karir dan sebagainya.

PROSES PERKULIAHAN

Syarat masuk ke Program Sarjana Psikologi Pendidikan adalah mempunyai nilai 3 nilai A di mata pelajaran seperti Bahasa Inggris, Sejarah, Psikologi ataupun Biologi. Untuk Program Pascasarjana, Anda harus terlebih dahulu memiliki gelar Sarjana di bidang Sains dengan predikat 2:1 atau setara. Bagi pelajar asing yang ingin mendaftar wajib memiliki Sertifikat IELTS dengan snilai minimal 6.0.

Jurusan Psikologi Pendidikan mencakup bahasan yang sangat luas. Oleh karena itu, lama kuliah akan tergantung kepada program yang Anda pilih dan juga tergantung apakah Anda memilih untuk kuliah paruh waktu atau penuh waktu. Pada umumnya Program Sarjana akan memakan waktu sekitar 3 hingga 4 tahun. Sedangkan untuk Program Pascasarjana, lama perkuliahan kira-kira memakan waktu 1 tahun.

MENENTUKAN TEMPAT KULIAH

Bidang Psikologi Pendidikan adalah bidang yang sangat luas. Sebelumnya Anda perlu memilih bidang manakah yang ingin Anda tekuni. Apakah kedepannya Anda ingin menjadi Psikolog Pendidikan? Atau Anda ingin terjun langsung di dunia mengajar? Setelah itu, pelajarilah modul-modul yang ditawarkan oleh universitas yang Anda minati. Apakah modul-modul tersebut sesuai dengan bidang yang ingin Anda pelajari? Apakah modul-modul tersebut akan memberikan Anda prospek kerja yang lebih baik? Kemudian, carilah universitas yang mempunyai jaringan kuat dengan lembaga pendidikan atau perusahaan-perusahaan di bidang terkait. Ini akan memudahkan Anda untuk mencari pengalaman kerja di saat kuliah serta lebih menjamin masa depan karir Anda setelah tamat nanti.

Selain universitas, lokasi juga sangat penting. Anda akan belajar dan tinggal disana, sehingga sangat penting bahwa universitas pilihan Anda terletak di sebuah lingkungan di mana Anda bisa berkembang dengan baik secara sosial dan akademis.

Selain itu, Anda harus selalu melihat persyaratan masuk universitas dan keuangan Anda sendiri sebelum mengajukan aplikasi ke universitas pilihan Anda. Apakah Anda memiliki nilai yang tepat untuk masuk? Kemudian, hal yang perlu dipertimbangkan juga adalah apakah biaya kuliah beserta biaya hidup bisa Anda tangani? Jika Anda masih berjuang untuk mengamankan pendanaan, ada sejumlah beasiswa yang bisa membantu Anda.

Program Psikologi Pendidikan apa saja yang tersedia di sana?

1

Sosiologi Pendidikan

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana

10 Negara tujuan kuliah untuk jurusan Psikologi Pendidikan

1
210
Inggris
DILIHAT 1,265 KALI Lihat 22 program
2
114
Malaysia
DILIHAT 728 KALI Lihat 5 program
3
173
Korea Selatan
DILIHAT 272 KALI Lihat 1 program
4
211
Amerika Serikat
DILIHAT 255 KALI Lihat 25 program
5
134
Selandia Baru
DILIHAT 115 KALI Lihat 1 program
6
9
Australia
DILIHAT 60 KALI Lihat 1 program
7
189
Swedia
DILIHAT 54 KALI Lihat 2 program
8
32
Kanada
DILIHAT 26 KALI Lihat 3 program
9
84
Hongkong
DILIHAT 9 KALI Lihat 1 program
10
47
Republik Ceko
DILIHAT 4 KALI Lihat 1 program