Jurusan Teknik Listrik di luar negeri

TENTANG JURUSAN INI

  • TENTANG JURUSAN INI
  • APAKAH JURUSAN INI TEPAT UNTUK SAYA?
  • PROSPEK KERJA
  • PROSES PERKULIAHAN
  • MENENTUKAN TEMPAT KULIAH
Electrical Engineering

Teknik Listrik (Teknik Elektro) adalah salah satu bidang ilmu teknik mengenai aplikasi listrik untuk memenuhi kebutuhan daya listrik dalam skala besar seperti pada industri dan mesin-mesin. Teknik Listrik berhadapan langsung dengan ketersediaan sumber daya energi , transmisi energi dan dampak dari energi terhadap sistem operasi permesinan secara keseluruhaan. Teknik listrik bekerja sama dengan insinyur dari area lain seperti teknik kimia, teknik mesin, dan teknik sipil untuk merancang, mengembangkan, dan membantu produksi berbagai macam produk dan jasa seperti sistem distribusi energi, komputer pribadi, sistem satelit, radio genggam, sistem radar, mobil listrik, jantung buatan, dan lain-lain yang melibatkan komponen listrik dan elektronik.

Jurusan ini dikenal pada pertengahan abad ke-19 setelah ekspansi telepon dan telegram.

APAKAH JURUSAN INI TEPAT UNTUK SAYA?

Untuk masuk ke Jurusan Teknik Listrik, Anda harus mempunyai kemampuan Logika, Matematika dan Fisika yang kuat.

Para mahasiswa akan dinilai melalui laporan tertulis dan tugas praktek. Sehingga di luar pelajaran, para mahasiswa dituntut untuk banyak membaca dan melakukan riset secara individual. Selain mempelajari teori-teori, sebagian besar waktu akan dihabiskan di laboratorium atau tempat praktek lainnya untuk melakukan penelitian.

PROSPEK KERJA

Mayoritas mahasiswa mengambil jurusan ini dengan tujuan untuk menjadi insinyur teknik. Selain itu, para lulusan juga bisa bekerja di bidang pengembangan sistem, manajemen kualitas dan penjualan. Ini dikarenakan keahlian menganalisa yang mereka pelajari selama kuliah bisa diterapkan di bidang-bidang tersebut.

Keahlian di bidang logika, penyelesaian masalah dan berhitung dari para lulusan Jurusan Teknik Listrik juga bisa dialihkan ke bidang keuangan, perbankan dan sektor-sektor bisnis lainnya.

PROSES PERKULIAHAN

Penempatan kerja adalah hal wajib untuk menyelesaikan kuliah di Jurusan Teknik Listrik. Oleh karena itu biasanya universitas mempunyai hubungan erat dengan industri dan perusahaan-perusahaan terkait untuk membantu mahasiswa mereka untuk mendapatkan penempatan kerja.

Syarat masuk untuk Program Sarjana Teknik Listrik adalah mempunyai nilai nilai A di mata pelajaran Matematika dan Sains. Lama kuliah sekitar 3 hingga 4 tahun, tergantung lamanya penempatan kerja yang diambil oleh mahasiswa. Untuk Program Pascasarjana, calon mahasiswa harus mempunyai Gelar Sarjana dengan predikat 2:1.

Untuk bisa diterima di jurusan ini, para pelajar asing wajib mempunyai Sertifikat IELTS dengan nilai minimal 6.5.

MENENTUKAN TEMPAT KULIAH

Jurusan Teknik Listrik banyak melibatkan penelitian. Penting bagi Anda untuk mencari universitas dengan fasilitas laboratorium yang bagus dengan staf pengajar yang profesional. Selain itu untuk menamatkan kuliah, Anda harus mendapatkan nilai dari penempatan kerja. Oleh karena itu, carilah universitas yang mempunyai jaringan kuat dengan industri-industri teknik. Ini akan memudahkan Anda untuk mencari pengalaman kerja di saat kuliah serta lebih menjamin masa depan karir Anda setelah tamat nanti.

Selain universitas, lokasi juga sangat penting. Anda akan belajar dan tinggal disana, sehingga sangat penting bahwa universitas pilihan Anda terletak di sebuah lingkungan di mana Anda bisa berkembang dengan baik secara sosial dan akademis.

Selain itu, Anda harus selalu melihat persyaratan masuk universitas dan keuangan Anda sendiri sebelum mengajukan aplikasi ke universitas pilihan Anda. Apakah Anda memiliki nilai yang tepat untuk masuk? Kemudian, hal yang perlu dipertimbangkan juga adalah apakah biaya kuliah beserta biaya hidup bisa Anda tangani? Jika Anda masih berjuang untuk mengamankan pendanaan, ada sejumlah beasiswa yang bisa membantu Anda.

Program Teknik Listrik apa saja yang tersedia di sana?

1

Rekayasa Listrik (Umum)

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana
2

Rekayasa Elektromekanikal

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana
3

Studi Teknisi Listrik

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana
4

Instalasi / Pengkabelan Listrik (Bangunan / Mesin / Peralatan)

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana

10 Negara tujuan kuliah untuk jurusan Teknik Listrik

1
69
Jerman
DILIHAT 1,829 KALI Lihat 5 program
2
210
Inggris
DILIHAT 1,175 KALI Lihat 102 program
3
114
Malaysia
DILIHAT 1,009 KALI Lihat 47 program
4
93
Jepang
DILIHAT 976 KALI Lihat 5 program
5
9
Australia
DILIHAT 684 KALI Lihat 31 program
6
211
Amerika Serikat
DILIHAT 627 KALI Lihat 408 program
7
168
Singapura
DILIHAT 611 KALI Lihat 13 program
8
32
Kanada
DILIHAT 236 KALI Lihat 54 program
9
39
Cina
DILIHAT 218 KALI Lihat 16 program
10
173
Korea Selatan
DILIHAT 183 KALI Lihat 3 program